Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan PG PAUD: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-02

jurusan-PG-Paud

Daftar isi

    Punya cita-cita menjadi seorang guru? Ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih untuk menjadi seorang guru. Namun, jika kamu tertarik untuk berinteraksi dengan anak-anak kecil, maka jurusan PG PAUD bisa menjadi pilihan tepat untukmu.

    Jika kamu penasaran dengan jurusan ini, simak penjelasan lengkap yang akan dibahas mulai dari apa itu Jurusan PG PAUD? Apa saja kegiatan yang dilakukan Jurusan PG PAUD? Serta apa saja prospek kerjanya? Hingga rekomendasi kampus terbaik yang memiliki jurusan PG PAUD. Ini dia jawabannya.

    Apa itu jurusan PG PAUD?

    Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini atau Jurusan PG PAUD adalah jurusan yang mempelajari pola didik anak usia dini. Perlu diketahui bahwa setiap usia pada anak memiliki pola didik yang berbeda-beda, termasuk anak usia dini. Jurusan PG PAUD adalah jurusan yang tidak bisa diremehkan. Sebagian orang menganggap pendidikan anak usia dini dipenuhi oleh permainan dan kesenangan.

    Hal itu justru tidak mudah sebab mendidik anak usia dini memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi dan banyak hal yang harus dipelajari. Kamu dituntut untuk menguasai berbagai bidang seperti, bahasa, ilmu gizi, olahraga, sampai psikologi anak.

    Matkul dan perkuliahan jurusan PG PAUD

    Jurusan PG PAUD adalah jurusan yang difokuskan untuk mempelajari dan memahami pola didik anak usia dini. Kamu harus menguasai teori juga praktik dalam melakukan pengajaran.

    Terdapat beberapa mata kuliah yang akan diberikan dengan tujuan mendukung proses pendidikan yang akan kamu lakukan seperti:

    • Dalam membantu tumbuh kembang anak, kamu harus menguasai beberapa materi seperti, Perkembangan Kemampuan Sosial dan Emosi Anak, Pengembangan Nilai, Moral, dan Agama anak, Neuroscience, Pendidikan Inklusif Anak, dan sebagainya.
    • Ada pula mata kuliah yang berhubungan dengan dunia bermain anak seperti, Bermain dan Permainan, Kreativitas dan Keberbakatan, serta Alat Permainan Edukatif.
    • Serta mata kuliah kesenian untuk melatih bakat yang dimiliki oleh anak didik seperti, Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Musik.

    Alasan memilih jurusan PG PAUD

    Jurusan PG PAUD adalah jurusan yang sangat dibutuhkan. Tidak hanya dilihat dari segi ketersediaan lapangan kerja saja, namun juga krusialnya tenaga ahli yang satu ini. Berikut ini adalah alasan mengapa jurusan PG PAUD sangat dibutuhkan.

    • Banyaknya tenaga pendidik PAUD yang belum memiliki kualifikasi yang sesuai. Dalam artian masih banyak tenaga pengajar di pedesaan maupun daerah yang belum bergelar sarjana.
    • Pendidikan yang akan kamu dapatkan tidak hanya seputar bagaimana cara mendidik anak. Tetapi juga kemampuan statistik, psikologi anak, filsafat, dan beberapa keterampilan seni.
    • Ilmu yang kamu terima tidak hanya kamu aplikasikan untuk anak-anak di luar sana. Tetapi juga untuk anakmu kelak.
    • Peluang menjadi PNS makin meningkat. Hal ini dikarenakan pemerintah ingin mensejahterakan kehidupan para tenaga pendidik anak usia dini.

    Prospek kerja jurusan PG PAUD

    Prospek kerja Jurusan PG PAUD adalah tidak jauh dari dunia kependidikan atau menjadi guru. Kamu bisa menjadi tenaga pendidik di TK maupun playgroup yang kegiatannya tidak jauh dari kegiatan yang menyenangkan.

    Prospek guru PAUD pun juga diklasifikasikan menjadi beberapa keahlian. Misalnya seperti, guru kebutuhan khusus yang menangani psikologi anak, menjadi tutor yang mendidik dan memberikan contoh positif pada seorang anak, dan menjadi dosen atau kepala sekolah Taman Kanak-kanak.

    Kampus dengan jurusan PG PAUD Terbaik

    Jurusan PG PAUD adalah jurusan yang banyak tersedia di berbagai kampus. Namun, kamu harus teliti dalam memilih kampus yang memiliki fasilitas serta kurikulum yang baik. Berikut ini adalah rekomendasi kampus dengan jurusan PG PAUD terbaik.

    Universitas Islam Bandung

    Universitas Islam Bandung atau UNISBA adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. UNISBA menyelenggarakan Program Studi PG PAUD yang telah terakreditasi B sesuai dengan BAN-PT No. 727/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019, tahun 2019.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di UNISBA (Universitas Islam Bandung)

    Universitas Islam Nusantara

    Satu lagi kampus yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat yang menyelenggarakan Jurusan PG PAUD, yaitu Universitas Islam Nusantara atau UNINUS. Jurusan PG PAUD adalah jurusan yang telah terakreditasi B, hal ini menjadi poin penting dalam memilih jurusan dan kampus yang berkualitas.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Siap Jadi Mahasiswa UNINUS? Yuk Kenal Lebih Dalam!

    Universitas Negeri Semarang

    Universitas Negeri Semarang atau UNNES merupakan perguruan tinggi negeri yang juga menyelenggarakan Jurusan PG PAUD yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Jurusan PG PAUD adalah jurusan yang telah terakreditasi A (unggul) berdasarkan SK BAN-PT No.248/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Fakultas Ilmu Sosial UNNES dan Biayanya Terlengkap

    Berkuliah di jurusan PG PAUD dengan Danacita

    Itu dia penjelasan dan rekomendasi kampus dengan Jurusan PG PAUD terbaik. Jurusan PG PAUD adalah salah satu jurusan favorit yang banyak diminati. Oleh karena itu, kamu harus pilih kampus yang berkualitas.

    Kampus rekomendasi yang telah disebutkan di atas juga telah bekerja sama dengan Danacita sebagai solusi pembayaran jika kamu memiliki kendala biaya. Danacita menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Sudah berizin dan diawasi OJK
    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan dengan maksimal 2 hari kerja
    • Persyaratan mudah tidak perlu DP atau jaminan
    • Proses pengajuan mudah berbasis online
    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Itulah sederet keuntungan yang diberikan oleh Danacita. Segera permudah biaya pendidikan dengan menggunakan Danacita. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!