Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

6 Tempat Belajar Anti Bosan Sebagai Rekomendasi Untuk Mahasiswa

2022-03-21

Daftar isi

    Salah satu faktor yang bisa menunjang konsentrasi mahasiswa saat belajar adalah tempat belajar. Ada mahasiswa yang butuh tempat kondusif untuk bisa fokus, ada juga yang ingin dikelilingi banyak orang agar tidak merasa sendiri. Dikarenakan adanya pandemi, sudah lebih dari 2 tahun mahasiswa diharuskan belajar jarak jauh di rumah masing-masing. Hal ini kemudian membuat mahasiswa bisa cepat merasa bosan dan bisa berujung pada kurangnya semangat untuk belajar.

    Selama masa pembelajaran jarak jauh, penting bagi pelajar untuk memastikan tempat belajar menjadi kondusif serta memiliki pencahayaan yang bagus. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih fokus. Maka dari itu, terdapat anjuran untuk tidak belajar di kamar atau ruang tidur yang berakibat bisa menjadikan kamu merasa terlalu nyaman bahkan mudah mengantuk, sehingga bisa saja kamu tertidur kembali. Belajar dalam suasana baru mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah ini, untuk itu, kamu bisa simak rekomendasi tempat belajar berikut.

    Halaman atau Balkon Rumah

    Bila kamu suntuk terus belajar di dalam kamar tapi terlalu malas untuk pergi ke luar rumah, cobalah untuk mengeksplor ruangan yang ada di rumahmu. Tidak perlu repot mencari tempat outdoor, kamu bisa juga belajar di halaman atau balkon rumah. Sudah pasti kamu akan merasakan suasana yang berbeda kalau belajar di dua tempat ini, karena kamu bisa menghirup udara segar langsung dari sekitar dan bisa refresh pikiranmu yang mungkin saja stuck karena suasana kamar yang begitu-begitu saja.

    Rumah Teman

    Source: Pexels.com/Ketut Subiyanto

    Saat kamu mulai merasa bosan dengan suasana rumah dan interaksi yang terbatas hanya dengan keluarga, mungkin kamu bisa mencoba untuk belajar bersama di rumah temanmu. Sudah pasti kamu akan merasakan suasana baru, ditambah teman belajar yang bisa diajak berdiskusi dan saling membantu. Bukan hanya bisa lebih fokus, tapi dengan adanya teman belajar bersama juga bisa meningkatkan mood menjadi lebih bagus. Tapi harus diingat bahwa kamu tidak bisa terus menerus ke rumah temanmu, akan lebih baik jika kalian bergantian tempat, misalnya minggu ini di rumahmu dan minggu berikutnya di rumah temanmu.

    Bisa baca juga: 10 Perpustakaan Online Gratis Buat Cari Referensi Makalah dan Skripsi Mahasiswa

    Cafe

    Tempat rekomendasi yang bisa menjadi pilihan untuk mahasiswa yang coffee addict adalah cafe. Kamu bisa pergi sendiri ke cafe atau bersama dengan temanmu. Pilihlah cafe yang tidak terlalu ramai supaya kamu bisa tetap bisa fokus. Pastikan juga cafe yang kamu datangi punya akses wifi untuk pelanggan, supaya kamu bisa mencari berbagai informasi yang kamu butuhkan untuk bahan belajar atau tugas. Mungkin saja belajar sambil ngopi di cafe bisa menjadi cara untuk mengatasi kebosanan di rumah.

    Perpustakaan

    Source: Pexels.com/Mikhail Nilov

    Bagi mahasiswa, tentu perpustakaan merupakan tempat yang muncul dalam pikiran saat ingin mencari tempat cocok untuk belajar. Perpustakaan memang merupakan tempat ideal untuk belajar karena suasananya yang tenang, banyaknya buku yang bisa menjadi referensi, ditambah akses wifi gratis yang semakin membantu. Kalau perpustakaan yang ada di kampusmu masih belum beroperasi, kamu bisa mengunjungi Perpusnas atau Perpustakaan Nasional yang ada di Jakarta Pusat. Setelah selesai belajar di sana, pulangnya kamu bisa pergi jalan-jalan sebentar untuk refreshing sehabis belajar.

    Taman

    Tempat selanjutnya yang bisa kamu coba untuk belajar adalah taman. Kadang, saat kamu merasa suntuk dan bosan, pergi ke tempat yang dikelilingi dengan alam seperti pohon dan rumput bisa menjadi alternatif pilihan. Kamu dapat mengunjungi taman umum yang ada di dekat rumahmu atau pergi ke taman kota. Bisa saja dengan adanya udara sejuk dan suasana yang berbeda membuat kamu lebih relax dan santai sehingga tingkat konsentrasimu meningkat.

    Bisa dicek juga: Tips Bagi Mahasiswa Akhir Ketika Mengalami Burnout Saat Membuat Skripsi

    Co-working Space

    Bagi kamu yang ingin antimainstream, mungkin belajar di coworking space bisa menjadi pilihan. Coworking space, sengaja dibuat untuk orang-orang yang ingin bekerja atau belajar di luar rumah dengan suasana yang tenang dan kondusif. Bila kamu tertarik, harus diingat bahwa untuk belajar di sini, kamu perlu membayar sewa ruangan dengan jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan. Kalau kamu ingin belajar sambil mencari tahu rasanya suasana kantor, tempat ini bisa cocok untukmu.

    Itulah tempat yang bisa menjadi rekomendasi untuk belajar. Jika memang suasana rumah yang membosankan membuat motivasi belajar turun, tidak ada salahnya untuk mencoba tempat-tempat ini. Harus diingat bahwa jika kamu memilih untuk belajar di luar rumah, kamu harus tetap menerapkan prokes yang sudah ditetapkan pemerintah. Mau di mana pun kamu belajar, yang terpenting adalah niat dan kemauan yang tinggi. Semoga rekomendasi ini bisa membantu kamu meningkatkan motivasi belajar ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri