Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Program Studi Sastra Inggris: Belajar Apa Aja Sih? Prospek Kerja Setelah Lulus? Cek Disni

2022-01-26

BlogBanner_English.png

Daftar isi

    Jaman sekarang bahasa inggris tentu sangat penting dan berguna, terlebih lagi hampir semua perusahaan memberikan persyaratan yang mengharuskan pegawainya bisa dalam berbahasa inggris.

    Program Studi sastra Inggris menjadi salah satu solusi untuk hal tersebut. Memang terkadang lulusan dari Program Studi sastra Inggris sering dipandang sebelah mata oleh orang-orang, padahal Program Studi sastra inggris sangat spesial loh.

    Program studi sastra Inggris memiliki banyak manfaat, baik dalam keseharian maupun dunia kerja. Bisa menjadi aset juga di masa depan, karena bahasa inggris menjadi bahasa universal.

    Sastra inggris mempelajari bahasa inggris dari sisi kebahasaan atau linguistik dan secara mendalam, seperti speaking, writing, listening, dan reading.

    Selain itu, akan membahas lebih dalam budaya inggris dan amerika. Jika kamu memang suka dan berminat untuk belajar bahasa, kamu bisa nih melanjutkan studi di Program Studi sastra inggris.

    Berikut informasi lengkap mengenai Program Studi sastra inggris.

    Program Studi Sastra Inggris

    Program Studi sastra inggris merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang isi, ciri artistik, estetika, keaslian, serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra inggris.

    Dan juga kemampuan membaca, berbicara, serta memahami isi tulisan memang sangat diperlukan dalam proses belajar dalam Program Studi sastra Inggris.

    Program studi sastra Inggris tidak hanya mempelajari bidang bahasa, namun juga akan memperkenalkan kamu pada sejarah peradaban dunia. Hal ini tentu saja membuat kamu jadi memiliki wawasan yang lebih luas lagi.

    Mempelajari bahasa inggris memang tidak mengharuskan kamu untuk kuliah dalam Program Studi sastra Inggris, bisa saja mengikuti kursus bahasa inggris untuk waktu yang lebih singkat.

    Namun jika kamu ingin memperdalam dan mempelajari lebih luas lagi, maka kamu harus melanjutkan kuliah Program Studi sastra inggris.

    Kamu juga akan lebih cermat dalam menganalisis berbagai hasil karya sastra yang berbahasa inggris.

    Mata Kuliah Program Studi Sastra Inggris

    Mengambil langkah untuk memilih Program Studi sastra inggris, akan mengajak kamu untuk mempelajari semua tentang karya tulis, yang berbentuk seperti novel, naskah, puisi, hingga drama yang memang dibungkus dalam bahasa inggris.

    Selain itu, apa saja sih mata kuliah yang akan dipelajari di Program Studi sastra inggris?

    Berikut beberapa mata kuliah yang harus kamu tempuh untuk mendapatkan gelar sastra, yakni:

    • Bahasa Inggris, ilmu ini tentu menjadi hal paling utama yang harus dipelajari dalam Program Studi sastra Inggris.
    • Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris dalam Program Studi sastra Inggris adalah ilmu yang menjelaskan aspek bunyi fisik, bagaimana bunyi dihasilkan dan dipersepsi. Serta menjelaskan pembentukan fonem dalam bahasa tertentu. Kegiatan pembelajaran biasanya dilakukan secara individual dan diskusi perkelompok.
    • Morfologi Bahasa Inggris di Program Studi sastra Inggris adalah ilmu yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapasitas pembelajar untuk mengkonstruksi struktur kata-kata bahasa inggris.
    • Sintaksis Bahasa Inggris di Program Studi sastra Inggris adalah mata kuliah ini bertujuan untuk membangun dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa untuk mengkonstruksi kalimat bahasa Inggris. Mengembangkan kalimat dasar, kata benda dan kata ganti.
    • Pengkajian Prosa Inggris di Program Studi sastra Inggris adalah pengkajian Drama Inggris, Pengkajian Puisi Inggris.

    Kompetensi Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris

    Berikut adalah kompetensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa program studi sastra Inggris:

    • Kemampuan untuk menguasai keterampilan dasar Bahasa Inggris (Reading, Speaking, Writing, Listening) dengan baik
    • Kemampuan untuk menganalisis dan menafsirkan setiap fenomena yang berhubungan dengan bidang sastra, budaya  dan bahasa Inggris
    • Kemampuan untuk menerapkan dasar-dasar penelitian dalam bidang sastra, budaya dan bahasa Inggris

    Prospek Kerja Program Studi Sastra Inggris

    Mahasiswa lulusan Program Studi sastra inggris memang dikenal umum akan bekerja menjadi penerjemah saja. Namun jangan salah ternyata ada banyak pekerjaan yang bisa didapatkan oleh mahasiswa lulusan Program Studi sastra inggris, yakni:

    1. Penerjemah, bertugas untuk menerjemahkan bahasa inggris ke dalam bahasa lainnya atau juga sebaliknya.
    2. Interpreter, pekerjaan ini juga hampir sama dengan penerjemah. Namun kalau interpreter menerjemahkan melalui lisan.
    3. Freelance writer, memiliki tugas untuk menulis sebuah tulisan baik dalam media cetak maupun online.
    4. Dosen atau pengajar, pekerjaan ini cocok buat kamu yang suka berinteraksi dengan orang lain. Mengajarkan bahasa inggris ke siswa atau mahasiswa.
    5. Diplomat, seseorang yang mewakili suatu negara untuk melakukan diplomasi dan harus mampu melakukan negosiasi yang terbaik.
    6. Tour guide, pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang suka berpergian. Menjadi pemandu wisata untuk orang asing.

    Alasan Harus Masuk Program Studi Sastra Inggris

    Selain karena prospek kerjanya yang luas, untuk melanjutkan studi dalam Program Studi sastra Inggris juga tentu perlu alasan yang lebih mendalam lagi. Hal ini tentu menjadi tolak ukur, supaya makin yakin untuk memasuki Program Studi sastra Inggris.

    Berikut beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih kuliah Program Studi sastra inggris.

    Setiap orang tentu saja ingin memiliki wawasan yang luas, dengan kuliah di Program Studi sastra Inggris kamu tentu akan mendapatkan wawasan lebih luas mengenai budaya asing. Bisa meningkatkan kepercayaan diri juga. Selain itu, bahasa inggris bisa dijadikan aset di kehidupannya loh. Memungkinkan kamu untuk bekerja di berbagai negeri serta akan mudah dalam menyerap informasi, karena banyak sekali yang menggunakan bahasa inggris di dalam dunia digital.

    Rekomendasi universitas dengan Program Studi sastra inggris terbaik

    Masih bingung memilih universitas apa yang ingin kamu jadikan sebagai kelanjutan pendidikanmu? Tenang! Danacita punya rekomendasi universitas dengan Program Studi sastra inggris terbaik. Diantaranya adalah:

    Sampoerna University

    Ya, Sampoerna University adalah universitas yang cocok untuk kamu yang ingin melanjutkan ke Program Studi sastra inggris. Sistem belajar di Sampoerna University menggunakan sistem belajar yang sama dengan Amerika. Dimana metode pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematic). Disini kamu juga akan bisa mendapatkan double degree, dimana kamu akan bisa mendapatkan 2 gelar yaitu gelar dari Sampoerna University, dan juga dari University of Arizona


    Baca juga: Informasi terbaru PMB Sampoerna University 2022/2023


    Universitas Bina Sarana Informatika

    Siapa yang tidak tahu UBSI? Ya, kampus yang memiliki slogan ‘kuliah? BSI aja’ ini adalah salah satu kampus yang memiliki Program Studi sastra bahasa inggris terbaik lho. Selain kamu dipersiapkan untuk dunia kerja, kamu juga tidak perlu repot dalam transportasi. Karena di UBSI memiliki banyak kampus yang tersebar di berbagai daerah, jadi bisa lebih enak deh dalam berkuliah.


    Baca juga: Informasi terbaru PMB Universitas Bina Sarana Informatika 2022/2023


    Gelar untuk Program Studi Sastra Inggris

    Kamu akan mendapatkan gelar ini setelah menyelesaikan studi di Program Studi sastra inggris, yakni:

    S.S atau S. Hum. SS. Atau SHum.

    Nah gimana? semakin yakin kan ingin lanjut studi di Program Studi sastra inggris? atau masih bingung karena biaya pendidikan?

    Tenang aja, Danacita bisa bantu kamu untuk meringankan biaya pendidikan tinggi yang kamu impikan.

    Dengan mengajukan pembiayaan melalui Danacita, kamu jadi bisa mencicil biaya perkuliahan. Yuk! Daftar sekarang.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo