Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Mengenal Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Prospek Karir 2022

2022-04-16

FEB.jpg

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Seiring perkembangan pengetahuan dan teknologi, dunia bergerak semakin dinamis dan masif. Pergerakan ranah ekonomi dan bisnis terus beradaptasi dan mengalami banyak perubahan yang menuntut orang untuk bergerak mengikutinya. Revolusi digital merupakan salah satu contoh dari masifnya perkembangan bisnis yang tidak segan untuk menggilas industri yang masih saja enggan mengikuti arus perubahan dunia baru. Pengetahuan mengenai ekonomi dan bisnis begitu penting untuk bisa memberikan kehidupan yang mapan. Mungkin hal inilah yang membuat fakultas ekonomi dan bisnis di hampir setiap perguruan tinggi tidak pernah sepi peminat. Selama inovasi tidak mati, rasanya lingkup keilmuan ini juga akan terus menjadi suatu kebutuhan.

    Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Fakultas ekonomi dan bisnis merupakan salah satu bidang keilmuan tertua yang hampir selalu ada di setiap perguruan tinggi terutama dalam lingkup universitas. Keilmuan dasar dalam bidang ini adalah ekonomi, bisnis, keuangan, dan manajemen dimana biasanya akan terpecah kedalam beberapa program studi yang lebih spesifik sesuai dengan peminatan. Beberapa jurusan di fakultas ekonomi dan bisnis, yaitu:

    • Manajemen
    • Ilmu Ekonomi
    • Bisnis
    • Perbankan
    • Akuntansi
    • Aktuaria
    • Periklanan
    • Kewirausahaan
    • Bisnis digital
    • dan lain sebagainya

    Baca juga: Penjelasan Fakultas Ekonomi UNNES dan Biayanya

    Peluang Kerja Lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Lulusan dari fakultas ekonomi dan bisnis tentunya memiliki masa depan yang cemerlang dengan peluang kerja yang sangat luas, beragam, dan dibutuhkan hampir di semua industri. Lapangan pekerjaan ini juga semakin terbuka dengan adanya dunia digital sekarang. Menjamurnya kemunculan startup semakin menambah pilihan pekerjaan bagi mahasiswa dari bidang ekonomi dan bisnis. Gaji yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan bobot pekerjaan dan dampak yang bisa diberikan oleh pekerja pada perusahaan. Berikut merupakan beberapa contoh pekerjaan yang sekarang sedang banyak dicari dari kedua bidang ini:

    • Digital Marketer
    • Product Manager
    • Account Manager
    • Financial Specialist
    • Business Development
    • Customer Relationship Manager
    • Growth Associate
    • Brand Marketing
    • Business Operation
    • Product Marketing
    • People Development
    • Sales in Tech
    • Data Analyst
    • Research and Development
    • dan lain sebagainya

    Rekomendasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas yang Telah Bekerjasama Dengan Danacita

    Universitas Tarumanegara (UNTAR)

    UNTAR memiliki empat program studi di fakultas ekonomi dan bisnis, yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi, Profesi Akuntansi, dan S2 Akuntansi. Dua program sarjana dalam fakultas ini memiliki akreditasi A, sedangkan yang lainnya memiliki akreditasi B. Banyak mahasiswa UNTAR yang memiliki berbagai macam prestasi baik didalam maupun diluar negeri, seperti juara tiga Creative Viral Marketing, juara dua pada iSpark International Pitching Competition TARC Malaysia, dan terpilihnya beberapa proposal program kreativitas mahasiswa yang didanai oleh Ditjen Dikti Kemendikbud. Selain itu, fakultas ini juga cukup aktif dalam mengadakan kegiatan dan seminar.

    Baca juga: Informasi PMB Universitas Tarumanagara (UNTAR) 2022/2023

    Universitas Islam Bandung (UNISBA)

    UNISBA memiliki tiga program studi di fakultas ekonomi dan bisnis, yaitu manajemen, akuntansi, dan ekonomi pembangunan. Program studi ekonomi pembangunan memiliki akreditasi A, sedangkan dua program studi lainnya memiliki Akreditasi Unggul. Fakultas ini memiliki beberapa kerjasama dengan instansi dalam maupun luar negeri, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Harian Republika, Bank Indonesia, Universiti Utara Malaysia, International Labour Organization, Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung, dan lain sebagainya. Fakultas ini juga memiliki beberapa organisasi, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Amanat Mahasiswa (DAM), dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) setiap program studi di fakultas ekonomi dan bisnis.

    Baca juga: Mulai Dari Biaya Kuliah Hingga Sejarah, Simak Fakta-Fakta Terbaru UNISBA Bandung di Sini

    Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

    UBSI memiliki tujuh program studi di fakultas ekonomi dan bisnis, yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi, D3 Administrasi Bisnis, D3 Administrasi Perkantoran, D3 Manajemen Pajak, dan D3 Perhotelan. Kedua program sarjana memiliki Akreditasi Baik, sedangkan semua program diploma memiliki Akreditasi B kecuali perhotelan yang memiliki Akreditasi A. UBSI memiliki lini BSI center yang mendukung pembelajaran program studi di fakultas ekonomi dan bisnis, yaitu BSI career, entrepreneur, startup, dan innovation center.

    Baca juga: Informasi PMB Universitas Bina Sarana Informatika 2022/2023

    Universitas Janabadra

    Universitas Janabadra memiliki empat program studi di fakultas ekonomi dan bisnis, yaitu S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, dan S2 Manajemen. Keempat program studi di fakultas ekonomi dan bisnis di Janabadra memiliki Akreditasi B. Fasilitas dari Universitas Janabadra untuk mendukung kenyamanan pembelajaran antara lain laboratorium berbasis komputer, hotspot area, perpustakaan, asuransi mahasiswa, dan poliklinik.

    Baca juga: Informasi PMB Universitas Bina Sarana Informatika 2022/2023

    Universitas Paramadina

    Universitas Paramadina memiliki dua program studi di fakultas ekonomi dan bisnis, yaitu S1 Manajemen dan S2 Manajemen. Program magister manajemen memiliki empat peminatan, yaitu Keuangan Stratejik, Bisnis dan Keuangan Islam, Pemasaran, dan Sumber Daya Manusia. Kedua program studi di fakultas ekonomi dan bisnis di Paramadina memiliki Akreditasi B. Ada beberapa beasiswa yang bisa diperoleh di Paramadina, seperti beasiswa Paramadina Social Responsibility (PSR), PPA, dan Bidikmisi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Paramadina juga memiliki Himpunan Mahasiswa sebagai wadah berkumpul dari mahasiswa program studi di fakultas ekonomi dan bisnis.

    Baca juga: Informasi Terbaru PMB Universitas Paramadina 2022

    Nah, itu tadi merupakan rangkuman mengenai program studi di fakultas ekonomi dan bisnis dan beberapa rekomendasi fakultas ekonomi dan bisnis di universitas yang telah bekerjasama dengan Danacita. Kalau informasi ini bermanfaat, bisa langsung klik suka pada artikel ini. Artikel ini juga bisa dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan informasi yang sama.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!