Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Tips Memilih Jurusan Untuk Calon Mahasiswa Baru yang Masih Bingung

2022-03-09

Daftar isi

    Bagi pelajar yang sedang berada di tahun terakhir sekolah menengah akhir, biasanya sudah mulai memikirkan next step setelah masa kelulusan. Pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi terkadang masih suka bingung dalam menentukan jurusan. Dilema ini muncul karena banyaknya faktor, mulai dari masih tidak taunya passion, tuntutan orang tua, banyaknya saingan, dan masih banyak lainnya.

    Dalam menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih memang harus benar-benar dipikirkan dengan matang dan tidak bisa hanya asal memilih saja. Hal ini dikarenakan kamu harus bertanggung jawab dengan keputusanmu dan menjalaninya selama bertahun-tahun selama masa kuliah. Maka dari itu penting dan wajib untuk memilih jurusan yang memang sesuai dengan dirimu dan memang benar dirasa mampu untuk dijalani. Berikut tips dalam memilih jurusan bagi kamu calon mahasiswa baru.

    Memahami Minat dan Bakat dalam Diri

    Hal mendasar yang harus dilakukan adalah kamu harus benar-benar memahami apa minat dan bakat yang ada dalam diri. Memang tidak semudah itu, tapi ketika kamu sudah paham, maka akan lebih mudah untuk menentukan arah ke depannya. Untuk mencari tahu minat dan bakat, biasanya di tahun terakhir, pihak sekolah menengah akan memberikan sesi tes psikologi dengan lembaga psikolog agar kamu bisa terbayang kira-kira bakat dan minatmu di bidang apa. Jika tidak ada, kamu bisa coba cari-cari sendiri tes minat dan bakat untuk membantu memahami diri sendiri.

    Selain itu, kamu juga bisa mencoba memperdalam hobi, siapa tau memang hobi tersebut adalah minat dan bakatmu dan bisa dilanjutkan ke perguruan tinggi. Kamu juga bisa list hal atau pelajaran bidang apa yang kamu sukai dan tidak membuat kamu bosan melakukannya, juga tentunya tidak membuat kamu tertekan saat melakukannya.

    Melakukan Riset Jurusan dan Kampus yang Diinginkan

    Setelah kamu tahu minat dan bakat dalam diri, kamu bisa coba untuk mulai melakukan riset tentang jurusan berdasarkan bidang sesuai keinginanmu. Misalnya, jika kamu tertarik di bidang ekonomi, kamu bisa mulai riset jurusan-jurusan apa saja yang ada di bidang itu. Pahami bidang ilmu dan materi yang akan dipelajari dan cocokkan dengan apa minat dan bakat yang kamu punya. Kamu juga bisa coba cari prospek kerjanya, tapi tidak boleh terlalu terpaku pada hal ini, karena bisa saja kamu tergiur akan pekerjaan dan gaji yang akan didapat padahal belum tentu sesuai minat dan bakat.

    Selanjutnya kamu juga harus melakukan riset kampus yang kamu tuju dengan jurusan yang kamu inginkan. Kamu buat perbandingannya, bisa dari akreditasi, mata kuliah yang akan diajarkan, jumlah pesaing, sampai passing grade minimal yang perlu dicapai. Dalam menentukan jurusan dan kampus yang tepat, perlu membuat strategi di awal dan selalu cari pilihan dengan peluang yang lebih besar.

    Bisa dibaca juga: Informasi Penting SBMPTN yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa Baru

    Berkonsultasi dengan Orang Lain

    Source: Pexels.com/Mentatdgt

    Jika memang kamu masih benar-benar belum tau dan bingung, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi dengan orang lain. Kamu bisa meminta untuk konsultasi dengan guru BK atau guru les kamu, karena biasanya mereka sudah terbiasa menghadapi orang seperti kamu yang masih bingung dan mengerti cara apa yang harus dilakukan untuk membantumu.

    Selain dengan guru BK, kamu juga bisa coba konsultasi dengan orang-orang terdekatmu. Terkadang, orang terdekatmu bisa lebih memahami dan mengerti diri kamu lebih baik daripada kamu sendiri. Tidak perlu malu atau takut untuk coba konsultasi dengan orang lain karena setiap orang pasti juga pernah merasakan bingung dalam menentukan pilihan dan itu wajar.

    Jika nanti kamu sudah yakin dengan jurusan dan kampus yang akan kamu pilih tetapi kamu menghadapi kendala dalam pembayaran biaya kuliah, kamu bisa coba cari beasiswa untuk meringankan biayanya. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk mencoba mengajukan cicilan untuk biaya kuliah kamu. Sekarang sudah banyak platform yang menyediakan layanan tersebut, baik itu dari pemerintah seperti bank atau non pemerintah. Salah satu platform yang menyediakan layanan pembiayaan kuliah adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Untuk calon mahasiswa baru yang ingin menggapai cita-cita dengan meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri