Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Programmer: Pilihan Career Shifting di Masa Depan

2022-10-21

alasan-swith-career-ke-programmer

Source: pexels

Sudah menjadi rahasia umum jika programer merupakan salah satu profesi yang paling populer dan dibutuhkan di era digital saat ini. Tak heran jika banyak calon mahasiswa yang akhirnya berlomba-lomba untuk memilih masuk ke jurusan IT saat ingin melanjutkan kuliah. Bahkan tak sedikit juga orang yang sudah memiliki profesi dan berkarir cukup lama di bidang lain kemudian memutuskan untuk shifting career menjadi programmer karena prospek karir untuk masa depan sangat cemerlang.

Apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang ingin shifting career menjadi programer? Kamu sangat tepat membaca artikel ini. Karena di sini kita akan membahas seberapa besar peluang karir menjadi programer di masa depan, apa saja skill yang harus kamu miliki, dan bagaimana memulai career shifting kamu menjadi seorang programmer?

Apa itu Programming?

Sebelum lebih jauh mengenal apa itu profesi programer, ada baiknya kita kenalan dulu dengan programing itu sendiri. Sebenarnya, ada banyak pengertian programing yang berkembang di industri IT. Namun secara sederhana programing adalah sebuah cara untuk memberikan ”seperangkat instruksi” kepada komputer agar dapat melakukan berbagai tugas.

Bagaimana instruksi ini dimengerti oleh sebuah komputer? Sama seperti halnya manusia yang dapat mengerti berbagai bahasa, begitupun dengan komputer. Komputer memahami instruksi yang ditulis dalam bentuk sintaksis tertentu yang disebut bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini memiliki berbagai jenis, seperti Structured Query Language (SQL), Perl, Extensible Markup Language (XML), PHP, HTML, C, C++, Java, dan lain sebagainya.

Untuk memahami bahasa pemrograman, setidaknya ada 3 konsep struktur logis dasar yang harus dipahami, yaitu:

  • Sequence atau bagaimana menjalankan instruksi secara berurutan
  • Selection atau membuat pilihan
  • Repetition, melakukan hal yang sama lebih dari sekali, atau biasa disebut juga iterasi

Apa itu Profesi Programmer?

Kamu sudah memahami sedikit tentang apa itu programing. Secara tidak langsung kamu juga akan paham tentang apa itu programer. Yup! programer adalah seseorang yang bertanggung jawab dan bertugas untuk memberikan satu set instruksi ke komputer untuk mengeksekusi perintah yang diinginkan. Dengan kata lain, seorang programer membuat perangkat lunak atau aplikasi komputer dengan memberikan instruksi pemrograman khusus komputer

Sebagian besar programmer memiliki latar belakang computing dan coding yang luas di berbagai bahasa dan platform pemrograman. Tak sampai di situ, seorang programmer juga dapat memiliki spesialisasi dalam satu atau lebih bidang computing. Misalnya database, cyber security, atau software/ firmware/ mobile/ web developer. Orang-orang inilah yang akhirnya memiliki peranan penting dalam perkembangan teknologi komputer dan bidang computing.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Programmer yang Wajib Kamu Tonton

Kenapa Kamu Harus Beralih Menjadi Programer?

1. Meningkatkan Berbagai Softskill

Menjadi seorang programer, kamu tidak hanya dituntut untuk menguasai berbagai bahasa pemrograman sebagai hard skill kamu. Namun kamu juga akan dituntut untuk menguasai dan meningkat berbagai kemampuan soft skill kamu. Seperti kreativitas, berpikir kritis, kemampuan menalar, dan keterampilan memecahkan masalah. Hal ini karena programer bertanggung jawab untuk mengembangkan cara-cara baru agar dapat memecahkan masalah, yang pada dasarnya membutuhkan kemampuan untuk "out of the box" untuk mengembangkan solusi.

2. Membuka Peluang Karir yang Lebih Luas

Hampir setiap perusahaan membutuhkan programmer pada tingkat tertentu, mulai dari menulis kode, mengotomatisasi proses tertentu, hingga mengembangkan produk dan solusi baru. Selain itu, programmer memiliki lebih banyak peluang telecommuting dan waktu fleksibel daripada karier lainnya. Hal ini menjadikan kamu akan memiliki peluang karir yang lebih luas dibanding sebelumnya.

3. Sangat Dibutuhkan oleh Berbagai Industri

Tidak seperti bidang karir lain di mana permintaan dapat dengan cepat mengering ketika kondisi ekonomi yang buruk, menjadi programer akan selalu memberikan beragam pilihan pekerjaan untuk kamu. Sebab industri saat ini sangat membutuhkan programer untuk mengembangkan bisnisnya.

4. Tawaran Gaji yang Besar

Profesi seorang programer adalah satu dari sedikit pekerjaan digital dan IT yang menawarkan gaji yang besar. Di Indonesia saja, gaji seorang programer mulai dari 8+ juta untuk fresh graduate. Ketika sudah berpengalaman, kamu bisa mendapatkan haji belasan hingga puluhan juta perbulan. Selain itu, kamu juga dapat bekerja untuk perusahaan tertentu, berdasarkan kontrak, atau sebagai pekerja lepas yang mengerjakan beberapa proyek untuk beberapa organisasi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Channel Youtube Programming Terbaik

5. Mudah Dipelajari

Belajar programing dan menjadi seorang programer tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang berkuliah di jurusan komputer atau IT. kamu bisa mempelajarinya dengan sangat mudah lewat berbagai tempat kursus yang terjamin. Apa saja itu?

Baca juga: Informasi dan Biaya Kursus Programming Terbaru di OneTwoCode Tahun 2022

Rekomendasi Tempat Kursus Menjadi Programer Handal

1. Hacktiv8

Hacktiv8 merupakan sebuah tempat kursus pemrograman yang bertujuan mengubah pengembang teknologi pemula menjadi pengembang teknologi yang siap kerja. Sejak berdiri pada 2016, Hacktiv8 telah membantu 1450+ lulusan mendapat pekerjaan yang bisa diakses secara transparan melalui Council on Integrity in Results Reporting (CIRR). Dalam perjalanannya, Hacktiv8 selalu berusaha untuk menciptakan lembaga pendidikan yang transparan kepada para calon siswa, mudah diakses dan mengacu pada hasil belajar.

Berikut manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti kelas programer di Hacktiv8:

  • Relevant skill set

Kurikulum di Hacktiv8 dibuat dan selalu disesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi masa kini.

  • Growth mindset

Kamu akan selalu dibimbing dan dituntut memiliki Growth Mindset yang berguna untuk peningkatan karir di masa depan.

  • Coding bootcamp

Kamu akan difokuskan untuk belajar menjadi programer yang handal dan dibutuhkan oleh berbagai industri.

  • Hiring partner

Hacktiv8 telah bekerjasama dengan lebih dari 350 Hiring Partner yang siap merekrut kamu ketika lulus dari bootcamp programer.

Informasi selengkapnya silahkan klik di sini.

2. Course-Net

Course-Net adalah lembaga pendidikan teknologi informasi, yang memiliki pengajar (coach) kelas dunia. Course-Net menjadi satu-satunya tempat pelatihan IT di Indonesia yang memenangkan 3 penghargaan Internasional dalam 3 Tahun berturut-turut yaitu ECC Global Award Atlanta USA,tahun 2019, The Most Impactful IT Coaching 2020 dan EC-Council ATC Circle of Excellence 2021.

Di sini, kamu tidak hanya dilatih, tetapi juga di-coaching, dimentoring, dan dibagikan hal yang sifatnya best practice real di dunia pekerjaan. Sharing knowledge dan experience menjadi hal yang utama selama coaching di Course-Net.

Informasi selengkapnya silahkan klik di sini.

Baca juga: 4 Rekomendasi Bootcamp Web Development 2022

Saatnya Menjadi Programmer Handal Bersama Danacita

Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan. Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia.

Saat ini Danacita telah bekerjasama dengan Hacktiv8 dan Course-Net untuk mewujudkan mimpi kamu belajar programing dengan kemudahan biaya lewat cicilan. Terdapat pilihan cicilan 6 bulan hingga 24 bulan yang bisa kamu pilih.

Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Simak penjelasan biaya cicilan untuk bootcamp Hactiv8 di sini dan Course-Net di sini!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!