Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Test TOEFL: Pengertian, Tips Belajar, dan Perbedaannya dengan TOEIC.

2022-11-06

Blog-Danacita-Pengertian-Test-Toefl

Daftar isi

    Ingin fasih berbahasa Inggris dengan baik dan benar? Selain harus bisa, kamu juga harus mengikuti tes Toefl agar kemampuan bahasa Inggris kamu bisa dinilai dan tersertifikasi.

    Salah satu cara untuk belajar bahasa Inggris dan melakukan persiapan Toefl secara otodidak adalah dengan melalui channel Youtube belajar Toefl.

    Apa saja tes Toefl yang harus dilewati? Apa saja persiapan Toefl yang harus dilakukan? Serta apa saja channel Youtube belajar Toefl? Simak informasinya sampai habis.

    Apa itu Tes Toefl

    Sebelum kita masuk ke apa itu rekomendasi youtube tes Toefl, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan apa itu test Toefl. Menurut Gramedia, TOEFL adalah tes yang terstandarisasi untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris untuk seseorang yang bahasa ibunya bukanlah bahasa inggris, dan orang tersebut bertujuan untuk bekerja atau kuliah di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi yang digunakan.

    Baca juga: 6 Website Rekomendasi Gratis Bagi Mahasiswa Untuk Persiapan Belajar TOEFL

    Apa perbedaannya dengan Toeic

    Setelah mengetahui apa itu tes Toefl, persiapan Toefl, dan channel Youtube belajar Toefl. Lantas apa bedanya Toefl dengan Toeic? Berikut adalah daftarnya:

    Format Test

    Toeic memiliki format test yang terbagi ke dalam dua sesi yaitu reading dan listening yang harus diselesaikan dalam waktu dua jam.

    Sedangkan test Toefl memiliki format empat sesi yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Waktu yang diberikan juga cukup lama, yakni empat jam.

    Isi Tes

    Isi tes Toeic berfokus pada dunia kerja. Maka isi tes yang diberikan berupa presentasi terhadap klien maupun untuk rapat.

    Sedangkan test Toefl memang ditujukan untuk dunia pendidikan. Itulah mengapa isi tes Toefl cenderung lebih mengarah pada bidang akademik.

    Nilai Tes

    Pada test Toefl, setiap sesinya memiliki rentang nilai antara 0-120. Tidak ada kegagalan dalam melakukan tes Toefl. Namun harus diingat bahwa biasanya perguruan tinggi menerapkan standar 500 poin.

    Sedangkan test Toeic memiliki rentang nilai keseluruhan sebesar 0-900 poin. Karena bertujuan untuk pekerjaan, disarankan kamu memiliki nilai sebesar 700 poin agar lebih aman.

    Rekomendasi Channel Youtube Belajar TOEFL

    Tes Toefl seringkali diremehkan oleh banyak orang, namun ternyata tes ini cukup menantang bagi sebagian orang yang belum terbiasa berbahasa inggris. Untuk kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk tes Toefl, berikut adalah rekomendasinya:

    Channel Youtube 1: Dunia TOEFL

    Rekomendasi pertama channel youtube belajar Toefl adalah Dunia TOEFL. Channel ini terkenal dengan contoh soal dan kunci jawaban yang diberikan.

    Dalam penjabaran soal, channel ini akan sangat membantu kamu memahami berbagai soal yang diberikan. Semua video di channel ini berisi seputar pembahasan soal Toefl dan bagaimana cara mengerjakannya.

    Channel Youtube 2: Rifathi

    Rekomendasi kedua channel youtube belajar Toefl adalah Rifathi. Channel ini mengupas tuntas seputar cara mengerjakan soal TOEFL. Setiap materi dijabarkan secara lengkap sehingga kamu akan dengan mudah mengerti setiap bagian soal yang akan keluar dalam tes.

    Channel Youtube 3: Yanto Tanjung

    Rekomendasi ketiga channel youtube belajar Toefl adalah Yanto Tanjung. Channel ini melakukan pembahasan secara lengkap terkait tes Toefl.

    Yanto Tanjung memberikan penjabaran yang sangat lengkap sehingga kamu dapat dengan memudah memahami keseluruhan penjelasan yang diberikan.

    Channel Youtube 4: ANDALIMANBOOKS TV

    Rekomendasi ke empat channel youtube belajar Toefl adalah ANDALIMANBOOKS TV. Channel ini menjabarkan strategi yang tepat untuk menaklukan soal Structure dan Written Expression.

    Tidak hanya melakukan penjabaran jawaban. Kamu juga akan diberikan rekomendasi buku yang bisa menjadi bahan bacaan agar kamu menaklukkan soal-soal tes Toefl.

    Channel Youtube 5: English Class 101

    Rekomendasi ke lima channel youtube belajar Toefl adalah English Class 101. Channel ini memberikan penjelasan lengkap terkait materi bahasa Inggris yang bisa membantu kamu dalam menyelesaikan test Toefl.

    Beberapa video yang disajikan memberikan penjelasan seputar topik reading, listening, writing, dan speaking.

    Mau belajar bahasa Inggris dengan mentor luar negeri? Yuk gabung ke EF Adults

    Jika kamu merasa kesulitan dan bosan belajar bahasa Inggris secara otodidak, langsung saja gabung bersama English First Adults.

    English First merupakan lembaga kursus bahasa Inggris yang telah berdiri sejak tahun 1965 di Swedia. Saat ini EF telah tersebar di lebih dari 100 negara dengan lebih dari 600 kantor dan sekolah di dunia.

    Di Indonesia sendiri, English First Adulst telah tersebar di beberapa tempat seperti:

    1. fX Sudirman
    2. Kuningan City
    3. Mall Taman Anggrek
    4. The Plaza Office Tower
    5. Mall Of Indonesia
    6. Tunjungan Plaza, Surabaya

    Di English First Adults, kamu akan belajar dengan sistem yang disebut Smart English. Di sistem ini kamu akan belajar dengan 3 jenis metode yaitu Learn, Try, Apply. Sistem ini memiliki tujuan untuk membantu pelajar membangun untuk memperkuat rasa kepercayaan diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

    Baca juga: Mau kuliah di luar negeri? Bingung menentukan karir pilihan? ALL-in Eduspace Siap membantu kamu!

    Jadi Ahli Bahasa Inggris bersama Danacita

    Itu dia rekomendasi channel youtube untuk belajar Toefl yang bisa kamu kunjungi. Tertarik untuk bisa bahasa Inggris mirip dengan native speaker? Segera gabung bersama English First Adults.

    Selain itu, ada kabar gembira bagi kamu yang tertarik untuk gabung tapi terkendala biaya. Danacita telah bekerja sama dengan English First sebagai salah satu metode pembayaran. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pembayaran dengan cara dicicil.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Hingga saat ini, Danacita tercatat memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, 120 mitra pendidikan, dan terdapat lebih dari Rp171 miliar dana pendidikan yang telah dialokasikan.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu
      Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.
    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan
      Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.
    • Persyaratan mudah
      Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.
    • Proses pengajuan mudah berbasis online
      Kamu bisa mulai melakukan pengajuan di mana pun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.
    • Bebas biaya pelunasan di awal
      Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Itu dia informasi lengkap mengenai Danacita. Kamu tertarik untuk menggunakan Danacita? Segera lakukan simulasi peminjam melalui website Danacita dan aplikasi Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!