Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan PKN: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

jurusan-pendidikan-PKN

Daftar isi

    Kamu bercita-cita mau menjadi pengajar di sekolah? Nah, jurusan Pendidikan PKN bisa menjadi pilihan kamu. Jurusan yang satu ini adalah jurusan pendidikan yang akan membawa kamu mendalami ilmu pendidikan pancasila hingga detail.

    Jurusan pendidikan PKN biasanya banyak dicari karena dapat meningkatkan kemampuan bela bangsa dan negara kamu. Seperti apa mata kuliah dan prospek kerja jurusan Pendidikan PKN? Yuk simak artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Pendidikan PKN?

    Jurusan PKN adalah bidang studi yang mempelajari tentang pendidikan dan wawasan luas terkait integritas moral, bela negara, serta ideologi bangsa.

    Tidak hanya belajar perihal Pancasila dan negara Indonesia secara mendalam saja, di jurusan pendidikan PKN kamu juga akan diajari tentang bagaimana merencanakan dan melaksanakan strategi mengajar di dalam kelas.

    Dengan kata lain, jurusan Pendidikan PKN merupakan jurusan yang membekali kamu untuk menjadi seorang tenaga pendidik, khususnya untuk mata pelajaran PKN.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan PKN?

    Jurusan Pendidikan PKN akan membuat kamu menguasai berbagai bidang ilmu pokok, seperti Pendidikan kewarganegaraan, Politik, Hukum, Pendidikan, serta memiliki wawasan yang luas dalam bidang ilmu yang relevan.

    Kamu akan diajar untuk mampu merencanakan, melaksanakan (strategi, metode,pengelolaan kelas, media, dll), mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan dalam berbagai jenjang pendidikan.

    Beberapa materi dan mata kuliah yang akan kamu jumpai di jurusan pendidikan PKN antara lain:

    • Pendidikan pancasila
    • Ilmu kependidikan
    • Ilmu negara
    • Ilmu hukum
    • Ilmu politik
    • Sosiologi
    • Antropologi
    • Filsafat pancasila dan perbandingan ideologi
    • dll.

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan PKN?

    1. Menambah Wawasan

    Jurusan Pendidikan PKN merupakan gabungan dari beberapa disiplin ilmu lainnya. Mulai dari ilmu kewarganegaraan, pemerintah, politik dan kenegaraan, bahkan hingga ke pendidikan.

    Dengan masuk ke jurusan pendidikan PKN, kamu akan belajar banyak hal yang akan menjadikanmu tenaga profesional dalam bidang Pendidikan Kewarganegaraan dan Tata Negara, Demokrasi, serta Hak Asasi Manusia.

    2. Lebih Memahami Pancasila dan Indonesia

    Alasan kedua kenapa kamu harus memilih jurusan pendidikan PKN adalah agar kamu dapat lebih memahami Pancasila dan Indonesia. Jurusan ini akan membekali kamu dengan integritas moral, religiusitas yang tinggi, kepribadian yang mantap, serta keyakinan akan kebenaran Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara.

    3. Meningkatkan Kemampuan Kritis dan Analitis

    Jurusan pendidikan PKN akan melatih kamu untuk bisa berpikir kritis dan dapat menganalisis segala sesuatunya. Sebab materi dan mata kuliah di jurusan ini tidak jauh-jauh dari materi hukum dan politik.

    4. Pekerjaan yang Luas

    Lulusan dari jurusan pendidikan akan selalu dibutuhkan. Profesi pengajar dan guru akan selalu dibutuhkan selama manusia masih butuh akses pendidikan yang layak. Termasuk jurusan Pendidikan PKN. Tak hanya menjadi guru, lulusan PKN juga memiliki kesempatan untuk berkarir di bidang dan industri yang lain.

    Prospek Kerja Jurusan PKN

    1. Tenaga Pendidik

    Menjadi guru PKN merupakan satu dari sekian banyak profesi yang bisa kamu pilih ketika lulus dari jurusan pendidikan PKN nanti. Kamu bisa ditempatkan di jenjang atau tingkatan manapun, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Bahkan kamu bisa memilih untuk menjadi Dosen PKN ketika kamu menyelesaikan studi S2.

    2. Community Development Worker

    Untuk kamu lulusan jurusan pendidikan PKN yang senang dengan pekerjaan yang berhubungan dengan masyarakat luas, kamu bisa memilih berprofesi sebagai community development. Pekerjaan ini memiliki tujuan yang baik untuk membawa perubahan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama yang berada di daerah pedalaman.

    Tidak hanya itu, seorang community development worker juga bertugas sebagai penghubung antara masyarakat setempat dengan berbagai otoritas serta sektor sukarela lokal lain yang berwenang.

    3. Pengembang Media dan Teknologi Pembelajaran

    Prospek karir selanjutnya yaitu bekerja sebagai pengembang media dan teknologi pembelajaran untuk mata pelajaran PKN. Sebagai lulusan jurusan Pendidikan PKN, pekerjaan yang satu ini sangat cocok karena kamu sudah dibekali ilmu mengenai pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang telah kamu pelajari sebelumnya dibangku kuliah.

    Tugas utamanya yaitu menganalisis, mengkaji, merancang, memproduksi, mengimplementasi, mengendalikan, serta mengevaluasi pembelajaran saat ini untuk pengembangan teknologi pembelajaran yang lebih baik.

    4. Konselor Pendidikan

    Peluang atau prospek kerja selanjutnya bagi lulusan jurusan Pendidikan PKN yaitu menjadi seorang konselor pendidikan. Seorang konselor bertugas menyelesaikan berbagai permasalahan baik secara personal, sosial, ataupun perilaku yang mempengaruhi situasi pendidikan dari pelajar.

    5. Penulis

    Apakah kamu senang menulis? Lulusan jurusan Pendidikan PKN juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penulis. Kamu bisa menulis dengan berbagai topik, mulai dari politik, hukum, kewarganegaraan, dan yang lainnya. Kamu juga bisa memilih untuk menulis di media cetak, hingga online.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan PKN Terbaik

    1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Program studi (prodi) PKN UNNES merupakan perubahan dari nama jurusan Civic Hukum yang didirikan tahun 1965. Saat ini, jurusan Pendidikan PKN UNNES telah mengantongi akreditasi A.

    Prodi ini menerapkan standar kurikulum yang baik sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki nilai-nilai karakter Pancasila, dan siap berkontribusi bagi masyarakat. Pembelajaran di prodi ini selalu menggunakan metode dan model pembelajaran yang relevan mulai dari Citizen Project, VCT, CTL dan Cooperative Learning.

    Pembelajaran jurusan pendidikan PKn juga berlangsung di dalam dan di luar kelas, hingga menggunakan laboratorium untuk proses belajar mengajar. Rumpun ilmu yang merupakan kajian Prodi PPKn meliputi rumpun pembelajaran, politik, hukum, sosial budaya dan nilai moral.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Simak Alasan Rahasia Kenapa Harus Kuliah Di UNNES

    2. Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI)

    Jurusan Pendidikan PKN UNISRI masuk ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memiliki visi menjadi Lembaga Pendidikan Penghasil Sarjana Pendidikan yang Profesional, dan Kompetitif di tingkat ASEAN.

    Di jurusan pendidikan PKNkamu akan menempuh pendidkan selama 8 semester dengan beban SKS kurang lebih 140-an SKS.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Biaya Kuliah di UNISRI 2023! Lengkap Dengan Jurusan di UNISRI!

    3. Universitas Islam Nusantara (UNINUS)

    Jurusan Pendidikan PKN UNINUS berada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memiliki visi menjadi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang islami, mandiri, dan unggul di tahun 2025 dengan bernafaskan Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, fakultas ini memiliki tujuan untuk menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan, ilmuwan, cendekiawan, dan tenaga ahli yang islami, mandiri, serta memiliki keunggulan sesuai dengan bidang keilmuannya, termasuk bidang Pendidikan PKN.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Siap Jadi Mahasiswa UNINUS? Yuk Kenal Lebih Dalam!

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Pendidikan PKN

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin berkuliah di jurusan Pendidikan PKN. Saat ini, Danacita telah bekerja sama dengan ratusan kampus dan lembaga belajar untuk mempermudah kamu melanjutkan pendidikan, termasuk dengan UNNES, UNISRI, dan UNINUS.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Dengan mengajukan pembiayaan ke Danacita, kamu bisa membayar biaya kuliah 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan. Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!