Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-24

jurusan-pendidikan-luar-sekolah

Daftar isi

    Untuk masalah memilih jurusan kuliah setelah lulus dari sekolah menengah memang sudah menjadi masalah umum calon mahasiswa baru. Banyak dari calon maba yang bingung untuk menentukan pilihan bukan hanya jurusan, tapi juga kampus yang ingin dituju.

    Nah, untuk kamu yang masih bingung dalam memilih jurusan tapi memiliki passion di bidang pendidikan, mungkin jurusan pendidikan luar sekolah bisa menjadi pilihanmu. Apa kamu sudah tahu tentang jurusan ini? Jika belum, penasaran dengan penjelasannya? Berikut akan dijabarkan secara lengkap mengenai jurusan pendidikan luar sekolah mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya.

    Apa itu Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

    Jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan salah satu program studi yang memfokuskan pada pengembangan dan implementasi program pendidikan di luar sekolah. Lulusan dari jurusan pendidikan luar sekolah diharapkan memiliki kemampuan untuk mengelola, mendidik dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal.

    Jurusan Pendidikan Luar Sekolah atau lebih dikenal sebagai pendidikan non formal, jurusan ini mempelajari metode, teknik, dan strategi dalam memberikan edukasi bagi anak-anak dan remaja di luar lingkungan sekolah.

    Lebih lanjut, tujuan dari jurusan pendidikan luar sekolah yaitu mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik yang mampu mengembangkan dan mengelola program pendidikan di luar sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat. Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, kamu akan mendapatkan gelar yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

    Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

    Setelah membaca penjelasan tentang jurusan Pendidikan Luar Sekolah di atas, apa kamu makin tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan tersebut? Supaya makin yakin, berikut beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan pendidikan luar sekolah.

    1. Konsep Dasar PLS, pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah seperti kelompok belajar, kursus, seminar, ekstrakurikuler. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa secara luas dan mendalam.
    2. Psikologi Umum, merupakan cabang psikologi yang mengkaji tentang pengaruh lingkungan dan interaksi sosial.
    3. Sosiologi, studi tentang faktor-faktor sosial, dan juga memperhatikan bagaimana pola pengalaman pendidikan luar sekolah mempengaruhi perkembangan sosial dan individu.
    4. Antropologi, mempelajari proses pendidikan yang terjadi di keluarga, komunitas, masyarakat dan lingkungan sosial lainnya. Termasuk studi tentang budaya, nilai, dan norma.
    5. Teknologi Informatika, mempelajari cara untuk memecahkan masalah bisnis dan meningkatkan efisiensi dalam organisasi.
    6. Pengembangan Sumber Daya Manusia, proses peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan individu atau kelompok untuk mencapai tujuan perusahaan dan meningkatkan kualitas hidup.
    7. Ilmu Pendidikan, pemahaman tentang teori dan praktik dalam meningkatkan pembelajaran serta menganalisis dan memahami faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan.

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

    Untuk melanjutkan studi, tentu saja harus memiliki alasan yang tepat, supaya tidak salah memilih, berikut alasan yang bisa kamu jadikan referensi untuk melanjutkan ke jurusan Pendidikan Latar Sekolah.

    Mahasiswa lulusan dari jurusan Pendidikan Luar Sekolah menghasilkan tenaga kependidikan akademik-profesional yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan lembaga dan program pendidikan. Baik dalam kualitas maupun relevansinya dengan kebutuhan pembangunan.

    Hal ini membuat kamu yang nantinya menjadi lulusan dari jurusan pendidikan luar sekolah memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, memberikan kontribusi positif ke masyarakat melalui kegiatan-kegiatan.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

    Lulusan dari jurusan pendidikan luar sekolah memiliki prospek kerja yang cukup baik di berbagai bidang, beberapa contohnya adalah sebagai guru di lembaga bimbingan belajar, Dirgen PAUD dan DIKMAS Kemendikbud.

    Lebih lanjut, lulusan dari jurusan pendidikan luar sekolah juga bisa bekerja di Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Non formal dan Informal, Sanggar Kegiatan Belajar, Fasilitator Desa Insentif, Kementerian Sosial, Pusat-Pusat Kegiatan Pendidikan Masyarakat, dan masih banyak lagi.

    Jadi, untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di jurusan ini tidak perlu khawatir, karena peluang atau prospek kerjanya luas.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

    Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Untuk kampus yang menyediakan jurusan pendidikan luar sekolah, mungkin masih bisa dihitung jari. Nah, salah satu kampus dengan jurusan pendidikan luar sekolah yang berkualitas adalah UNNES.

    Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyediakan jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) yang mempunyai 4 Profesor, 10 Doktor serta 7 Master yang akan mengantarkan mahasiswa menjadi unggul dan profesional.

    UNNES merupakan perguruan tinggi negeri yang ternama di Semarang dan sudah terakreditasi A. Tidak hanya akademik yang unggul, kampus ini juga menyediakan fasilitas yang sangat memadai.

    Di Universitas Negeri Semarang (UNNES), jurusan pendidikan luar sekolah merupakan salah satu program studi yang ditawarkan di fakultas Ilmu Pendidikan. Program studi ini mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga pendidik di lembaga pendidikan non formal seperti pusat kegiatan belajar masyarakat, komunitas belajar, dan lain-lain.

    Jurusan pendidikan luar sekolah di UNNES mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Kurikulum tersebut dirancang untuk memberikan kompetensi kepada lulusannya agar dapat memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan non formal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

    Selama masa pendidikan, mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah akan mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan tentang metode pembelajaran yang sesuai untuk pendidikan non formal, teknik pengelolaan lembaga pendidikan non formal.

    Mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan praktek kerja lapangan di lembaga pendidikan non formal untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari saat di kampus.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Simak Alasan Rahasia Kenapa Harus Kuliah Di UNNES

    Universitas Islam Nusantara (UNINUS)

    Jurusan pendidikan luar sekolah terbaik selanjutnya juga terdapat di UNINUS. Untuk jurusan ini berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Fakultas ini memiliki visi “Menjadi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang islami, mandiri, dan unggul di tahun 2025 dengan bernafaskan Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah”.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, fakultas ini memiliki tujuan untuk menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan, ilmuwan, cendekiawan, dan tenaga ahli yang islami, mandiri, serta memiliki keunggulan sesuai dengan bidang keilmuannya, termasuk jurusan pendidikan luar sekolah.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Siap Jadi Mahasiswa UNINUS? Yuk Kenal Lebih Dalam!

    Pembayaran Kuliah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNNES dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap seputar jurusan pendidikan luar sekolah yang bisa kamu pahami dan jadikan sebagai bahan untuk menentukan jurusan kuliah. Jika kamu tertarik untuk masuk ke jurusan ini tapi terhalang biaya, kamu tak perlu khawatir lagi karena sekarang kamu bisa kuliah di jurusan pendidikan luar sekolah UNNES dengan bayar pakai Danacita.

    UNNES dan Danacita sudah bekerjasama untuk memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau bagi para mahasiswa. Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang memiliki tujuan untuk membuka akses pendidikan kepada seluruh pelajar di Indonesia.

    Dengan menggunakan Danacita, biaya kuliahmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar secara bulanan mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia.

    Danacita juga sudah resmi berizin dan diawasi OJK jadi sudah pasti aman dan terjamin. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!