Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Jurusan Ilmu Komunikasi: Info Lengkap & Prospek Kerjanya

2021-08-12

Danacita

Daftar isi

    Jurusan ilmu komunikasi hingga saat ini masih menjadi salah satu jurusan yang menjadi incaran para pelajar yang lulus sekolah menengah dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Mulai dari anak jurusan IPS bahkan IPA rela untuk melakukan ujian SBMPTN lintas jurusan demi bisa masuk ke jurusan ilmu komunikasi. Karena itu, untuk bisa masuk ke jurusan ilmu komunikasi, calon mahasiswa baru harus berjuang dengan sengit karena peminatnya yang banyak.

    Jika ditanya, banyak hal yang menjadi alasan para pelajar tersebut memilih jurusan ilmu komunikasi sebagai pilihan studi, salah satunya yaitu karena sifatnya yang praktikal atau lekat dengan kehidupan sehari-hari. Kalau kamu menjadi salah satu orang yang termasuk ke kelompok yang ingin masuk ke jurusan ilmu komunikasi, tentunya kamu harus paham betul mengenai jurusan ini. Untuk itu, berikut akan dijelaskan informasi lengkap mengenai jurusan ilmu komunikasi.

    Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

    Masih banyak orang yang mengira kalau kuliah jurusan ilmu komunikasi hanya sebatas belajar kemampuan komunikasi atau berbicara saja. Padahal dalam kenyatannya, jurusan ilmu komunikasi lebih kompleks daripada itu yang mempelajari tentang penyampaian pesan yang efektif. Jurusan ilmu komunikasi merupakan bidang studi turunan dari banyak ilmu lain, seperti jurnalistik, public relation dan yang lainnya. Lebih lanjut, jurusan ilmu komunikasi itu mempelajari suatu proses penyampaian pesan sebaik dan seefektif mungkin dari pemberi pesan kepada sasaran yang dituju melalui berbagai media.

    Maka dari itu, di jurusan ilmu komunikasi nantinya kamu tidak hanya akan mempelajari satu jenis komunikasi saja, tetapi komunikasi di berbagai tingkatan, mulai dari individu (intrapersonal), dengan orang lain (interpersonal), komunikasi organisasi, komunikasi di media massa serta media sosial, periklanan atau publisitas, dan komunikasi interkultural.

    Mayoritas perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri menyediakanjurusan ilmu komunikasi karena ilmu ini dianggap penting dan para lulusannya dibutuhkan untuk bekerja di berbagai sektor. Pada umumnya, jika kamu berkuliah di jurusan ilmu komunikasi maka masa kuliahnya yaitu mulai dari 3,5 tahun hingga paling lama 6 tahun.

    Lulusan dari jurusan Ilmu Komunikasi yang berada di Fakultas Ilmu Komunikasi nantinya akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S. I.Kom), sedangkan yang masih bergabung dengan FISIP biasanya masih dengan gelar Sarjana Sosial (S. Sos).

    Baca juga: Biaya Kuliah Ilmu Komunikasi dan Rekomendasi Kampus

    Materi Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

    Hal yang harus diketahui calon maba jurusan ilmu komunikasi yaitu ada banyak materi kuliah yang nantinya dapat membuka wawasan kamu selama berkuliah di jurusan ini. Secara umum, kuliah ilmu komunikasi berisi pemantapan macam-macam teori komunikasi agar penyampaian pesan efektif dan tepat sasaran.

    Sama seperti banyak jurusan lainnya, materi kuliah jurusan ilmu komunikasi di semester awal akan berfokus untuk ilmu yang lebih umum. Mulai dari pengantar ilmu komunikasi, hingga filsafat komunikasi. Hal yang perlu diingat yaitu karena jurusan ilmu komunikasi masih termasuk ke dalam rumpun sosial humaniora atau soshum, maka materi kuliah yang dipelajari nantinya juga masih berkaitan dengan ilmu sosial lainnya.

    Selain teori, mahasiswa juga akan langsung praktik menerapkan teori yang sudah dipelajari. Terdapat pula metode penelitian komunikasi. Memasuki semester pertengahan, mata kuliah jurusan ilmu komunikasi akan lebih terfokus. Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi akan mempelajari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi antarpribadi (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa.

    Ada pula komunikasi antarbudaya atau komunikasi internasional, komunikasi politik, dan komunikasi pemasaran. Setiap mahasiswa jurusan ilmu komunikasi biasanya juga akan mempelajari dasar ilmu turunan dari ilmu komunikasi seperti hubungan masyarakat, periklanan, penyiaran, jurnalistik, dan komunikasi media.

    Peminatan di Jurusan Ilmu Komunikasi

    peminatan-di-jurusan-komunikasi.jpg

    Setiap perguruan tinggi memiliki peminatan di jurusan ilmu komunikasi yang berbeda-beda, tergantung dari kebijakan kampus. Peminatan ini dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dari awal kuliah atau di tengah perkuliahan seperti semester tiga atau semester lima.

    Pada dasarnya, terdapat beberapa peminantan di jurusan ilmu komunikasi, yakni hubungan masyarakat, jurnalistik, penyiaran (televisi dan film), periklanan, manajemen komunikasi, dan komunikasi media. Peminatan hubungan masyarakat atau public relations akan mempelajari cara untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi atau perusahaan dengan masyarakat.

    Mahasiswa jurnalistik akan mempelajari cara mencari dan membuat berita untuk berbagai media seperti televisi, radio, surat kabar, dan online sesuai dengan etika dan kaidah jurnalistik yang berlaku. Penyiaran, televisi, dan film akan mempelajari industri kreatif dan cara membuat konten untuk media penyiaran, seperti televisi dan film. Jenis peminatan ini akan lebih banyak menuntut mahasiswa untuk langsung praktik.

    Periklanan dan manajemen komunikasi akan mempelajari cara merancang strategi komunikasi pemasaran termasuk membuat dan menempatkan alat promosi seperti iklan. Lain halnya dengan komunikasi media yang akan mempelajari ilmu mengenai media secara lebih mendalam. Setiap media akan dikaji untuk mengetahui komunikasi yang efektif.


    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru UPJ 2022/2023


    Skill yang Dibutuhkan di Jurusan Ilmu Komunikasi

    Jika kamu masuk ke jurusan ilmu komunikasi, maka salah satu soft skill dasar yang harus dimiliki yaitu kemampuan public speaking. atau berbicara di depan umum. Selain itu, skill lain yang juga dibutuhkan yaitu skill menulis kreatif yang baik, strategi pemasaran atau strategi dalam menyusun media sosial, kemampuan dasar design dan fotografi, dan masih banyak lainnya.

    Register.jpg

    Klik banner di atas untuk Ajukan Sekarang di Danacita!

    Alasan Kenapa Harus Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi

    Setelah membaca informasi di atas, kamu juga harus tahu apa saja alasan harus masuk jurusan ilmu komunikasi. Dengan begitu, kamu akan semakin yakin untuk memilih jurusan ini sebagai tujuan pendidikan tinggimu. Berikut ini alasan-alasannya:

    • Jurusan ilmu komunikasi tidak hanya terbatas pada kamu yang suka berbicara saja, tapi untuk kamu yang suka menulis, desain bahkan fotografi juga bisa masuk ke jurusan ini. Hal ini karena ilmu komunikasi memiliki cakupan yang sangat luas
    • Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, materi kuliah jurusan ilmu komunikasi tergolong variatif, mulai dari menulis, public speaking, membuat iklan atau film, dan masih banyak lainnya
    • Karena materinya yang variatif, maka jika kamu lulus dari jurusan ilmu komunikasi nantinya akan memiliki lebih dari 1 skill lho!
    • Perlu diingat juga kalau ilmu komunikasi tidak akan lekang oleh waktu karena komunikasi akan selalu dibutuhkan baik itu untuk individu maupun masyarakat
    • Jurusan ilmu komunikasi juga memiliki prospek kerja yang sangat luas karena di bidang apapun pasti membutuhkan komunikasi di dalamnya

    Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

    prospek-kerja-lulusan-komunikasi.jpg

    Sarjana lulusan jurusan ilmu komunikasi diharapkan dapat membuat media komunikasi yang efektif dan tepat tujuan. Perlu diketahu, lulusan jurusan ilmu komunikasi memiliki banyak prospek kerja di berbagai sektor. Hal ini dikarenakan komunikasi sangat dibutuhkan di banyak aspek kehidupan. Industri yang paling membutuhkan sarjana komunikasi adalah industri media, industri kreatif, dan industri riset.

    Sarjana jurusan ilmu komunikasi dapat menjadi humas di semua perusahaan atau organisasi. Salah satu contohnya yaitu sebagai PR dan menjadi pengamat media maupun komunikasi. Jika kamu memiliki ketertarikan di bidang industri media, pekerjaan untuk lulusan jurusan ilmu komunikasi juga terbuka lebar. Mulai dari menjadi wartawan hingga menjadi reporter media online maupun media cetak.

    Mengingat masa sekarang yang sudah serba digital, kamu sebagai lulusan jurusan ilmu komunikasi nantinya juga akan bisa menempati posisi seperti social media specialist, perencanaan media hingga copywriter maupun content writer.


    Baca juga: Biaya Kuliah UNISBA Terbaru 2022/2023


    Itulah informasi lengkap mengenai jurusan ilmu komunikasi, mulai dari penjelasan hingga prospek kerjanya. Nah, gimana menurut kamu? Apa dari informasi di atas membuatmu tertarik untuk melanjutkan kuliah ke Jurusan ilmu Komunikasi?

    Yuk, kunjungi rekomendasi jurusan lainnya dari Danacita yang bisa kamu pertimbangkan!

    Jika kamu sudah yakin untuk masuk ke jurusan ilmu komunikasi tapi terkendala akan hal biaya, kini kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada Danacita yang siap membantumu. Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang bertujuan untuk membuka akses pendidikan bagi para pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, maka biaya kuliahmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari serta tanpa perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya. Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu lembaga formal maupun non formal.

    Bareng Danacita kamu bisa mencicil biaya pendidikan kamu. Yuk, kunjungi link berikut untuk informasi lebih lanjut!

    [SEO]

    📞Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo