Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Mau kerja sebagai Digital Marketing? Yuk cari tahu dulu berapa besar gajinya

2022-02-26

digitai

Daftar isi

    Punya keinginan untuk menjadi seorang ahli Digital Marketing? Kalau iya, maka kamu telah memilih posisi yang tepat! Kenapa? Karena, posisi Digital Marketer saat ini sangat diburu oleh banyak perusahaan lho. Baik itu startup ataupun perusahaan yang sudah berdiri sejak lama.

    Kenapa banyak perusahaan mulai berbondong-bondong mencari seorang Digital Marketer? Saat ini, banyak perusahaan beralih dari offline to online. Para customer mereka sudah berubah, dan memilih untuk membeli produk mereka secara online. Selain itu, pandemi yang tidak kunjung usai membuat transaksi online semakin membengkak.

    Perlu kamu ketahui, untuk profesi ini adalah profesi yang bisa dipelajari oleh semua orang. Baik itu akuntan, guru, pekerja keras, hingga ibu-ibu rumah tangga! Kenapa, karena digital marketing tidak tertutup hanya untuk lulusan marketing saja, bahkan jika kamu berkeinginan untuk shifting career dari pekerjaanmu sekarang ke Digital Marketing, itu bisa!

    Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai digital marketing mulai dari pengertian, tugas digital marketing, gaji digital marketing, dan masih banyak lainnya!

    Apa Itu Digital Marketing

    Sebelum terjun langsung ke pembahasan tugas maupun gaji digital marketing, akan lebih baik untuk mengetahui pengertian digital marketing terlebih dahulu. Pengertian dasarnya digital marketing adalah suatu proses pemasaran atau promosi dari sebuah brand atau produk yang menggunakan media digital atau internet.

    Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk mempengaruhi serta menarik para konsumen dan calon konsumen dengan cara lebih cepat. Seperti yang kita ketahui, adaptasi teknologi berbasis internet di masyarakat sangat cepat dan luas. Sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan rintisan, ataupun yang established.

    Contoh teknik pemasaran yang bisa dikategorikan sebagai Digital Marketing diantaranya adalah:

    • Periklanan Online (Google Ads, Facebook Ads, Tiktok Ads, dll)
    • SEO atau Search Engine Optimization
    • Email marketing
    • Mobile apps marketing
    • Key Opinion Leader (KOL)
    • Billboard Elektronik

    Dengan banyaknya channel yang bisa dipilih, perusahaan akan berkompetisi dengan membuat konten yang semenarik mungkin untuk menggaet customer dan calon customer di dunia maya.

    Baca juga: Pentingnya Portofolio Menarik dan Cara Membuatnya Untuk Mahasiswa dan Fresh Graduate

    Penjelasan Digital Marketer

    Setelah mengetahui apa itu digital marketing, hal lain yang juga penting untuk diketahui adalah seorang digital marketer. Di bidang digital marketing, digital marketer adalah sosok dengan skill untuk menghandle, mengurus dan paham betul mengenai bidang ini, mulai dari media digital yang digunakan hingga berbagai aktivitas marketing yang akan atau sedang dilakukan.

    Pada kenyataannya, seorang digital marketer memiliki tanggung jawab dalsm membangun suatu branding atas produk yang dibuat suatu perusahaan. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, dimulai dengan membangun brand awareness atau pengenalan brand terhadap konsumen hingga tahapan akhir yaitu mendapat conversion atau pemasukkan. Hal-hal ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai channel digital seperti media sosial, email, website, hingga aplikasi.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Website Belajar Digital Marketing Terbaik

    Peran Digital Marketer dalam Bisnis

    Lalu, apa peran digital marketer dalam bisnis? Ternyata digital marketer memiliki peran yang cukup signifikan di zaman digital seperti sekarang ini. Berikut perannya:

    1. Mempromosikan produk dengan media yang efektif, seorang digital marketer akan berusaha untuk mencari strategi pemasaran atau promosi yang efektif dengan memanfaatkan berbagai channel marketing
    2. Menghubungkan perusahaan dengan konsumen, sudah menjadi kewajiban digital marketer untuk mengetahui keinginan atau kebutuhan konsumen. Setelah mengetahuinya, maka tahapan produksi hingga pemasaran akan jauh lebih tepat sasaran dan menjawab kebutuhan konsumen
    3. Memperluas target pasar, yaitu dengan memanfaatkan berbagai channel marketing digital yang ada

    Apa Ahli Digital Marketing Dibutuhkan di Indonesia?

    Seperti yang sudah diketahui bahwa sekarang sudah memasuki zaman digital 4.0 di mana hampir semua aktivitas dilakukan secara online. Menurut situs Global Data, e-commerce di Indonesia diperkirakan akan bertumbuh sebesar 23.8% di tahun 2022 yang memcapai Rp 420,8 triliun. Di tahun 2021 hingga 2025, aktivitas di e-commerce Indonesia juga diperkirakan akan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 22.0% yang mencapai Rp 753.8 triliun pada tahun 2025.

    Adanya peningkatan ini dikarenakan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang bertransaksi secara online seperti di e-commerce dimulai sejak pandemi di tahun 2020. Karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa ahli digital marketing memang dibutuhkan di Indonesia sebab peningkatan aktivitas secara online yang ada.

    Tugas Digital Marketing

    Nah, kita sudah membahas apa itu Digital Marketing, kini kita masuk ke tugas digital marketing yang dilakukan digital marketer. Seperti yang kita bahas di atas seorang Digital Marketer harus mampu untuk menggaet customer dan calon customernya melalui kanal online.

    Karena channel marketing itu begitu banyak, maka kita akan bisa membaginya dalam beberapa job desk Berikut beberapa tanggung jawab atau job desk yang dikerjakan oleh dilakukan oleh seorang Digital Marketer:

    Content Marketing

    Bertugas membuat konten yang berkualitas untuk memudahkan pengguna mendapatkan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam pemasaran media sosial, konten adalah kunci. Jangan lupa konten yang dibuat harus sesuai dengan target pasar. Sehingga konten kamu akan memiliki engagement yang tinggi

    Baca juga: Copywriting, Content Writing, UX Writing: Apa Bedanya

    Social Media Marketing

    Bertugas untuk menjangkau target pasar melalui platform media sosial. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dll. Social Media Marketing juga memiliki peran untuk membangun brand awareness produk atau jasa yang kita tawarkan.

    Baca juga:

    Search Engine Optimization (SEO)

    Memiliki tugas untuk membangun brand awareness melalui media blog, dimana kamu akan ditugaskan untuk membuat konten blog, mengoptimasi performa website, dan juga melakukan research terhadap kata kunci pencarian di mesin pencarian.

    Pengiklan online (Online Ads)

    Memiliki tugas untuk mengiklankan produk atau jasa melalui kanal-kanal online yang tersedia, seperti google ads, facebook ads, instagram ads, tiktok ads, dll. Tujuannya adalah untuk menjangkau orang dengan tingkat presisi yang tinggi.

    Baca juga: Performance Marketing: Pengertian Hingga Cara Berkarir

    Gaji Digital Marketing

    Kita sudah membicarakan apa itu Digital Marketing dan juga peran dari seorang Digital Marketing, maka kali ini kita akan membahas seberapa besar gaji Digital Marketing.

    Dilansir dari laporan Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 yang dilakukan oleh Glints, berikut adalah perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang Digital Marketing:

    1. Gaji Digital Marketing Manager: Rp 12.000.000 - Rp 18.000.000
    2. Gaji Digital Marketing Specialist: Rp 6.000.000 - Rp 10.000.000
    3. Gaji Digital Marketing Staff: Rp 5.000.000 - Rp 8.000.000
    4. Gaji Digital Marketing Analyst: ± Rp 10.000.000

    Bila dibedakan berdasarkan jenis pekerjaannya, berikut rincian gaji digital marketing:

    1. SEO Specialist: Rp 6.000.000 - Rp 10.000.000
    2. Social Media Manager: ± Rp 7.000.000
    3. Content Strategist: Rp 5.000.000 - Rp 6.000.000
    4. E-Commerce Specialist: Rp 6.000.000 - Rp 7.000.000
    5. Content Marketing Manager: Rp 10.000.000 - Rp 12.000.000
    6. Paid Media Specialist: ± Rp 60.000.000/tahun
    7. Pay-Per-Click Analyst: Rp 4.400.000 - Rp 6.500.000
    8. Email Marketing Specialist: Rp 5.000.000 - Rp 6.000.000

    Kenapa Harus Memilih Digital Marketing dalam Berkarir

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, di Indonesia sendiri ahli digital marketing memang dibutuhkan mengingat perkembangan teknologi digital yang ada. Selain karena alasan itu, kenapa kamu harus memilih digital marketing dalam berkarir yaitu karena bidang ini sangat beragam. Hal ini dikarenakan akan semakin banyak platform yang berkembang sehingga peluang terciptanya profesi tambahan di bidang ini beserta gaji yang menggiurkan juga akan bertambah.

    Alasan lain yaitu karena gaji yang akan didapatkan tergolong baik. Seperti yang sudah dirinci pada bagian sebelumnya, baik itu gaji seorang digital marketing secara general maupun berdasarkan jenis pekerjaannya sama-sama tergolong baik bila dibandingkan dengan bidang-bidang lainnya.

    Kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk terus berkembang. Dengan banyaknya ruang lingkup di digital marketing, jika kamu mulai terjun berkarir, kamu bisa mempelajari berbagai macam hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Sehingga digital marketing tergolong ke dalam bidang yang tidak monoton karena kamu akan terus mempelajari hal-hal baru setiap harinya.

    Bagaimana cara menjadi Digital Marketing

    Jika kamu membaca sampai titik ini, maka kamu sudah sangat tertarik untuk menjadi seorang Digital Marketing. Ada dua cara yang bisa kamu tempuh. Pertama kamu bisa belajar secara otodidak dengan memanfaatkan tutorial online. Dimana cara ini akan memakan waktu yang lama serta tidak jelas arahnya. Atau dengan cara kedua yang lebih mudah, dimana kamu bisa belajar bersama seorang pembimbing, dengan materi yang telah dipersiapkan untuk kamu yang bahkan bukan dari lulusan marketing, dan juga akan mendapatkan penawaran kerja langsung setelah lulus.

    Jika kamu memilih cara kedua maka Danacita akan menyarankan kamu untuk mengikuti pelatihan / bootcamp / kursus yang sudah teruji kualitasnya, dan juga merupakan partner resmi Danacita.

    RevoU

    RevoU adalah lembaga pendidikan teknologi yang berfokus pada pendidikan & pelatihan kompetensi digital. RevoU masuk Indonesia pada tahun 2019 dan didirikan oleh Matteo Sutto, mantan petinggi di Zalora dan iPrice, RevoU sendiri merupakan gabungan dari dua lembaga pendidikan teknologi di Tiongkok dan Amerika Serikat, yang dikhususkan untuk pelajar Indonesia.

    Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Kursus/Bootcamp RevoU. Diantaranya adalah:

    • Program dilakukan secara intensif selama 6 bulan
    • Sistem belajar secara full time agar lebih terbiasa
    • Jaminan uang kembali jika tidak dapat pekerjaan

    Baca juga: Informasi Terbaru Mengenai Biaya Kursus / Bootcamp di Revou

    Purwadhika

    Purwadhika adalah salah satu pionir lembaga pendidikan di Indonesia yang memiliki fokus di dunia pendidikan teknologi digital. Dengan belajar di Purwadhika, kamu akan langsung belajar melalui professional yang sudah berpengalaman di industri teknologi sehingga kamu dapat menjadi digital talent yang memiliki daya saing untuk dapat berkontribusi di Indonesia dan di kancah internasional.

    Nah, Purwadhika memiliki banyak keunggulan sebagai pionir lembaga pendidikan, seperti:

    • Akses menuju 500+ hiring partner yang sudah bekerja sama dengan Purwadhika
    • Mentoring dengan praktisi terkemuka
    • Mendapatkan sertifikasi yang akan ditandatangani oleh praktisi berpengalaman

    Baca juga: Cari Tahu Info Terbaru dan Biaya menjadi Digital Talent bersama Purwadhika, di sini!

    Digital Skola

    Digital Skola adalah perusahaan rintisan yang berfokus pada pelatihan dan peningkatan skill digital lewat kelas kursus atau bootcamp untuk menghasilkan talent-talent digital yang mampu berkontribusi dalam perkembangan industri, serta mampu bersaing di pasar tenaga kerja nasional maupun internasional.

    Beberapa keunggulan yang dimiliki Digital Skola adalah:

    • Pengembangan portofolio & Professional Branding
    • Tersedia digital marketing internship program
    • Pengembangan portofolio & Professional Branding
    • Mendapatkan penyaluran kerja setelah lulus

    Baca juga: Cek Biaya Kursus & Bootcamp di Digital Skola Di Sini! Ada Pilihan Cicilannya Juga Pakai Danacita!

    Rakamin

    Rakamin Academy adalah sebuah platform pelatihan yang dikhususkan untuk kamu yang ingin membangun dan melakukan akselerasi karir di bidang teknologi melalui pendidikan terintegrasi. Rakamin Academy bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang lebih inklusif dan berdampak untuk membantu mereka memulai karir di bidang teknologi.

    Beberapa keunggulan yang dimiliki Digital Skola adalah:

    • Mendapatkan 3 bulan pengalaman internship
    • Jaminan mendapatkan kerja setelah lulus
    • Dilatih oleh senior expert dalam bidangnya

    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Kursus Rakamin Academy, Ada Opsi Cicilan!

    Danacita: Solusi Pembiayaan Pendidikan dan Pelatihan Digital Marketing

    Itulah informasi lengkap mengenai digital marketing, mulai dari pengertian, tugas digital marketing, gaji digital marketing dan informasi lainnya. Bila kamu tertarik untuk berkarir di bidang ini dengan mengikuti kursus di salah satu rekomendasi yang sudah disebutkan sebelumnya tapi terkendala akan biaya, kamu tak perlu khawatir lagi. Danacita siap untuk membantumu menggapai impian.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia, salah satunya yaitu ketiga lembaga kursus yang disebutkan sebelumnya (RevoU, Purwadhika, Digital Skola, Rakamin).

    Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan mulai dari 6 hingga 24 bulan. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa harus membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya. Danacita juga sudah berizin dan diawasi OJK sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Nah, kita sudah membahas mengenai digital marketing. Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan karir ke digital marketing?

    Jangan ragu, segera wujudkan sekarang!

    [SEO]

    📞Klik banner diatas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Revou Rekomendasi Bootcamp Rakamin DigitalSkola Purwadhika
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria