Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Hal yang Bikin Mahasiswa Kangen Kuliah Offline

2022-03-11

Daftar isi

    Masa pandemi Covid-19 sudah memasuki lebih dari 2 tahun dan sebagian besar aktivitas masih dilakukan secara online. Semua aktivitas mulai dari bekerja hingga kegiatan belajar mengajar berubah secara online. Sejak tahun lalu, mulai ada beberapa kantor, sekolah atau perguruan tinggi yang menerapkan sistem hybrid atau campuran dari offline dan online. Meskipun begitu, jika kasus Covid meningkat maka semua tempat kembali menjadi full online.

    Selama masa pandemi, memang perbedaan kuliah offline dan online sangat terasa bagi mahasiswa. Untuk mahasiswa baru mungkin belum bisa merasa rindu suasana kampus karena belum tahu rasanya seperti apa. Lain halnya dengan mahasiswa lama yang sudah pernah merasakan kuliah offline sebentar. Berikut ini hal-hal yang dirindukan mahasiswa dari kuliah offline.

    Suasana Kampus

    Melakukan perkuliahan setiap hari di rumah memang membuat kamu para mahasiswa bisa teringat dengan suasana kampus. Mulai dari suasana kelas, lorong-lorong kelas, spot-spot unik di kampus, belajar di perpustakaan, duduk menunggu di gazebo, dan masih banyak tempat lainnya yang biasa kamu datangi. Tempat-tempat tersebut memberikan kenangan masa perkuliahan yang bisa sulit dilupakan.

    Bukan hanya tempat-tempat yang ada di kampus saja, tapi suasana kampus saat ada event atau acara-acara tertentu yang biasanya diisi oleh bazaar dengan banyak jajanan, talkshow di aula kampus, sampai acara musik di panggung. Hal-hal tersebut sudah melekat dengan kehidupan mahasiswa dan selalu memeriahkan suasana kampus sehingga keseharian di kampus tidak membosankan.

    Jika kuliah online terasa bosan, kamu bisa baca: 6 Rekomendasi Kegiatan Untuk Mahasiswa di Waktu Luang yang Ingin Lebih Produktif

    Bertemu dengan Teman-teman

    Source: Pexels.com/George Pak

    Di hari-hari berkuliah sudah pasti kamu melewati dan melakukannya bersama dengan teman-temanmu. Mulai dari saat belajar di kelas, menunggu kelas sambil eksplor kampus atau di kos dengan teman, sampai mengerjakan tugas dan mengobrol bersama. Semua hal-hal itu tidak bisa dilakukan saat kuliah online sehingga pasti banyak mahasiswa yang rindu bertemu dengan teman di kampus.

    Meskipun saat online kamu masih bisa saling telepon atau video call, tetap saja rasanya berbeda jika bertemu langsung dengan teman-temanmu karena vibenya berbeda. Selain itu, jika kuliah offline dengan teman-teman, kamu pasti merasa tidak sendiri dan memiliki teman seperjuangan di kuliah tersebut, berbeda dengan kuliah online yang rasanya kamu benar-benar berjuang sendiri.

    Makanan dan Penjual di Kantin

    Saat di sela-sela pergantian kelas, biasanya mahasiswa suka menunggu kelas selanjutnya di kantin dengan teman-teman. Selain suasananya, makanan dan penjual di kantin pun menjadi teman mahasiswa di kampus. Makanan yang bervariasi dan bersahabat dengan kantong bisa membuat kamu rindu, ditambah penjual-penjualnya yang ramah dan sangat bersahabat dengan para mahasiswa dan bisa dijadikan tempat curhat. Hal-hal tersebut menjadikan kantin seolah-olah sebagai tempat pelarian mahasiswa di sela-sela perkuliahan. Dengan kuliah online, tentunya kamu tidak bisa merasakan semua itu.

    Mendapat Uang Saku

    Tidak sedikit mahasiswa yang merasa sedih karena saat kuliah online uang sakunya dikurangi atau bahkan tidak diberikan sama sekali. Hal ini dikarenakan kamu hanya menghabiskan waktu di rumah yang dirasa orang tua tidak membutuhkan uang saku. Banyak mahasiswa yang rindu kuliah offline agar bisa mendapat uang saku karena saat offline membuat pemasukan mahasiswa menjadi ikut macet.

    Kamu bisa baca: 3 Cara Mudah Cari Uang Tambahan Untuk Mahasiswa

    Fasilitas Kampus

    Source: Pexels.com/ Polina Zimmerman

    Suasana kampus memang tidak berarti tanpa adanya fasilitas, mulai dari gedung, taman, perpustakaan, kantin, hingga wifi yang disediakan kampus. Dalam penggunaan fasilitas kampus, memang tidak selalu lancar, bisa saja ada halangan seperti ruangan yang agak pengap atau bahkan terlalu dingin, perpustakaan yang bisa terlalu ramai, sampai wifi yang bermasalah. Meskipun begitu, fasilitas-fasilitas tersebut juga menjadi teman mahasiswa dalam menjalani hari-hari di kampus. Dengan kuliah online, mahasiswa tidak bisa menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut dan menjadi alasan untuk rindu masa kuliah offline.

    Itulah hal-hal yang dirindukan mahasiswa dari kuliah offline. Semoga pandemi cepat berakhir agar semua kegiatan termasuk perkuliahan bisa kembali normal sehingga kamu tidak merindukan suasana kuliah offline lagi.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri