Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-20

Daftar isi

    Menjelang kelulusan SMA banyak pelajar yang bingung kemana mereka akan melanjutkan kuliah, jurusan apa yang akan diambil. Buat kamu yang tertarik dengan bahasa asing tidak ada salahnya mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Jepang.

    Ketertarikan terhadap bahasa Jepang serta budayanya tentu membuat beberapa orang ingin mempelajarinya. Di Indonesia, sudah banyak Universitas yang menyediakan jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, sehingga kamu tidak perlu jauh-jauh ke Negeri Sakura untuk belajar bahasa Jepang.

    Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan pendidikan bahasa jepang, berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai jurusan ini mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya.

    Apa Itu Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang

    Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang adalah jurusan yang mempelajari ilmu pendidikan Jepang. Bahasa dalam pendidikan Jepang ini ditujukan sebagai alat komunikasi. Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Jepang ditujukan terjun di dalam sektor pengajaran. Komunikasi yang dimaksud adalah bagaimana mengajari orang lain berbahasa Jepang.

    Walaupun tujuan utamanya adalah menjadi guru, kamu tidak perlu khawatir jika ingin menempuh karier lain. Ada banyak pilihan karier terbuka untukmu, sama seperti Sastra Jepang. Misalnya menjadi penulis, penerjemah, penyunting, membuka les privat, dan lain-lain. Hal yang paling penting adalah kamu selalu memiliki keinginan untuk memperkuat keahlian kamu.

    Pada saat semester akhir, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Jepang akan berhadapan dengan skripsi dan praktek mengajar selama satu semester. Hal ini menjadi salah satu syarat kelulusan, selain skripsi. Perbedaannya dengan mahasiswa Sastra Jepang adalah mereka hanya menempuh Kuliah Kerja Nyata (KKN), tidak perlu praktik mengajar.

    Gelar yang didapat mahasiswa lulusan Pendidikan Bahasa Jepang adalah S.Pd. (Sarjana Pendidikan). Sebab, mata kuliah bahasa Jepang yang diberikan lebih menyeluruh, terlebih nantinya akan digunakan untuk mengajari orang lain di institusi pendidikan lainnya.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang

    Pada pelajaran jurusan Pendidikan Bahasa Jepang lebih mendalami soal pendidikan. Bagaimana cara mengajarkan bahasa Jepang hingga kurikulum mengajarnya. Meski tetap mempelajari budaya Jepang, namun porsinya tentu hanya sebagai pengenalan saja. Selain itu, di pelajaran bahasa Jepang, pembelajaran bahasa digunakan untuk alat berkomunikasi. Hal tersebut yang secara umum menjadi perbedaan sastra jepang dan jurusan pendidikan bahasa jepang.

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang

    Jepang adalah salah satu negara maju di dunia. Belakangan Jepang juga merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia. Artinya, belajar di jurusan Pendidikan Bahasa Jepang akan sangat bermanfaat dan membuka banyak sekali peluang ke depannya.

    Secara umum, menguasai bahasa asing akan menjadi kelebihan tersendiri yang akan membantu memudahkan kamu untuk menjalani jenis-jenis pekerjaan tertentu di masa depan. Terlebih, lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Jepang berpotensi besar untuk merintis karir masa depan di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Karena, lulusan jurusan Pendidikan bahasa Jepang akan memiliki nilai lebih saat melamar kerja di perusahaan Jepang.

    Jurusan satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan hal-hal berbau Jepang. Menimba ilmu sembari menjalankan hobi tentu akan menyenangkan bukan?

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang

    Memang fokus utama dalam jurusan ini adalah tentang pendidikan, masih banyak orang yang skeptis dengan jurusan ini harus menjadi seorang guru. Padahal, pekerjaan lain juga bisa untuk lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Jepang yang jauh dari bidang belajar mengajar.

    Pilihan menjadi seorang guru tidak selalu mudah, meskipun bekerja sebagai guru juga masih mendominasi. Beberapa pekerjaan ini bisa kamu pilih sebagai pekerjaan impian setelah lulus jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, antara lain:

    1. Guru Bahasa Jepang

    Tenaga pendidik menjadi prioritas bagi sebuah bangsa untuk menghasilkan generasi cerdas, kreatif maupun inovatif. Kebutuhan guru sebagai pengajar memang selalu ada dan meningkat. Wawasan, pengetahuan khususnya dalam bahasa Jepang, menjadi bekal untuk menghasilkan pendidikan yang terbaik. Kini pada setiap sekolah, tidak hanya belajar bahasa Inggris sebagai mata pelajaran bahasa Asing. Di setiap daerah mulai mempelajari bahasa asing lain, seperti Perancis, Korea, dan Jepang. Maka dari itu, lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Jepang biasanya akan memilih pekerjaan ini setelah mereka lulus nanti.

    2. Content Writer

    Pekerjaan berikutnya yang bisa kamu jalani adalah menjadi seorang penulis artikel ataupun yang berkaitan dengan negara Jepang. Biasanya beberapa perusahaan media mengkhususkan targetnya untuk membahas negara Jepang, posisi ini akan cocok untuk kamu. Terlebih jika kamu juga gemar menulis berbagai artikel, penulis perjalanan, buku cerita-cerita tradisional dan sebagainya. Ini juga bisa menjadi prospek kerja jika kamu menjadi lulusan jurusan pendidikan bahasa jepang loh.

    3. Pemandu Wisata

    Ingin bekerja sambil liburan? pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang senang bergerak kesana-kemari. Berinteraksi dan berjalan-jalan adalah pekerjaan yang menyenangkan, lalu memandu wisatawan ketika berlibur. Pekerjaan utamanya adalah menjelaskan dan memandu wisatawan yang berlibur jika mengunjungi sebuah tempat wisata.

    4. Bekerja di Perusahaan Multinasional

    Setelah lulus jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, kamu juga bisa bekerja di sektor formal seperti perusahaan multinasional Jepang. Semakin banyak perusahaan Jepang yang berekspansi ke berbagai negara, salah satunya Indonesia.

    5. Penerjemah atau Interpreter

    Pekerjaan berikutnya yang bisa kamu pilih adalah sebagai seorang penerjemah atau interpreter. Bertugas untuk menerjemahkan dokumen baik secara lisan ataupun tulisan.

    Penerjemah terbagi menjadi 2, yaitu tersumpah dan profesional. Berbeda dengan penerjemah, seorang interpreter bertugas menerjemahkan secara lisan pada acara konferensi, seminar dan kegiatan lainnya.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Terbaik

    Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi salah satu kampus dengan jurusan Pendidikan Bahasa Jepang terbaik yang bisa kamu pilih.

    Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Jepang merupakan program studi keempat yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNNES mulai melaksanakan perkuliahan sejak tahun 2006 melalui SK Dirjen Dikti No.1647/D2.2/2006, dipimpin oleh seorang ketua

    program studi (kaprodi).

    Sejalan dengan visi dan misi, jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNNES dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Jepang (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan bisnis.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Terbaru! Informasi PMB Universitas Negeri Semarang

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang dengan Danacita

    Itu dia penjelasan dan rekomendasi kampus dengan jurusan Pendidikan Bahasa Jepang terbaik. Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang adalah salah satu jurusan favorit yang mulai banyak diminati. Oleh karena itu, kamu harus pilih kampus yang berkualitas, seperti UNNES.

    Terlebih, Universitas Negeri Semarang (UNNES) juga telah bekerja sama dengan Danacita sebagai solusi pembayaran jika kamu memiliki kendala biaya. Danacita menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Sudah berizin dan diawasi OJK
    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan dengan maksimal 2 hari kerja
    • Persyaratan mudah tidak perlu DP atau jaminan
    • Proses pengajuan mudah berbasis online
    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Itulah sederet keuntungan yang diberikan oleh Danacita. Segera permudah biaya pendidikan dengan menggunakan Danacita. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!