Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Link Building SEO: Definisi, Manfaat, Strategi untuk Pemula

2023-06-28

link-building-seo

Daftar isi

    Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan saat ini agar meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

    Salah satu strategi dalam dunia SEO adalah link building. Seperti apa link building itu? Apa saja jenis-jenisnya dan bagaimana strategi menjalankannya? Berikut penjelasan lengkapnya

    Apa itu Link Building?

    Secara sederhana, link building adalah proses atau strategi yang dijalankan untuk memperoleh hyperlink dari website lain ke website kamu.

    Hyperlink ini menjadi cara bagi bagi pengguna untuk menavigasi antar halaman di Internet. Strategi ini sangat berperan dalam meningkatkan referral domain sebagai salah satu faktor penting agar sebuah website mendapatkan peringkat satu di halaman mesin pencari.

    Jenis-jenis Link Building

    Secara umum, link building terdiri dari dua jenis, yaitu:

    1. Internal Link Building

    Internal link merupakan sebuah link yang ditanamkan pada website dan menavigasi pengguna menuju halaman lain dalam website yang sama.

    Ini membantu pengguna untuk menemukan konten terkait di website dengan mudah, sehingga membuat mereka bertahan lama pada website tersebut.

    Selain untuk memudahkan pengguna, internal link building seo juga membantu mesin pencari untuk memahami arsitektur sebuah website, melihat bagaimana konten di website, dan mengidentifikasi halaman terpenting, yang semuanya dapat meningkatkan peringkat pencarian dan memungkinkan konten kamu lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

    2. External Link Building

    Sesuai namanya, external link building merupakan strategi untuk menanamkan link pada website lain dan menavigasi pengguna menuju website kamu.

    External link building juga sering disebut sebagai backlink. Membuat backlink tidak hanya memberikan website kamu pengunjung, tetapi juga meningkatkan otoritas website kamu.

    Manfaat Link Building

    1. Meningkatkan Web Traffic

    Salah satu untuk bisa menilai jika sebuah website baik atau tidak adalah dengan melihat seberapa banyak traffic yang diperoleh.

    Menjalankan strategi link building menjadi salah satu untuk menarik audiens yang relevan agar mengunjungi website kamu. Dengan menargetkan audiens dan niche yang relevan, kamu akan meningkatkan traffic dari sumber eksternal..

    2. Meningkatkan Visibilitas dan Eksposur

    Selain meningkatkan traffic, link building juga akan meningkatkan visibilitas dan eksposur sebuah website.

    Misalnya, ketika kamu ingin menjangkau audiens di lokasi geografis baru, link building akan membantu kamu melakukan hal ini dengan meningkatkan awareness di lokasi tersebut.

    Hal ini dapat memberikan dampak positif yang besar pada website, dan membantu membangun sebuah bisnis sebagai merek terpercaya dengan cepat.

    3. Meningkatkan Skor Otoritas Website

    Pada dasarnya link building memberi kesempatan untuk membuat orang menemukan website yang dijalankan.

    Jika kamu berhasil meletakkan link di situs populer, maka secara otomatis akan membantu menarik konsumen, mempresentasikan perusahaan, dan meningkatkan otoritas website.

    4. Memberikan Kredibilitas Pada Website

    Manfaat lain link building adalah memberikan kredibilitas pada sebuah website. Hal ini karena link bertindak sebagai indikator pihak ketiga terhadap kekuatan otoritatif domain.

    Mesin pencari seperti Google bertujuan untuk memberikan hasil yang paling relevan kepada pengguna.

    Untuk melakukan hal ini, Google memperhitungkan 'otoritas'. Semakin tinggi jumlah kualitas tautan yang diarahkan ke situs kamu, semakin tinggi pula faktor kredibilitas kamu.

    5. Membantu Mendapatkan Rangking Pada Mesin Pencari

    Tanpa link building, website kamu bisa jadi tidak akan diperhitungkan oleh mesin pencari. Bahkan tanpa adanya link building mesin pencari tidak bisa menemukan website kamu.

    Oleh karena itu, untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dari kompetitor, kamu membutuhkan lebih banyak link building daripada yang mereka miliki.

    Strategi Link building

    Ada banyak strategi link building yang bisa dijalankan. Berikut beberapa cara paling umum yang bisa kamu lakukan:

    1. Outreach

    Outreach adalah salah satu strategi link building dimana kamu menghubungi orang lain dan mengajak untuk bertukar backlink. Hal ini penting karena orang tidak dapat menautkan ke konten kamu tanpa menemukannya.

    Oleh karena itu kamu perlu menjangkau orang secara langsung. Untuk menemukan prospek yang dapat dihubungi, kamu bisa melakukan riset secara mendalam.

    2. Guest Blogging

    Selain bertukar backlink melalui strategi outreach, kamu juga bisa memperoleh backlink dengan menjadi guest blogging atau guest writer pada website orang lain. Sesuai namanya, kamu akan menuliskan artikel untuk diterbitkan di website orang lain.

    Di dalamnya, kamu bisa menambahkan link menuju website kamu sendiri. Temukan website lain relevan dengan target audiens serta pastikan membuat konten yang unik dan menarik.

    3. Broken Link Building

    Broken link building adalah proses menemukan tautan eksternal yang rusak di situs web lain dengan niche yang sama dengan website kamu.

    Kemudian, kamu menjangkau dan merekomendasikan mereka untuk menautkan ke konten yang kamu miliki.

    Strategi ini bekerja dengan sangat baik karena tidak ada yang ingin mengirim pengunjung ke halaman yang rusak, dan kamu menawarkan alternatif yang bermanfaat.

    Cara mudah untuk memulai broken link building adalah dengan mencari halaman yang rusak di website kompetitor.

    4. Membuat Konten Berkualitas

    Strategi link building lain yang wajib kamu lakukan adalah dengan membuat konten berkualitas. Ketika konten kamu berkualitas, terlebih jika sudah mendapatkan rangking di mesin pencari, orang lain akan dengan sukarela menggunakan link yang mengarah ke website kamu.

    Oleh karena itu, konsisten membuat konten yang informatif dan terpercaya adalah salah satu kunci untuk mendapatkan backlink. Beberapa format konten yang biasanya menarik tautan adalah infografis, statistik, panduan, dan video.

    5. Aktif di Media Sosial

    Kehadiran media sosial juga bisa menjadi strategi dalam menjalankan link building. Cobalah untuk lebih aktif mengunggah konten di media sosial agar meningkatkan kesempatan kamu mendapatkan backlink.

    Sajikan konten yang informatif dan kuatkan dengan grafis atau aset lain yang berharga. Tingkatkan interaksi dengan audiens, jangan lupa merespon brand mentions. Selain itu, optimasi media sosial dengan menyertakan berbagai link yang mudah diakses.

    banner-gif-CTA-Only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Belajar Tentang SEO Dengan Mengikuti Bootcamp

    Ingin belajar lebih mendalam seputar strategi link building dan SEO? Yuk belajar di bootcamp berikut:

    1. Harisenin.com

    Harisenin adalah sebuah lembaga belajar yang memiliki misi meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas kepada generasi muda Indonesia terlepas dari latar belakang sosial dan ekonomi, sehingga mereka memiliki masa depan yang lebih baik.

    Kamu bisa belajar seputar SEO dengan mengikuti bootcamp Digital Marketing dari Harisenin. Selain materi SEO, di sini kamu juga akan belajar tentang content marketing, social media marketing, performance marketing, dan masih banyak lagi.

    Baca juga: Informasi Biaya Bootcamp Harisenin.com Terlengkap

    2. Dibimbing

    Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang telah lebih dari satu tahun berdiri.

    Dibimbing.id telah membantu dan mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karier impiannya melalui sejumlah program bootcamp berkualitas, salah satunya Digital Marketing.

    Di sini, kamu akan dibimbing untuk menguasai berbagai strategi digital marketing terupdate, termasuk link building SEO secara lengkap, hingga kamu mampu untuk menjadi digital marketer yang siap kerja setelah lulus dari program bootcamp ini.

    Baca juga: Biaya Bootcamp Dibimbing.id! Ada Penyaluran Kerja

    3. Rakamin Academy

    Rakamin Academy merupakan platform pelatihan vokasional yang menghubungkan expert dari top tech companies, dengan siswa yang ingin belajar, dan perusahaan yang membutuhkan talenta.

    Di sini kamu akan mendapatkan kelas persiapan karir, soft skill, bimbingan peningkatan portfolio, hingga bimbingan kerja secara intensif yang membantumu bisa mendapatkan kerja dalam hitungan bulan.

    Selain materi link building SEO , pada bootcamp Digital Marketing Rakamin Academy, kamu juga akan mendapatkan materi Research & Analytics (Market Research & Google Analytics), Internet Advertising (Google Ads), Social Media Marketing (Organic & Paid), Content Marketing (Content, Idea, & KOL), dan masih banyak lagi.

    Baca juga: Berapa Biaya Rakamin Academy? Cek Disini Sekarang

    Menjadi Ahli SEO Bersama Danacita

    Itulah penjelasan seputar link building dalam dunia SEO. Jika kamu tertarik untuk memperdalam bidang ini dengan mengikuti kursus atau bootcamp di lembaga yang sudah disebutkan sebelumnya tapi terkendala biaya, kini kamu tidak perlu khawatir. Danacita bisa menjadi solusinya.

    Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pendanaan pendidikan.

    Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia.

    Selain dengan lembaga di atas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    seo link building link building seo
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri