Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Serba-serbi Jurusan Kedokteran 2022

2021-08-12

Danacita

Daftar isi

    Jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan paling favorit di Indonesia. Menjadi dokter adalah cita-cita banyak anak dan juga orang tua. Masuk kuliah kedokteran merupakan kebanggaan tersendiri karena persaingan yang ketat dan standar yang tinggi. Dari dulu hingga sekarang, para pelajar lulusan sekolah menengah jurusan IPA banyak yang berusaha untuk bisa masuk ke jurusan kedokteran.

    Baik itu di universitas negeri maupun swasta, jurusan kedokteran memiliki peminat yang selalu banyak di tiap tahunnya. Jika kamu salah satu orang yang juga ingin masuk ke jurusan kedokteran, tentu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa bersaing dan berhasil. Selain dari persiapan untuk masuk ke jurusan ini, kamu juga harus paham betul apa jurusan kedokteran, baik itu pengertian hingga prospek kerjanya. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini.

    Apa Itu Jurusan Kedokteran

    Kuliah kedokteran menuntut pemahaman konsep yang tinggi, ingatan dan hafalan yang kuat, berpikir sistematis, dan fisik yang prima. Lalu, apa itu jurusan kedokteran? Ilmu kedokteran adalah ilmu yang mempelajari cara kerja tubuh manusia dalam pemeliharaan kesehatan, kesetimbangannya, pencegahan, pengobatan atau penatalaksanaan penyakit.

    Jika kamu masuk ke jurusan kedokteran, maka akan berhubungan erat dengan biologi yang mempelajari anatomi tubuh manusia, genetika, biologi sel dan molekuler serta masih banyak yang lainnya. Selain belajar materi kamu pun akan praktik dalam laboratorium. Maka dari itu, jika kamu kuliah di jurusan kedokteran, untuk bisa lulus sampai menjadi dokter membutuhkan waktu yang cukup panjang karena banyak proses yang harus dilewati.

    Mengenal Kode Etik Kedokteran

    Setelah kamu lulus dari jurusan kedokteran dan menjadi dokter di kehidupan nyata, maka pastinya kamu harus paham betul tentang kode etik kedokterang yang menjadi pegangan para dokter dalam menjalani profesinya. Kode etik ini berisi aturan kewajiban yang harus dilakukan dokter seperti mengamalkan sumpah dokter, memberikan pelayanan medis, merahasiakan hal yang berkaitan dengan pasien, memperlakukan teman sejawat sebagaimana ingin diperlakukan, dan masih banyak lagi lainnya.

    Materi Kuliah Jurusan Kedokteran

    Selama menempuh perkuliahan jurusan kedokteran, mahasiswa bakal diberikan pelajaran mengenai tubuh dan penyakit. Materi kuliah di jurusan kedokteran dibagi dengan menggunakan sistem blok. Setiap satu blok, mahasiswa akan mempelajari satu sistem organ meliputi fungsi dasar, cara kerja, penyakit, obat-obatan, dan cara menanganinya.

    Setiap selesai mengikuti satu blok, mahasiswa bakal dihadapkan dengan ujian mengenai materi di blok tersebut. Setiap satu semester, mahasiswa bisa mempelajari satu hingga empat blok, tergantung banyaknya materi dan kerumitan yang dipelajari saat itu.

    Mahasiswa jurusan kedokteran akan mempelajari hal-hal terkait tubuh dan penyakit seperti anatomi, fisiologi, ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, ilmu bedah, penyakit gigi dan mulut, penyakit kulit dan kelamin, kesehatan jiwa, dan sebagainya.


    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAR 2022/2023


    Lama dan Tahapan Kuliah Jurusan Kedokteran

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk mendapat gelar dokter dan izin prakteknya, dibutuhkan pendidikan dengan tahapan yang panjang. Mahasiswa jurusan kedokteran akan menempuh program sarjana untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran dalam waktu normal selama empat tahun berkuliah.

    Selama itu, mahasiswa jurusan kedokteran akan dihadapkan dengan banyak blok dan ujian meliputi ujian OSCE atau ujian keterampilan memeriksa pasien dengan patung manekin, ujian tulis, dan ujian oral. Pada tahun akhir, mahasiswa juga diwajibkan membuat skripsi untuk lulus S1.

    Setelah lulus S1, sarjana lulusan jurusan kedokteran harus menempuh program profesi dokter atau koas untuk menjadi dokter muda. Selama koas, calon dokter akan praktek di rumah sakit dengan mengikuti berbagai stase atau bagian seperti stase penyakit dalam. Pada masa koas, calon dokter akan berhadapan langsung dengan pasien untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari.

    Pada akhir setiap stase juga akan diadakan ujian untuk mengukur kemampuan. Koas dapat berlangsung selama 1,5-2 tahun. Setelah itu, dokter muda harus mengikuti ujian sertifikasi atau Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Ujian ini diselenggarakan secara nasional bersama dokter muda di seluruh Indonesia. Gelar dokter baru akan didapatkan setelah dinyatakan lulus ujian ini.

    Setelah itu, dokter diharuskan mengikuti program internship selama satu tahun untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). Surat ini berguna untuk dapat membuka praktik atau bekerja sebagai dokter di rumah sakit.

    Register.jpg

    Klik banner di atas untuk Ajukan Sekarang!

    Kenapa Memilih Masuk Kuliah Jurusan Kedokteran

    Jika kamu masih ragu untuk masuk jurusan kedokteran, berikut beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan:

    • lulusan jurusan kedokteran memiliki prospek kerja yang luas dan kamu bisa bekerja di berbagai tempat mulai dari rumah sakit, puskesmas hingga membuka klinik praktik pribadi
    • Tenaga dokter banyak dibutuhkan instansi pemerintah, seperti lembaga BPOM, BNN atau Basarnas. Menjadi tenaga medis untuk TNI atau Polri juga bisa menjadi pilihan
    • Profesi dokter menjadi salah satu profesi yang tidak memiliki batas waktu pensiun, kamu bisa membuka praktik selama kamu masih mampu menjalankan tugas dan kewajiban sebagai dokter

    Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kedokteran

    Ilmu pendidikan dokter berujung pada profesi sebagai seorang dokter. Dokter dapat bekerja di banyak rumah sakit maupun pelayanan kesehatan. Setelah mendapatkan surat izin praktik, seorang dokter dapat membuka praktik kesehatan sendiri. Dokter juga dapat berkecimpung di bidang riset di universitas maupun banyak perusahaan. Ada juga pilihan untuk menjadi ahli gizi atau ahli diet.

    Seorang lulusan S1 Kedokteran juga dapat meneruskan pendidikan menjadi spesialis, fokus di bidang manajemen rumah sakit, atau menjadi dosen. Jika kamu kurang tertarik untuk berhubungan dengan dunia klinis, lulusan jurusan kedokteran juga bisa bekerja di tempat yang sifatnya struktural. Salah satunya yaitu kamu bisa bekerja di Kementerian Kesehatan, BPJS, BNN dan masih banyak lainnya. Kamu pun nantinya bisa turut andil dalam suatu penelitian pengobatan untuk penyakit yang bisa membantu kemajuan bidang kedokteran.


    Baca juga: Biaya Kuliah Terbaru UNISBA 2022/2023


    Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran

    Biaya kuliah jurusan kedokteran di perguruan tinggi sangat beragam tergantung mekanisme dan kebijakan setiap perguruan tinggi. Universitas swasta biasanya menerapkan biaya yang lebih mahal daripada universitas negeri. Uang kuliah kedokteran di universitas negeri ada yang menerapkan biaya yang sudah fixed atau tetap. Ada pula yang menggunakan sistem berkeadilan atau sesuai dengan pendapatan orang tua.

    Biaya kuliah kedokteran berkisar antara Rp0-Rp25 juta per semester. Di perguruan tinggi swasta biaya kuliah kedokteran mulai dari Rp10 juta hingga Rp150 juta per semester. Nah, gimana menurut kamu? Tertarik untuk melanjutkan ke Fakultas Kedokteran?

    Yuk, kunjungi rekomendasi jurusan lainnya dari Danacita yang bisa kamu pertimbangkan!

    Raih Mimpi Berkuliah di Jurusan Kedokteran Bersama Danacita

    Itulah informasi seputar jurusan kedokteran, mulai dari pengertian, kuliah kedokteran, hingga prospek kerja yang bisa dituju. Jika kamu tertarik untuk berkuliah di jurusan kedokteran tapi terhalang karena masalah biaya, kamu tidak perlu khawatir, karena Danacita siap membantu kamu menggapai mimpi

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang bermisi membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia dengan pembiayaan pendidikan terjangkau yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Dengan menggunakan Danacita, biaya kuliahmu akan jauh lebih ringan karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal, jadi sudah pasti aman dan terjamin. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Bersama Danacita, biaya kuliahmu di jurusan kedokteran bisa dicicil lho! Yuk, kunjungi link berikut untuk informasi lebih lanjut.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo