Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

19 Kerja Part Time yang Cocok dan Bisa Dilakukan Untuk Mahasiswa

2022-03-29

Daftar isi

    Berbeda dengan semasa menjadi siswa sekolah, kamu akan memiliki jadwal yang lebih senggang saat menjadi mahasiswa. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu senggang saat menjadi mahasiswa adalah dengan melakukan kerja part time. Bukan hanya bisa memiliki jadwal yang lebih produktif, tapi dengan kerja part time kamu juga bisa mendapat pengalaman kerja, uang pemasukan tambahan, dan bisa membangun networking.

    Kamu tidak perlu khawatir karena beban kerja part time tidak seberat magang atau karyawan tetap, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas akademikmu. Bila kamu tertarik untuk melakukan kerja part time untuk mahasiswa, berikut ini rekomendasi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa.

    Guru Les atau Tutor

    Kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa pertama adalah menjadi guru les atau tutor. Tidak sedikit mahasiswa yang memiliki pekerjaan sampingan atau kerja part time sebagai seorang guru les atau tutor. Kamu bisa mencoba pilihan ini dan menjadi tutor di suatu tempat bimbel atau privat. Tak perlu memiliki nilai akademik yang sempurna, bila kamu punya pemahaman pelajaran yang bagus, tidak ada salahnya menjadi guru les atau tutor. Apalagi jika jurusanmu di bidang pendidikan, kerja part time ini akan sangat cocok dan relevan untuk dicoba.

    Selain menjadi tutor pelajaran, kalau kamu punya skill lain seperti memainkan alat musik atau menggambar juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kerja part time kamu. Ada juga lowongan yang mencari guru les atau tutor di luar pelajaran akademik. Selain menambah uang jajan, kamu juga bisa terus melakukan hobimu dan berbagi ilmu dengan orang lain.

    Baca juga: 3 Cara Mudah Cari Uang Tambahan Untuk Mahasiswa dan Sahabat Danacita

    Translator

    Selanjutnya, kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa adalah translator. Bagi kamu mahasiswa yang punya kemampuan di berbagai bahasa asing, kerja part time menjadi translator bisa cocok untukmu. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan skill bahasa yang kamu punya sebagai sumber penghasilan. Di masa sekarang, banyak lowongan yang membutuhkan jasa translator. Selain menambah penghasilan sebagai, kamu juga bisa terus melatih kemampuan bahasa asingmu dan menambah pengalaman semasa menjadi mahasiswa.

    Barista

    Source: Pexels.com/Michael Burrows

    Sebagai seorang mahasiswa, kamu pasti sering mengerjakan tugas di Cafe. Cafe kini sudah mulai banyak dan menjamur di berbagai tempat dan biasanya membuka lowongan, seperti barista. Kamu yang ingin mencoba bekerja di suasana cafe bisa kerja part time sebagai barista di cafe. Carilah lowongan barista di situs-situs part time atau media sosial seperti lokerbaristaindonesia di instagram. Menjadi barista sangat cocok untukmu yang suka kopi, sehingga bukan hanya kerja part time dan menerima upah, melainkan kamu bisa belajar mengenai kopi hingg belajar untuk menjadi pengusaha cafe. Ini juga bisa menjadi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa.

    Desain Grafis

    Sebagai seorang mahasiswa, kamu punya kemampuan design atau editing yang bagus bahkan kuliah di jurusan design? Bisa sekali coba cari kerja part time menjadi desainer. Di awal-awal mungkin kamu bisa membuka jasa design untuk CV, logo, kartu nama, undangan dan yang lainnya pada teman-temanmu. Tidak ada salahnya untuk mempromosikan jasa design-mu ke grup chat atau ke media sosial, supaya semakin banyak temanmu yang tau dan meminta bantuan jasamu.

    Kerja part time sebagai seorang desain grafis, kamu bisa memiliki deadline yang lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kemampuan pengerjaan dan kebutuhan konsumen. Salah satu media sosial yang suka memberi rekomendasi lowongan kerja part time ini adalah paruhwaktu.co.

    Fotografer

    Source: Pexels.com/Sam Lion

    Kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa berikutnya adalah fotografer. Jika kamu sebagai mahasiswa yang tertarik atau memiliki hobi di dunia fotografi, carilah lowongan kerja part time sebagai fotografer. Di zaman sekarang, foto sudah menjadi suatu kebutuhan untuk bisa mengabadikan momen atau untuk upload ke media sosial. Kamu bisa memulainya dengan mencoba upload hasil fotomu ke media sosial dan anggap saja itu sebagai platform untuk menunjukkan portfolio-mu. Akun geometrymedia di instagram merupakan salah satu platform yang suka memberi rekomendasi lowongan kerja part time sebagai seorang Fotografer

    Bisa dicek juga: 6 Rekomendasi Kegiatan Untuk Mahasiswa di Waktu Luang yang Ingin Lebih Produktif

    Content Writer

    Untuk kamu yang pandai atau suka menulis, cobalah untuk mencari kerja part time sebagai content writer. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan content writer untuk berbagai konten yang mereka hasilkan, seperti untuk blog atau media sosial. Walaupun masih mahasiswa, kamu bisa coba bergabung di awal dengan suatu agensi penulisan untuk bisa mendapat kerja part time menulis. Kelebihan kerja part time sebagai content writer adalah kamu bisa bekerja di mana saja dan kapan saja asalkan kamu punya laptop dan internet. Ini pun bisa menjadi referensi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa.

    Sales Person

    Kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa selanjutnya yaitu menjadi sales. Lowongan pekerjaan lain yang juga banyak dibutuhkan perusahaan adalah sebagai sales. Ada perusahaan yang membuka lowongan sales full time atau part time. Kerja part time sebagai sales mungkin cocok untuk kamu yang tertarik di bidang komunikasi dan suka bertemu orang baru. Sebagai seorang mahasiswa, selain bisa menambah uang saku , kamu bisa terus melatih skill komunikasimu dan menambah relasi. Kamu bisa coba cari lowongan kerja part time sebagai Sales Person di akun instagram parttimeindonesia.

    Tour Guide

    Kalau kamu punya kemampuan bahasa asing tapi tidak tertarik untuk kerja part time sebagai translator, pilihan lain yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi tour guide. Sebagai mahasiswa, bukan hanya kemampuan bahasa dan komunikasimu saja yang akan semakin bagus, tapi kamu juga bisa sambil jalan-jalan ke berbagai tempat. Dengan kerja part time sebagai tour guide, kamu bisa bekerja sambil refreshing sekaligus.

    Virtual Assistant

    Rekomendasi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa adalah virtual assistant. Ini sebenarnya hampir sama dengan asisten personal tapi tidak perlu ke kantor. Kewajiban yang akan kamu lakukan yaitu membuat jadwal, mengelola email atau media sosial dan masih banyak lainnya.

    Asisten Peneliti

    Kalau kamu dan dosenmu memiliki hubungan dekat, rekomendasi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa lainnya yaitu menjadi asisten peneliti. Kamu nantinya akan mengumpulkan, menyiapkan hingga menganalisis berbagai bahan untuk kebutuhan penelitian.

    Staf Perpustakaan

    Kamu pun juga bisa mencoba menjadi staf perpustakaan sebagai rekomendasi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa. Bisa dimulai dari perpustakaan yang ada di kampus atau perpustakaan yang ada di daerah sekitarmu. Selain bisa menjadi penghasilan tambahan, kamu juga bisa membangun networking.

    Admin Media Sosial

    Di zaman sekarang yang mana online shop menjamur di banyak daerah, sudah pasti membutuhkan media sosial untuk penjualannya. Sehingga dibutuhkan admin media sosial untuk mengurus segala aktivitas penjualan seperti memasarkan produk dengan menggunakan berbagai media sosial. Ini juga bisa menjadi rekomendasi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa.

    Reseller

    Berkaitan dengan pembahasan di atas di mana online shop menjamur di Indonesia yang menjual berbagai produk, kamu bisa menjadi reseller. Cukup bermodalkan handphone dan promosi di media sosial ataupun membuat akun di platform khusus belanja online. Menjadi reseller juga dapat menjadi pilihan kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa.

    Driver Ojek Online

    Di Indonesia sekarang ojek online sudah menjadi pilihan transportasi bagi mayoritas orang karena dinilai lebih memudahkan. Jika kamu punya kendaraan pribadi, tidak ada salahnya untuk menjadi driver ojek online di sela-sela jam kosong kuliahmu. Penghasilan yang bisa didapat pun tergolong menguntungkan.

    Make Up Artist

    Bagi kamu yang suka dan jago make up, bisa nih mencoba jadi make up artist. Cobalah untuk mulai menawarkan orang terdekatmu seperti teman atau keluarga untuk menjadi client atau pelanggan pertamamu. Untuk upahnya, di awal tidak perlu mematok harga yang terlalu tinggi, bisa di kisaran Rp 250.000 per orang, jika jam terbang kamu mulai banyak baru bisa bertambah.

    Pramusaji

    Rekomendasi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa yaitu pramusaji. Kerjaan ini bisa dilakukan part time atau paruh waktu yang terbagi dengan shift atau giliran sehingga bisa disesuaikan dengan aktivitas kuliahmu.

    Babysitter

    Bagi kamu yang suka dengan anak kecil, maka tidak ada salahnya untuk menjadi babysitter. Pekerjaan ini bisa dilakukan paruh waktu dan biasanya kamu harus menjaga anak saja atau juga membersihkan rumah.

    Video Editor

    Untuk kamu yang suka konten mulai dari mengamati hingga memproduksi, maka video editor juga bisa menjadi rekomendasi kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa. Pendapatan yang dibayarkan itu per video jadi semakin banyak dan berpengalaman kamu dalam mengedit video, maka semakin besar juga pendapatanmu.

    Admin Entry Data

    Menjadi admin entry data juga bisa menjadi pilihan kerja part time untuk mahasiswa. Di suatu perusahaan, entri data jumlahnya ribuan seperti untuk katalog, data pelanggan ataupun karyawan sehingga membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah atau di kampus sehingga bisa sesuai jadwal kuliah.

    Itulah beberapa rekomendasi Kerja part time yang bisa menjadi inspirasi pekerjaan untuk mahasiswa. Jika kamu memang tertarik untuk mencoba kerja part time, tetapi harus diingat untuk selalu bisa mengatur waktu agar pekerjaan yang ada tidak mengganggu kuliahmu ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri