Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

jurusan-pendidikan-bahasa-dan-sastra-indonesia

Daftar isi

    Tak sedikit orang yang masih memandang miring jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mereka mungkin berpikir daripada memilih jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mending milih jurusan sastra luar negeri.

    Padahal di jurusan ini kamu tidak hanya belajar tentang bahasa Indonesianya saja. Ada banyak hal yang akan kamu dapatkan di jurusan ini. Begitupun dengan prospek kerjanya yang begitu luas.

    Yuk simak penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia hingga rekomendasi kampusnya di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia?

    Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan bidang ilmu yang mempelajari segala hal terkait bahasa, sastra, dan budaya yang ada di Indonesia. Beberapa kampus menggabungkan antara bidang ilmu pendidikan dan ilmu bahasa & sastranya.

    Sehingga kamu akan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang pendidikan SMP dan SMA, guru bahasa Indonesia bagi penutur asing, peneliti, praktisi, dan penulis atau penyunting buku bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

    Apa saja yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia?

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia akan memperluas wawasanmu, terutama tentang wawasan bahasa Indonesia. Kamu akan belajar berbagai skill kebahasaan, mulai dari menulis, membaca, menyimak, mendengarkan hingga bagaimana mengajarkannya.

    Di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, kamu juga akan belajar mengenai ilmu linguistik, seperti morfologi, fonologi, semantik, sintaksis, dan sebagainya. Tak ketinggalan materi bidang kesusastraan mulai dari apresiasi hingga pengkajian karya sastra Indonesia.

    Beberapa materi & mata kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang akan kamu temui antara lain Filsafat Ilmu, Linguistik Umum, Sosiolinguistik, Kajian Karya Sastra, Perencanaan Bahasa, Strategi Belajar Mengajar, Telaah Kurikulum, dan masih banyak lagi.

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia?

    1. Ikut Melestarikan Bahasa dan Budaya Indonesia

    Berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kamu akan lebih banyak mengulik tentang bahasa dan budaya Indonesia yang mungkin sebelumnya tidak kamu tahu. Hal ini membuat kamu secara tidak langsung kamu telah ikut merawat dan melestarikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

    2. Membuat Kamu Jadi Sering Baca Buku

    Untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan kamu terhadap bahasa, maka kamu akan bertemu dengan banyak bahan bacaan. Mulai dari karya sastra, karya jurnalistik, novel, artikel, dan bahan bacaan lainnya.

    3. Belajar Berbagai Skill

    Di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kamu belajar berbagai skill kebahasaan, mulai dari menulis, membaca, menyimak, dan mendengarkan. Selain itu, kamu juga akan belajar skill pengajaran dan manajemen kelas yang bisa menjadi bekal untuk kamu yang ingin menjadi guru.

    4. Termasuk Jurusan yang Santai

    Jurusan yang ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya itu terkenal sebagai jurusan yang santai, seperti jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kamu tidak perlu bingung cari outfit semi formal untuk ke kampus. Pakai kaos boleh, pakai sandal juga tidak ada yang melarang.

    5. Tidak Memiliki Banyak Saingan

    Percaya atau tidak, hanya orang-orang yang jatuh cinta pada ilmu bahasan dan karya sastralah yang berani mengambil keputusan untuk masuk ke jurusan ini dan jumlahnya tidak banyak. Hal ini membuat jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tidak terlalu memiliki banyak saingan.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    1. Guru atau Tenaga Pendidik

    Prospek kerja pertama dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah menjadi seorang guru atau tenaga pendidik. Di beberapa kampus kamu akan mendapatkan materi pedagogik dan pengajaran yang dapat menjadi bekal kamu untuk menjadi guru. Selain itu wawasan tentang bahasa dan sastra Indonesia juga bisa menjadi bekal untuk kamu.

    2. Penulis

    Jika kamu suka menulis dan membaca novel sastra ada baiknya masuk jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar kelak menjadi seorang penulis novel. Di sini kamu akan banyak banyak bertemu dengan berbagai karya sastra, baik sastra lama, modern hingga populer. Semua karya sastra ini bisa menjadi referensi untuk kamu bisa menulis karya mu sendiri.

    3. Jurnalis

    Selain menjadi penulis karya sastra, kamu juga bisa memilih untuk menjadi seorang jurnalis. Banyak jurnalis berlatar belakang sarjana Sastra. Untuk menjadi seorang jurnalis, kamu harus mempersiapkan diri dengan terus berlatih tentang tulis-menulis.

    Hal ini akan kamu dapatkan di perkuliahan, yang mengedepankan aspek bacaan dan penulisan. Selain itu juga, lulusan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia cukup peka terhadap gramatikal kalimat dan harmonisasi paragraf.

    4. Penerjemah

    Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki kesempatan bagus untuk bisa masuk ke dunia translation, baik itu dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk lisan. Akan tetapi jika kamu ingin menjadi seorang penerjemah, kamu harus menguasai minimal 2 bahasa yang termasuk dalam lingua franca.

    5. Leksikografer

    Leksikografer merupakan seseorang yang ahli dalam perkamusan. Tugas utamanya adalah menulis, menyusun, dan mengedit kamus. Kamus yang biasa dibuat adalah kamus bahasa asing, kamus pelajar, kamus istilah ataupun kamus bilingual. Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu lulusan yang paling tepat untuk berprofesi Leksikografer.

    Rekomendasi Kampus Dengan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Terbaik

    1. Universitas Negeri Semarang

    Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu prodi di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki visi menjadi program studi berwawasan konservasi budaya dan bereputasi internasional pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

    Tugas utama jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu untuk mendidik mahasiswa menjadi guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP dan SMA. Selain itu, jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyiapkan mahasiswa menjadi guru Bahasa Indonesia untuk penutur bahasa asing, peneliti pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pembina bahasa dan sastra Indonesia, dan penulis buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    2. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

    Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta didirikan pada tanggal 19 Mei 2015. Jurusan ini didirikan atas latar belakang perlunya pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah berbasis Islam yang dibekali kecakapan khusus Islamic Studies. Hal Ini disebabkan, selama ini guru bahasa Indonesia pada madrasah, pondok pesantren dan sekolah Islam bukan dari lulusan PTKI, tetapi dari PTU.

    Meskipun masing tergolong baru, jurusan Tadris Bahasa Indonesia telah menerapkan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Para dosen dalam jurusan ini pun memiliki kepakaran khusus dalam bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: Organisasi dan Komunitas yang Bisa Dikuti di UIN Raden Mas Said Surakarta

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan & Sastra Indonesia dengan Danacita

    Sekarang kamu bisa mewujudkan mimpi kamu untuk berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kampus yang sudah disebutkan sebelumnya dengan bantuan Danacita.

    Danacita adalah platform dengan solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi dan pelatihan bootcamp

    Danacita hadir untuk membuka akses yang lebih besar lagi terhadap pendidikan tinggi di Indonesia dengan memberikan pembiayaan kuliah terjangkau yang bisa dibayar bulanan mulai 6 hingga 12 bulan. Dengan begini kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya.

    Selain dengan UIN Raden Mas Said dan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!