Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Hai Teman-teman SMK, kamu bisa jadi programmer handal lho! Yuk cek rekomendasi bootcamp coding disini!

2022-03-30

BlogBanner-CodingBootcamp.jpg

Daftar isi

    Coding menjadi salah satu skill yang paling dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Berbagai profesi yang menggunakan skill ini juga semakin merebak, antara lain: software application developer, web developer, video game developer, data scientist, software quality assurance engineer, computer systems engineer, business intelligence, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan, kurikulum sekolah menengah kejuruan hingga kursus coding untuk SMA juga sudah dapat kita jumpai dimana saja lho di Indonesia.

    Lalu, apa sih yang disebut dengan coding? Secara umum, coding merupakan kegiatan yang melibatkan proses pembuatan perintah ke program komputer melalui bahasa khusus pemrograman. Beberapa yang terpopuler diantaranya JavaScript, HTML, CSS, Python, Java, C++, Ruby, dan PHP. Meski tampak mengintimidasi, coding bisa jadi hal yang seru lho. Selain itu, kepuasan yang didapat ketika kita berhasil membuat suatu proyek dari nol dengan coding benar-benar tidak dapat diutarakan.

    Pas banget bagi sobat Danacita yang baru saja lulus di bangku sekolah menengah! Ingin meningkatkan skill sekaligus mencari prospek karir yang lebih menjanjikan di bidang ini? Simak rekomendasi bootcamp coding untuk lulusan SMK di bawah ya.

    Baca juga: Cari Tahu Biaya Kursus Terbaru di Juara Coding, Ada Opsi Cicilan!

    Alterra Academy

    Cari rekomendasi bootcamp coding untuk lulusan SMK dan SMA dengan paket komplit? Sudah kenal belum dengan Alterra Academy? Didirikan di tahun 2018, Alterra Academy merupakan coding bootcamp untuk berbagai kalangan dengan background IT maupun non-IT di Indonesia. 3 program unggulan Alterra Academy meliputi:

    Immersive Program

    Sangat cocok diikuti pemula yang ingin akselerasi karir menjadi seorang Software Engineer dalam kurun waktu 3 bulan. Terdapat pilihan 3 kelas yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhanmu yaitu: frontend engineering, backend engineering, atau quality assurance engineering. Menariknya, biaya Program Immersive ini bisa dibayar dimuka maupun setelah kamu mendapatkan pekerjaan. Tidak hanya terpaku pada pengembangan skill, kamu juga dibantu dalam mempersiapkan karir dan bahkan bergabung di lebih dari 160+ mitra Alterra Academy.

    Advancing Career Program

    Ini pilihan sempurna sebagai bootcamp coding untuk lulusan SMK IT namun masih terjebak di level junior. Disini, kamu akan meningkatkan skill IT lebih mutakhir dengan kurikulum terkini untuk memperbesar kesempatan masuk perusahaan impian kamu. Adapun program upskill yang dapat kamu pilih adalah back-end engineer class atau front-end engineer class yang diadakan dengan media daring. Tidak seperti Program Immersive, untuk mendaftar kelas yang satu ini kamu harus mengikuti seleksi. Maka dari itu, kamu setidaknya harus memiliki 1 tahun pengalaman dalam industri programmer.

    ALTA.id Blended Learning

    Platform yang dirancang khusus untuk kamu yang ingin menguasai berbagai ilmu terkait coding dan materi lainnya dengan sistem kelas hybrid yang fleksibel. Ada kelas fundamental, mastering, dan live workshops juga lho!


    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Kursus Alterra Academy 2022


    Digital Skola

    Menyadari ketidakselarasan kompetensi talenta digital Indonesia dengan yang dibutuhkan berbagai perusahaan di jaman sekarang, Digital Skola hadir untuk menyediakan solusi terbaik bagi permasalahan tersebut. Bekerjasama dengan praktisi handal, Digital Skola memberikan pembekalan ilmu kepada siswa tanpa mengenal latar belakang dengan biaya terjangkau dan waktu yang fleksibel. Digital Skola punya beberapa opsi bootcamp coding untuk lulusan SMK maupun SMA namun juga tidak terbatas pada individu yang memiliki ketertarikan di bidang ini, yaitu:

    SkolaClass Data Science

    Program pelatihan intensif selama 3,5 bulan dalam 35 sesi untuk meraih kompetensi di bidang Data Science dengan dukungan karir di perusahaan berbasis teknologi. Program ini tersedia dalam pilihan dengan atau tanpa sertifikasi BNSP. Siswa juga akan diajarkan basic dan intermediate programming, machine learning, dan berbagai hal untuk mendapatkan wawasan mendalam terkait proses otomatisasi dan pengolahan data, serta memecahkan masalah dengan real projects.

    SkolaClass Data Engineer

    Siap belajar selama 3 bulan dalam 34 sesi terbaik untuk raih kompetensi data engineer? Program pelatihan intensif ini juga telah mencakup fasilitas dukungan karir. Kamu akan dikenalkan dengan tahapan dasar, hal teknis, hingga mempelajari pola data dengan bahasa pemrograman yang lebih advanced. Di tahapan akhir siswa akan diajak mengaplikasikan semua ilmu yang didapat dengan kasus-kasus yang terjadi di real business, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    SkolaClass Full Stack Web Developer

    Ingin fokus menggapai karir di profesi full stack web developer setelah di bangku sekolah menengah? Program ini bisa jadi bootcamp coding untuk lulusan SMK yang tepat buat kamu. Kamu akan belajar selama 3 bulan dalam 35 sesi dengan kurikulum berbasis industri dari dasar pengembangan web dengan HTML, CSS, JavaScript hingga mempelajari advanced database, dll.


    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp di Digital Skola Dengan Danacita


    Hacktiv8

    Sebagai bootcamp coding pertama yang terintegrasi dengan Council on Integrity in Results Reporting (CIRR) di Asia, Hacktiv8 menerapkan standar transparansi hasil belajar pada calon siswa. Dengan demikian, mereka tahu kualitas pendidikan yang ditawarkan Hacktiv8. Terdapat 2 bootcamp coding untuk lulusan SMK, SMA, ataupun bagi yang ingin switch career, yaitu:

    Full Stack Javascript Immersive

    Program intensif yang dapat kamu ikuti selama 16 minggu untuk mendalami skill set Full Stack Developer dengan fasilitas penempatan kerja di lebih dari 350 hiring partner Hacktiv8.

    Data Science

    Bagi kamu yang ingin menggali lebih banyak skill coding untuk profesi berbasis data, kelas ini dapat kamu ikuti dengan durasi 12 minggu lengkap fasilitas penempatan kerja. Kamu akan dibimbing oleh para praktisi data sekaligus berkesempatan direkrut hiring partner Hacktiv8.


    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp di Hacktiv8 2022


    Purwadhika

    Telah dipercaya sebagai lembaga pendidikan digital dengan rekam jejak lebih dari 34 tahun sejak 1987, Purwadhika juga memiliki program-program andalan yang dapat meningkatkan skill coding agar dapat diterapkan di profesi digital yang jadi incaran kamu. Siswa dapat mengikuti program bootcamp coding on campus yang ada di JKT & BSD, melalui media livestream, atau online video learning. Adapun diantaranya:

    Job Connector Full Stack Web Development

    Belajar skill coding dasar hingga advanced sesuai standar industri global, berbagai keahlian seorang software developer profesional, sekaligus mendapat peluang berkarir di hiring partner Purwadhika di seantero Asia dengan durasi 12 hingga 13 minggu.

    Job Connector Data Science & Machine Learning

    Kuasai data science dan kompetensi yang menunjang profesi seorang data analyst dan business intelligence untuk memudahkan pengambilan keputusan bisnis dalam 12-14 minggu. Dapatkan sekaligus kesempatan meraih karir impianmu bersama hiring partner Purwadhika.


    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Kursus di Purwadhika 2021


    Ingin Daftar Salah Satu Bootcamp Coding Untuk Lulusan SMK Ini?

    Jangan sampai biaya lagi-lagi menjadi penghalang menggapai cita-citamu. Pakai solusi pendanaan dengan Danacita pasti jadi jauh lebih mudah. Yuk, tunggu apalagi? Daftar sekarang!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Digital Skola Rekomendasi Bootcamp Alterra Academy Hacktiv8
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo