Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Tertarik Berkarir Sebagai Data Scientist? Cari Tahu Dulu Bahasa Pemrograman yang Perlu Kamu Kuasai

2022-04-06

bahasa

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Dengan perkembangan informasi yang melesat jauh sejak adanya teknologi mesin pencari dan internet, hampir data apa saja yang kita inginkan dapat ditemukan dalam sekejap. Data tersebut dapat kita kumpulkan dan olah sesuai dengan permasalahan apa yang ingin kita kaji. Tahukah kamu, berhadapan dengan banyak data adalah keseharian seseorang yang ingin menguasai ilmu data science? Peranan data science menjadi sangat krusial karena kecanggihannya memberikan pertimbangan berdasarkan hasil analisis data tersebut. Kemampuan statistika dan tidak henti belajar bahasa pemrograman data science akan membantu proses pengolahan data menjadi lebih cepat untuk dapat memberikan prediksi serta menemukan ide dan inovasi baru yang dapat diadaptasi demi kemajuan suatu organisasi atau bisnis.

    Lalu, apa itu data science?

    Data science merupakan keterampilan khusus untuk mempelajari teknik dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan mengolahnya menjadi data berkualitas yang dapat memberikan solusi perencanaan suatu perusahaan atau organisasi. Hampir tiap lini suatu instansi memandang ilmu data science sebagai aset penting. Jadi, bukan hanya untuk di ranah statistik. Profesi ini juga melibatkan teman-teman untuk belajar bahasa pemrograman data science.

    Kenapa Harus Berkarir di Data Science?

    Apakah kamu tertarik untuk melakoni profesi sebagai seorang data scientist? Berdasarkan indeed.com, gaji rata-rata data scientist di Indonesia (di-update terakhir Juni 9, 2021) dapat mencapai IDR 7.855.729 per bulannya. Kemudian, laporan dari World Economic Forum (WEF) yang beredar pada 20 Oktober 2020 menyebutkan bahwa data scientist merupakan salah satu profesi yang diperhitungkan dalam 5 tahun kedepan hingga tahun 2025. Sebuah platform Bernama KD nuggets juga menambahkan bahwa alih-alih menghilang, permintaan profesi sebagai data scientist ini akan terus menambah hingga tahun 2031. Dilemanya, tenaga ahli di bidang ini masih terbilang terbatas.

    Baca lebih lanjut Berkarir Menjadi Seorang Data Scientist: Pengertian hingga Gaji Data Science 2022

    Apa Sobat Danacita pernah bertanya-tanya kah tentang apa yang menjadi tugas utama seorang data scientist? Kalau ingin mulai, apa saja rekomendasi coding language data science yang paling umum digunakan? Dimana ya rekomendasi tempat bootcamp data science yang berkualitas? Semua akan Danacita jawab disini. Yuk, simak lebih lanjut!

    Job desk data science & Bahasa Pemrograman Data Science

    Untuk menjadi seorang data scientist professional, kamu harus paham betul siklus data science itu sendiri. Tahapan ini dimulai dari teknik mengumpulkan data (capture), penyimpanan dan pemeliharaan database (maintain), memproses data berdasarkan klasifikasi dan model (process), menarik tren, pola, dan prediksi dari kumpulan informasi yang telah dianalisis (analyze). Terakhir, melaporkan hasil data dan visualisasi yang dapat diterapkan saat pengambilan keputusan pada tim eksekutif (communicate). Bahasa pemrograman data science juga diaplikasikan untuk membantu siklus data science berjalan lancar dan mudah.

    Rekomendasi Coding Language Data Science

    Seiring kemajuan teknologi, data science menjadi salah satu keterampilan yang diburu karena jenjang karirnya yang menjanjikan. Seorang data scientist profesional selain memiliki kemampuan pengolahan data, pemahaman bisnis, analisis data dan statistik yang baik, harus dibekali juga dengan hard skill lainnya, salah satunya bahasa pemrograman data science. Berikut adalah rekomendasi coding language data science yang wajib kamu kuasai:

    Bahasa pemrograman data science dengan Python

    Penggunaan bahasa pemrograman data science Python juga merupakan bahasa yang umum diaplikasikan pada pengembangan web dan video game. Python memiliki komunitas pengguna yang besar karena digadang-gadangkan sebagai bahasa pemrograman data science yang paling mudah dipelajari. Selain itu, Python hampir dapat melakukan operasi apapun untuk kepentingan data science dari proses persiapan data awal, visualisasi, analisis statistik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Scala

    Meski bukan termasuk bahasa pemrograman yang digemari secara umum, tapi dalam konteks data science, Scala patut diperhitungkan karena menjadi salah satu yang terbaik utamanya pengolahan data besar dan machine learning. Selain itu, bahasa pemrograman data science ini juga dijalankan dengan Java Virtual Machine.

    R

    Meski tidak se-hype Python dalam hal pengguna, R termasuk bahasa pemrograman data science yang cukup popular. Sama dengan Python, R juga bahasa pemrograman dengan sumber yang terbuka. Dirancang khusus untuk menjalankan berbagai tugas data science, R adalah rekomendasi coding language data science yang dapat membantu proses manipulasi data, visualisasi data, komputasi statistik, dan machine learning.

    SQL

    Dalam perihal operasi data yang disimpan di database, Structured Query Language (SQL) masuk dalam top rekomendasi coding language data science yang banyak digunakan. SQL bisa dikatakan standar bahasa pemrograman data science pada platform data besar yang menggunakan SQL sebagai Application Program Interface (API) untuk database mereka. Sangat efektif untuk menciptakan ekosistem data yang terstruktur seperti: meng-update riwayat data, menghapusnya, membuat, dan juga modifikasi.

    Julia

    Tergolong salah satu bahasa pemrograman termuda, Julia yang dirilis 2011 kemarin sangat mengesankan dalam dunia komputasi numerik bahkan sering dikatakan turunan dari Python. Ini berkat tools-nya yang benar-benar efektif dalam proses analisis data. Namun tetap saja sebagai pendatang baru, dibandingkan pendahulunya Python atau R, Julia tidak memiliki begitu banyak library dan pengguna.

    Rekomendasi Bootcamp Data Science yang Bekerjasama Dengan Danacita

    Tertarik mempelajari dan berkarir di bidang data science? Danacita sudah kumpulan rekomendasi tempat bootcamp data science dengan kualitas yang bukan main kerennya. Bagian terbaiknya adalah kamu tidak perlu khawatir latar belakang pendidikanmu karena kamu akan diberikan pengenalan fondasi data science. Bahkan, kamu juga berkesempatan besar untuk menjadi bagian dari dari sekian banyak hiring partner mereka di berbagai industri!

    Hacktiv8

    Sangat bagus untuk akselerasi karirmu, raih kompetensi berbasis data dengan Program Data Science Hacktiv8 dalam 12 minggu. Keuntungan belajar dengan Hacktiv8, kamu bisa membayar deposit dan membayar sisanya saat sudah bekerja. Jangan khawatir, dari fundamental data science, hingga proses pengolahan big data, pasti diajarkan sampai paham.

    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp & Kursus Coding di Hacktiv8

    Purwadhika

    Sebagai lembaga pelatihan digital sejak tahun 1987, Job Connector Data Science & Machine Learning Purwadhika juga merupakan top rekomendasi tempat bootcamp data science di Indonesia. Kamu akan memulai modul dengan pengenalan bidang keilmuan dan belajar bahasa pemrograman data science Python, SQL, fundamental statistik, visualisasi data, dll. Untuk bootcamp dengan Purwadhika, kamu bisa memilih metode belajar baik secara offline, livestream, atau video learning.

    Baca juga:

    Cari Tahu Info Terbaru dan Biaya menjadi Digital Talent bersama Purwadhika, di sini!

    Digital Skola

    Untuk belajar bahasa pemrograman data science di Digital Skola, kamu dapat mengikuti salah satu dari 2 SkolaClass: Data Science atau Data Engineer selama 3 bulan bersama ahlinya. Kamu juga dapat berpartisipasi pada bootcamp data science Digital Skola yang sudah lengkap dengan sertifikasi BNSP.

    Narasio Data

    Program unggulan Narasio Data yaitu Data Science in Business tak hanya fokus pada implementasi ilmu data science dalam kesempatan untuk mempraktekannya pada data perusahaan secara real lho. Narasio Data juga memberikan sertifikasi internasional oleh Global Association for Research Methods and Data Science untuk memberikan rasa percaya diri pada siswa yang mengikuti pelatihan.

    Baca juga: Informasi Terlengkap dan Terbaru Kursus Bootcamp Narasio Data

    dibimbing.id

    Di setiap pertemuan pada program bootcamp online Data Science dibimbing.id, kamu akan banyak sekali menerima latihan-latihan soal dan final project yang membantumu menghadapi kasus nyata di bidang data science. Pelatihan akan dilaksanakan 4,5 bulan dan kamu juga mendapat fasilitas penempatan kerja.

    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp Dibimbing.id 2022, Cek Disini!

    Siap Jadi Tenaga Data Scientist Masa Depan dengan Danacita!

    Kesulitan biaya bootcamp bukan lagi masalah karena dengan Danacita kamu bisa memanfaatkan program cicilan Danacita. Mulai sekarang dan jadikan mimpimu kenyataan!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Rekomendasi Bootcamp Data Science Rekomendasi Bootcamp
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria