Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Trik Meningkatkan Mood Belajar yang Sedang Turun Bagi Mahasiswa

2022-04-12

Daftar isi

    Kehidupan mahasiswa tiap harinya tidak lepas dari kata tugas, belajar, kuis dan repeat. Kadang banyaknya tugas bisa membuat jadwal untuk belajar jadi sangat terbatas, bahkan tidak ada. Apalagi di masa-masa ujian semester, selain harus mempersiapkan diri dengan belajar, terkadang dosen pun sering memberikan tugas tambahan sebagai pelengkap ujian. Keduanya bisa memiliki bobot nilai yang sama, sehingga kamu pun bingung harus menyelesaikan yang mana dulu.

    Selain itu, hal lain yang menjadi kendala adalah tidak bisa ditebaknya mood belajar. Ada masa di mana mood sedang baik, lalu belajar pun bisa lancar dan materi bisa diserap kepala. Lain halnya jika mood belajar sedang turun. Mau dipaksa dengan cara apapun, kalau sedang tidak mood belajar maka kamu tidak akan bisa konsentrasi penuh. Bila kamu sering mengalami hal ini, simak beberapa trik berikut supaya mood belajar bisa meningkat.

    Belajar di tempat yang nyaman dan tapi tetap kondusif

    Kamar memang menjadi pilihan pertama untuk menjadi tempat belajar. Tapi bagi sebagian orang, jika terus-terusan belajar di kamar, maka bisa menjadi bosan bahkan penat. Kalau sudah begini, maka mood belajar akan semakin turun dan materi tidak ada yang bisa masuk ke kepala. Untuk itu, kamu bisa coba siasati dengan belajar di tempat lain yang nyaman tapi tetap kondusif. Bila di rumah, coba cari ruangan lain seperti ruang tengah atau balkon. Siapa tahu dengan mengganti tempat belajar, mood kamu bisa naik lagi dan belajar jadi lebih efektif.

    Baca juga: 6 Tempat Belajar Anti Bosan Sebagai Rekomendasi Untuk Mahasiswa

    Sambil ngemil

    Tanpa disadari, belajar memang menguras tenaga seperti aktivitas fisik lainnya. Maka dari itu banyak mahasiswa saat di tengah belajar bisa merasa lapar karena tenaganya terkuras untuk berpikir. Sehingga tidak ada salahnya buat kamu siapkan camilan atau minuman seperti kopi atau milkshake untuk menemani kamu belajar. Selain bisa menjadi teman belajar, makanan juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan mood belajar.

    Sambil mendengarkan playlist favorit

    Source: Freepik.com/Lifeforstock

    Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk ningkatin mood belajar adalah dengan sambil mendengarkan playlist favorit. Untuk masalah genre, memang tidak ada patokannya dan kamu bebas memilih. Pilihlah playlist kamu yang paling cocok untuk belajar dan bukan malah membuyarkan konsentrasi. Bila kamu tidak memiliki playlist yang cocok, tidak usah khawatir, karena di platform musik seperti Spotify sudah banyak menyediakan banyak playlist. Kamu tinggal cari playlist di Spotify yang bisa cocok menemani kamu belajar dan menjaga fokus.

    Belajar bareng teman atau belajar kelompok

    Saat kamu merasa bahwa dengan belajar sendiri malah membuat mood belajar turun, tidak ada salahnya untuk belajar bareng temanmu. Tapi harus diingat, saat melakukannya harus benar-benar serius dan bukan hanya niat untuk belajar bersama saja, tapi malah berakhir ngobrol tentang hal lain. Sebenarnya, dengan belajar bersama, selain bisa meningkatkan mood belajar kamu juga bisa saling bertukar pengetahuan dengan teman-temanmu. Jadi kalian bisa saling membantu untuk bisa belajar seperti untuk persiapan ujian.

    Hindari gadget

    Halangan terbesar mahasiswa saat ini untuk bisa belajar adalah gadget. Memang dengan terus menerus main gadget, maka mood belajar bisa semakin turun karena yang diinginkan hanya scrolling di sosmed. Untuk itu, cobalah untuk hindari gadget selama kalian belajar karena bisa menjadi distraction. Kalau perlu, atur gadget-mu dengan airplane mode supaya tidak akan ada notif yang masuk dan berpotensi membuyarkan fokus. Jika kamu membutuhkan gadget untuk mencari referensi belajar, boleh saja digunakan. Tapi harus tetap diingat untuk tidak mudah tergoda dan malah membuka sosial media.

    Tidak lupa untuk break sebentar

    Bila kamu ada di kondisi di mana mood belajar masih menurun karena ada masalah yang terjadi, tidak apa-apa untuk break sebentar. Begitupun jika kamu merasa penat saat terus menerus belajar. Tidak ada salahnya untuk break untuk mengistirahatkan diri daripada memaksakan belajar non stop. Takutnya kalau dipaksakan malah jadi tidak efektif dan tidak ada materi yang bisa dipahami. Saat break ini, cobalah untuk menggerakkan badan, nonton YouTube sebentar, atau main game. Tapi ingat untuk memberi batasan supaya tidak keterusan break belajarnya.

    Janjikan reward diri setelah belajar

    Sebenarnya, mood belajar menurun bisa dikarenakan tidak ada yang memotivasi kamu untuk belajar. Maka dari itu, salah satu trik untuk mengatasinya adalah dengan janji memberi reward untuk diri sendiri. Sebelum mulai belajar, tentukan dulu target belajarmu juga reward apa yang akan didapat. Dengan begitu, ini bisa meningkatkan mood dan menjadi motivasi kamu untuk bisa cepat selesai belajar. Reward ini tidak perlu yang mahal atau ribet, bisa hanya dengan lanjut nonton series yang sedang ditonton atau pesan kopi lewat online.

    Bisa dibaca: 5 Rekomendasi Self Reward yang Hemat Untuk Mahasiswa

    Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan mood belajar. Hal yang perlu diketahui adalah mood yang turun berbeda dengan rasa malas. Mood belajar yang buruk bisa disiasati untuk ditingkatkan, tapi rasa malas adalah hambatan yang muncul dari dalam diri. Semoga trik ini bisa membantumu supaya dalam belajar bisa terus lancar.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri