Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Yuk Intip Organisasi Kemahasiswaan Yang Seru di UBSI

2022-03-16

ubsi-ukm.jpg

Mahasiswa UBSI

Daftar isi

    Terlepas dari proses belajar di bangku perkuliahan, organisasi kemahasiswaan juga mengambil peranan penting dalam proses pengembangan soft skill mahasiswa di masa depan. Meski demikian, orientasi masyarakat tentang kegiatan mahasiswa aktif kerap kali negatif, menganggap mahasiswa tersebut akan lulus tidak tepat waktu. Padahal itu tidak benar dan hanya dialami sebagian kecil mahasiswa saja. Tujuan organisasi mahasiswa melainkan menjadi wadah untuk melatih rasa percaya diri, kemandirian sekaligus memperluas pergaulan anggotanya. Terdapat banyak manfaat lainnya yang dapat diraih dengan mengikuti kegiatan mahasiswa selama kuliah.

    Sobat Danacita sedang berencana kuliah di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dan ingin mengisi waktu luang selama kuliah dengan lebih bermakna? Kenali lebih jauh yuk organisasi kemahasiswaan apa saja yang ada di kampus BSI melalui artikel berikut ini.


    Baca juga: Informasi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) 2022/2023


    Sekilas tentang Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

    Bina Sarana Informatika telah berkiprah sejak 03 Maret 1988 untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat Indonesia melalui layanan pendidikan. Sudah 34 tahun lamanya sejak UBSI menjadi salah satu perguruan tinggi swasta ternama di tanah air. Inilah yang menjadi motivasi UBSI untuk selalu berupaya meningkatkan sarana dan kualitas pendidikan agar senantiasa selalu bersinergi dengan perkembangan di masyarakat.

    Sebelum berhasil menyandang status universitas pada tahun akademik 2018/2019, terdapat proses panjang yang dilalui Kampus BSI. Berawal dari Lembaga Pendidikan Komputer, lalu berevolusi menjadi beberapa program akademi Diploma Tiga, yang terdiri dari: Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK), Akademi Sekretari (ASM), Akademi Bahasa Asing (ABA), Akademi Komunikasi (AKOM), Akademi Manajemen dan Keuangan (AMK). Selanjutnya, dari penggabungan akademi-akademi tersebut barulah terbentuk Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang berada di bawah Yayasan Bina Sarana Informatika.

    UBSI menaungi tiga fakultas dengan 22 program studi untuk D3 dan S1 yaitu: Fakultas Teknik & Informatika, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Komunikasi & Bahasa. Rencananya, mereka juga akan mengembangkan program studi untuk S2. Kerennya, lokasi Kampus BSI telah tersebar di kota-kota besar Indonesia. Hingga saat ini, kampus BSI memiliki 21 lokasi kampus utama dan 9 lokasi program studi di luar kampus utama (PSDKU), ditambah 1 gedung rektorat, dan 1 kantor pusat.

    Mengenal Organisasi Kemahasiswaan UBSI

    Organisasi kemahasiswaan UBSI terdiri dari Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Masing-masing ormawa UBSI akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

    1. Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) UBSI ditetapkan di Jakarta, 31 Januari 2019 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Bina Sarana Informatika dengan Nomor: 235/1.02/UBSI/I/2019. MPM memegang fungsi tertinggi dalam bidang legislatif tingkat universitas yang menyalurkan aspirasi mahasiswa UBSI.
    2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UBSI terbentuk setelah perubahaan lembaga Akademik BSI menyandang status Universitas pada 14 Desember 2020. BEM UBSI adalah lembaga eksekutif di kampus BSI. Peran utama BEM adalah menjalankan program-program yang dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan kepedulian mahasiswa pada almamater UBSI.
    3. Himpunan Mahasiswa (HIMA) UBSI merupakan badan koordinasi pelaksana kegiatan mahasiswa dalam sebuah program studi atau jurusan. HIMA menjadi wadah bagi mahasiswa aktif untuk mengembangkan kreativitas yang sesuai dengan bidang keilmuan. Saat ini, terdapat sekitar 50 organisasi kemahasiswaan HIMA di UBSI.
    4. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UBSI merupakan sarana mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan kesamaan minat dengan mahasiswa lainnya di luar kegiatan kampus. UBSI memiliki sekitar 36 jenis UKM yang dapat diikuti mahasiswa di perguruan tinggi. Beberapa diantaranya: UKM pecinta alam, musik, paduan suara, fotografi, jurnalistik, taekwondo, sepakbola, karate, pencak silat, dll.

    Banyak sekali bukan berbagai organisasi kemahasiswaan yang dapat kamu ikut sertai di Kampus BSI? Tak hanya berprestasi di luar, ada berlimpah kegiatan juga yang diselenggarakan di dalam kampus BSI. Yuk, cari tahu keseruan kehidupan kampus UBSI di bawah ini.

    Peringati HUT ke 34 UBSI 2022, Organisasi Kemahasiswaan Rayakan dengan Berbagai Lomba

    Hari jadi Universitas Bina Sarana Informatika tahun ini berlangsung dengan sangat meriah. Kemahasiswaan mengadakan lomba-lomba seru dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Negeri” dan hadiah total sebesar Rp 11 juta. Mahasiswa aktif dapat unjuk kebolehan dalam beberapa bidang lomba yang menjadi minat mereka, mulai dari Lomba Poster Digital Green Campus, Kompetisi Debat Bahasa Inggris, Kompetisi Debat Bahasa Indonesia, dan Cover Lagu. Pendaftaran telah dimulai sejak 2 Februari 2021. Sementara pengumuman pemenang akan diadakan serempak tanggal 13 Maret 2022.


    Baca juga Tingkatkan Kerjasama, Danacita dan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Luncurkan Program Cicilan Multi Semester


    Update Info Kegiatan Belmawa

    Pihak kampus sangat mendorong semua mahasiswa kampus BSI untuk mengukir prestasi. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif di luar kampus dan juga pada kegiatan yang diadakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Dengan disediakannya sarana info kegiatan Belmawa, mahasiswa dapat mengetahui update kegiatan yang diselenggarakan Belmawa dan syarat untuk mengikutinya. Berbagai kegiatan Belmawa seperti: Program Wira Desa 2021, Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Gemastik) Tahun 2021, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tahun 2021, dan masih banyak yang lainnya. Semua agenda kegiatan Belmawa di kampus BSI dapat disimak disini

    Mahasiswa Universitas BSI Sukses Sabet Medali Emas Cabor Taekwondo

    Berujung hobi dan giat berlatih mendatangkan prestasi. Kali ini yang mengharumkan nama kampus BSI datang dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas BSI kampus Sukabumi. Ramadhan Susanyo Jaya berhasil memenangkan medali emas pada cabang olahraga taekwondo Piala Walikota Sukabumi. Mahasiswa prodi Sistem Informasi Akuntansi ini unggul 3 poin dari rivalnya dalam kategori kelas 63 kg senior putra pada pertandingan yang dilaksanakan 17 Oktober 2021. Lihat lebih banyak prestasi terbaru mahasiswa-mahasiswi USBI.

    Demikian keseruan kuliah di BSI; benar-benar kaya akan kegiatan mahasiswa yang memotivasi untuk selalu berprestasi. Menuntut ilmu dengan baik di dalam kampus memang kewajiban mahasiswa, namun sukses di luar kampus juga? Itu yang luar biasa! Masih penasaran dengan keseruan organisasi kemahasiswaan lainnya? Kuliah di BSI aja!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria