Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Peran Product Manager dalam Product Management

2022-10-24

Daftar isi

    Saat ini banyak perusahaan menjadikan Product Manager sebagai salah satu ranah pekerjaan yang mulai banyak dicari. Dengan semakin sengitnya persaingan para perusahaan dan pebisnis mulai mencari-cari strategi terbaik untuk memenangkan persaingan. Salah satu strateginya yaitu menggunakan Product Management untuk mengembangankan produk-produknnya agar lebih relevan dan tak ketinggalan zaman.

    Apakah kamu berkeinginan menjalani karir di bidang Product Manager? Skill apa saja yang diperlukan jika ingin menjadi salah satu Product Manager? Mari simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam tentang peran product manager dalam product management.

    Apa Itu Product Manager?

    Sebelum mengetahui lebih dalam tentang peran product manager dalam product management, akan lebih baik untuk paham apa itu product manager terlebih dahulu. Product Manager adalah profesi yang bertanggung jawab dalam merencanakan dan juga mengembangkan sebuah produk.

    Seorang Product Manager dapat mengelola produk dan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk tertentu. Mulai dari proses penyusunan konsep, pelaksanaan ide, operasional produk, harga produk, serta bagaimana pengembangan produk tersebut kedepannya.

    Konsumen selalu membutuhkan produk, dan produk tersebut haruslah relevan dengan zaman. Tanpa produk baru dan inovatif, masalah yang ada tidak akan terpecahkan dan potensi pun tidak dapat dimanfaatkan.

    Seorang Product Manager harus menyusun strategi, merencanakan, mengelola, dan juga mengarahkan bisnis kamu agar terus berkembang. Menjadi seorang Product manager harus bisa mengoptimalkan penjualan guna mendapatkan untuk sebesar-besarnya.

    Peran Product Manager

    Seorang Product manager memiliki tanggung jawab dan tugas yang berbeda-beda tergantung dengan industri perusahaannya.

    Agar dapat memahami product manager, yuk pahami peran product manager juga menurut Brent Tworetzky seorang Product Manager Professional.

    1. Strategi, seorang Product Manager harus mampu mendefinisikan strategi untuk kemajuan produk, dan juga dapat mengatur arah dan perencanaan bisnis sebuah produk.
    2. Eksekusi, harus memahami teknologi, namun tidak harus ahli setidaknya seorang Product Manager dapat memahami konteks dari produk yang sedang dikembangkan.
    3. Pemahaman Pengguna, kamu akan mulai mendapat empati dan mampu merasakan apa yang dirasakan oleh pengguna.

    Skill Product Manager

    Setelah mengetahui apa saja peran product manager dalam product management, hal yang tak kalah penting untuk diketahui yaitu skill product manager. Menjadi seorang Product Manager harus dapat bekerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai tim yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama. Oleh sebab itu, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Product Manager harus memiliki kemampuan sebagai berikut:

    1. Komunikasi

    Product Manager dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya harus bekerjasama dengan tim yang berbeda, maka dari itu seorang Product Manager harus memiliki skill komunikasi agar dapat menyampaikan dan berkoordinasi dengan banyak orang. Mulai dari tim sampai ke stakeholder.

    2. Kepemimpinan

    Menjadi seorang Manager berarti menjadi seorang atasan, dan seorang atasan harus memiliki jika kepemimpinan. Dengan memiliki jiwa kepemimpinan maka akan lebih mudah juga untuk kamu dalam mengarahkan tim agar tetap menjalankan tugas yang sesuai dengan visi dan juga misi perusahaan.

    3. Riset dan Analisis

    Dengan memiliki tugas untuk merencanakan dan mengembangkan suatu produk. Maka seorang Product Manager perlu melakukan riset dan melihat perkembangan yang sedang terjadi di pasaran. Dengan memiliki kemampuan ini maka anda tidak akan menemui kesulitan dalam membuat produk dan juga pengembangan sebuah produk

    4. Berpikir Kritis dan Strategis

    Pemikiran kritis dan strategis harus dimiliki oleh seorang Product Manager. Banyak yang harus kamu pikirkan terkait tugas dan juga tanggung jawab Product Manager. Product Manager harus bekerja secara hati-hati dari awal menentukan strategi yang akan dibuat dari awal hingga akhir strategi.

    5. User Experience

    Tidak hanya melakukan riset di pasar saja, seorang Product Manager sebisa mungkin harus bisa dekat dengan user dan juga pengguna (customer). Tugas seorang Product Manager tidak berhenti saat produk diterima oleh pengguna, tetapi ia harus mengumpulkan ulasan dan juga timbal balik dari pengguna setelah menggunakan produk atau layanan. Hal itu dilakukan supaya para pengguna tetap loyal dengan produk yang sudah dibuat.

    Tugas Product Manager

    Selanjutnya, hal yang tak kalah pentingnya dari peran product manager dalam product management adalah apa saja tugas-tugasnya. Tugas seorang Product Manager terbilang tidak mudah, dikarenakan seorang Product Manager harus memahami keseluruhan perusahaan sehingga bisa memahami produk yang ditawarkan kepada pengguna dengan baik.

    Dalam rencana pemasaran produk seorang Product Manager harus memahami target pasar dengan lebih baik agar tidak terjadi salah sasaran. Untuk lebih tepatnya, simak penjelasan dibawah ini tentang tugas-tugas seorang produk manager

    • Menerjemahkan produk dengan benar, menjadi penerjemah visi perusahaan ke dalam produk yang dibuat.
    • Meninjau jadwal untuk membuat keputusan sesuai kebutuhan persediaan/stock, kebutuhan pekerja, prosedur kerja, dan tugas-tugas lainnya karena keterbatasan anggaran dan waktu.
    • Berkolaborasi dengan tim lain untuk mengembangkan produk.
    • Berkoordinasi dengan para stakeholders dan memberikan fitur yang bermanfaat untuk klien.
    • Mengarahkan produksi, pengolahan, distribusi, atau kegiatan pemasaran organisasi/perusahaan.
    • Mengembangkan quality control terhadap barang produksi.
    • Menganalisis, mengontrol, memelihara, dan membuat laporan operasional produksi.
    • Menyelesaikan masalah produksi mulai dari eksekusi ide sampai operasional produk.
    • Mengevaluasi pekerja serta mengatasi keluhan pekerja.

    Prospek Kerja

    Selain peran product manager dalam product management, yang tidak boleh terlewat yaitu prospek kerjanya. Posisi product manager ada karena suatu industri atau perusahaan akan atau sedang menciptakan produk. Dengan begini, dalam suatu perusahaan bisa memiliki lebih dari satu Product Manager, tergantung banyaknya produk yang akan diciptakan maupun yang sedang dikembangkan. Berikut adalah jenjang karir yang terkait dengan posisi product manager.

    1. Associate Product Manager

    Ini adalah posisi awal seorang Product Manager dalam memulai karirnya, di posisi ini seorang Product Manager biasanya menangani satu atau beberapa sub produk yang sedang diciptakan maupun dikembangkan.

    2. Product Manager

    Posisi Product Manager akan bertanggung jawab pada satu produk perusahaan dari awal riset pasar hingga berkolaborasi dalam memasarkan produk.

    3. Senior Product Manager

    Peran seorang Senior Product Manager tidak lagi bertanggung jawab dalam menciptakan suatu produk tetapi menjadi supervisor atas semua produk yang sedang diciptakan dan juga dikembangkan dalam suatu perusahaan. Seorang Product Manager juga harus mempunyai target produk yang harus diciptakan supaya perusahaan tetap berinovasi dan memperluas target marketnya.

    Gaji Product Manager

    Dikarenakan peran serta tanggung jawab seorang Product Manager terbilang sulit dan juga penting dalam perkembangan suatu perusahaan maka gaji yang akan kamu terima pun tergolong tinggi. Biasanya, rentang gaji Product Manager adalah Rp 8.000.000 - Rp 20.000.000. Namun, gaji tersebut tergantung dari revenue perusahaan, semakin besar suatu perusahaan semakin besar juga gaji yang dapat kamu terima.

    Rekomendasi Kursus untuk jadi Product Manager Handal

    Jika kamu sudah sangat tertarik untuk mengikuti kursus bootcamp product manager, berikut adalah rekomendasi kursus bootcamp product manager yang sudah bekerja sama dengan Danacita.

    1. RevoU

    RevoU adalah lembaga pendidikan teknologi yang berfokus pada pendidikan & pelatihan kompetensi digital. RevoU berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang bertalenta serta kompeten di bidangnya masing-masing.

    Kursus atau bootcamp yang diadakan oleh RevoU biasanya berdurasi kurang lebih 3 bulan, dan dilanjutkan dengan program pelatihan dan pendampingan pencarian kerja selama 3 bulan. Seluruh program pendidikan RevoU diadakan secara online yang memungkinkan pelajar untuk belajar dengan nyaman dari rumah.

    2. Dibimbing

    Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran dan persiapan karir teknologi digital yang tepat untuk kamu. Lebih dari satu tahun berdiri, Dibimbing.id telah membantu dan mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karier impiannya dibidang teknologi digital. Selama 16 minggu, kamu akan dibimbing untuk menguasai product management secara lengkap dengan kurikulum yang komprehensif selama 16 minggu.

    3. Rakamin

    Rakamin Academy adalah sebuah platform pelatihan yang dikhususkan untuk kamu yang ingin membangun dan melakukan akselerasi karir di bidang teknologi melalui pendidikan terintegrasi. Bukan hanya sekedar platform pelatihan lho, Rakamin Academy adalah end-to-end career development platform di mana Rakamin Academy juga memberikan layanan yang lengkap mulai dari assessment psikologis, assessment teknikal, pelatihan intensif, bimbingan dan konsultasi karir intensif, program peningkatan portofolio, magang virtual, hingga penyaluran kerja pastinya.

    4. Apiary Academy

    Apiary adalah sebuah solusi ekosistem bisnis yang membantu orang untuk memulai dan tumbuh dalam karir mereka berdasarkan 3 pilar. Yaitu: Belajar, Solusi bisnis, dan Komunitas.

    Dengan pengalaman dan koneksi yang ada, Apiary Academy menyediakan program training dan kursus tentang skill di dunia digital. Baik itu perorangan maupun perusahaan dimanapun mereka berada. Apiary Academy mempunyai misi untuk mempersenjatai jutaan orang di Indonesia dengan skill dan pemikiran yang terus berkembang.


    Baca juga: Apiary Academy: Info Terbaru Biaya Bootcamp 2022


    Capai Impian Menjadi Product Manager dengan Danacita

    Itu dia penjelasan tentang Product Manager, mulai dari pengertian, hingga peran product manager dalam product management. Supaya bisa lebih fokus dalam mengejar karir, jangan sampai kendala biaya menjadi penghambat. Untungnya, rekomendasi lembaga kursus Product Manager di atas dan Danacita telah bekerjasama dalam hal pembiayaan pendidikan pelajar. Jadi, bagi kamu yang kesulitan karena urusan biaya, bisa menggunakan Danacita sebagai solusinya.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Jika kamu tertarik untuk menjadi product manager handal, kamu bisa langsung daftar menggunakan Danacita dan biayanya bisa lebih ringan karena bayarnya bisa dicicil mulai dari 6 hingga 24 bulan. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari masa kerja dan kamu tidak dibebani DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya.

    Selain dengan lembaga kursus yang sudah dipaparkan sebelumnya, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal. Dengan begitu, Danacita sudah pasti aman dan terjamin. Bila kamu tertarik untuk mengajukan, bisa cek info selengkapnya di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!