Default Avatar

Written By

Rudi Patria

8 Program Studi Favorit Anak IPS, Kamu Pilih Yang Mana?

2022-04-03

programstudiIPS.jpeg

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Saat kamu akan menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA), kamu akan mulai mencari informasi-informasi tentang program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Tentunya saat memilih program studi kamu akan memiliki banyak pertimbangan, mulai dari apakah sesuai dengan minat kamu hingga prospek kerja setelah lulus kuliah nantinya.

    Nah, untuk kamu yang berasal dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ada beragam pilihan program studi yang bisa kamu pilih nantinya. Berikut adalah 8 rekomendasi program studi favorit siswa IPS dan prospek kerjanya serta rekomendasi universitas yang bisa kamu pertimbangkan:

    Rekomendasi Program Studi Favorit Siswa IPS

    Berikut adalah 8 program studi favorit untuk kamu yang berasal dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) saat bersekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA)

    Program Studi Hubungan Internasional

    Bagi kalian yang bercita-cita kerja di luar negeri dan memiliki banyak relasi di luar negeri, Program Studi Hubungan Internasional (HI) bisa menjadi pilihan kamu lho. Program Studi Hubungan Internasional (HI) adalah sebuah Program Studi yang mempelajari bagaimana upaya suatu negara berinteraksi secara global. Interaksi yang dimaksud merupakan interaksi internasional yang melibatkan suatu negara, instansi atau organisasi pemerintah maupun swasta. Nantinya, kamu akan lebih banyak mendalami ilmu hubungan diplomasi satu negara dengan negara lain, tapi kemampuan berkomunikasi dan strategi relasi antar bangsa menjadi salah satu poin penting yang harus dipahami dengan baik. Yang lebih menarik, seorang lulusan Hubungan Internasional memiliki kesempatan besar untuk bergabung dengan lembaga internasional sekelas PBB terlebih kamu mempunyai kelebihan berbahasa luar yang fasih.

    Baca juga: Program Studi Hubungan Internasional dan Prospek Kerjanya 2022

    Program Studi Psikologi

    Bidang studi satu ini bisa dibilang semakin populer dan menjanjikan belakangan ini hingga beberapa tahun kedepan. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesadaran orang-orang akan pentingnya kesehatan mental mulai meningkat.

    Saat berkuliah pada bidang studi ini, kamu akan banyak mempelajari tentang berbagai hal pikiran, perilaku dan mental manusia. Lebih dalam lagi kamu akan belajar tentang pembelajaran, kognisi, kecerdasan, motivasi, emosi, persepsi, kepribadian, gangguan mental, dan cara-cara di mana preferensi setiap orang dipengaruhi atau dibentuk oleh lingkungan.

    Program Studi Ilmu Hukum

    Program studi hukum adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang sistem hukum yang berlaku dan berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Secara umum, hukum adalah peraturan yang berupa norma dan sanksi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban dan keadilan serta mencegah terjadinya kekacauan. Sehingga, hukum berperan memberi batasan, aturan, serta hukuman atau sanksi atas tindak pelanggaran yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, program studi hukum menjadi salah satu program studi yang sangat diminati. Melalui program studi hukum, kamu akan belajar mengenai perundang-undangan yang mana didalamnya akan mendalami lebih lanjut mengenai konstitusi, hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hingga hukum dagang.

    Baca juga: Informasi Terbaru Program Studi Hukum dan Prospek Kerjanya 2022

    Program Studi Ekonomi

    Program studi ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Pada dasarnya manusia memang memerlukan kebutuhan dan keinginan yang tak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya tentu terbatas. Maka dari itu program studi ekonomi ini muncul untuk memberikan solusi dalam pengelolaan sumber daya yang ada dengan seoptimal mungkin. Di program studi ekonomi ini kamu akan diasah untuk menjadi seorang ahli ekonomi yang mampu menganalisa data-data statistik menjadi informasi yang bermanfaat untuk memecahkan permasalahan di dalam perekonomian. Menganalisa sebab dan akibat kondisi ekonomi sosial politik negara, seperti hubungan tingkat pengangguran terhadap inflasi.

    Baca juga: Mengenal Program Studi Ekonomi dan Prospek Kerjanya 2022

    Program Studi Akuntansi

    Program Studi akuntansi adalah bidang studi yang mempelajari materi terkait metode pencatatan, penggolongan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna untuk membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Selain belajar dalam membuat laporan keuangan, kamu juga akan dipersiapkan untuk memahami tentang bagaimana penganggaran, perpajakan, auditing, dan sistem keuangan pemerintahan di Indonesia.

    Baca juga: Informasi Terbaru Kuliah Mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Prospek Kerjanya 2022

    Program Studi Komunikasi

    Kuliah jurusan ilmu komunikasi bukan sekadar belajar ngomong atau berbicara di depan umum saja. Lebih dari pada itu, ilmu komunikasi merupakan studi yang kompleks mengenai penyampaian pesan yang efektif. Ada banyak materi kuliah yang bakal membuka wawasan kamu selama menjadi mahasiswa ilmu komunikasi. Mayoritas perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri menyediakan program studi ilmu komunikasi karena ilmu ini penting dan para lulusannya dibutuhkan untuk bekerja di berbagai sektor. Lulusan dari Fakultas Ilmu Komunikasi akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S. I.Kom) sedangkan yang masih bergabung dengan FISIP biasanya masih dengan gelar Sarjana Sosial (S. Sos).

    Baca juga: Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya Terbaru 2022

    Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

    Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan sebuah Program Studi yang merupakan cabang ilmu seni. Perbedaannya adalah kamu akan lebih banyak mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa. Nantinya, kamu harus mengolah pesan tersebut secara informatif, komunikatif, efektif dan sekreatif mungkin agar pesan yang disampaikan bisa dimengerti banyak orang dengan memperhatikan unsur-unsur visual seperti bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf dan segala hal yang berkaitan dengan visual (penglihatan).

    Baca juga: Program studi DKV dan Prosepek Kerjanya 2022

    Program Studi Sastra Inggris

    Program Studi sastra inggris merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang isi, ciri artistik, estetika, keaslian, serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra inggris. Program studi sastra Inggris tidak hanya mempelajari bidang bahasa, namun juga akan memperkenalkan kamu pada sejarah peradaban dunia. Hal ini tentu saja membuat kamu jadi memiliki wawasan yang lebih luas lagi. Mempelajari bahasa inggris memang tidak mengharuskan kamu untuk kuliah dalam Program Studi sastra Inggris, bisa saja mengikuti kursus bahasa inggris untuk waktu yang lebih singkat. Namun jika kamu ingin memperdalam dan mempelajari lebih luas lagi, maka kamu harus melanjutkan kuliah program studi sastra inggris. Kamu juga akan lebih cermat dalam menganalisis berbagai hasil karya sastra yang berbahasa inggris.

    Baca juga: Program Studi Sastra Inggris: Belajar Apa Aja Sih? Prospek Kerja Setelah Lulus? Cek Disini

    Waktunya Berkuliah di Program Studi Favorit Siswa IPS di Universitas Yang Telah Bekerjasama Dengan Danacita

    Berikut adalah rekomendasi universitas yang dapat kamu pertimbangan untuk mulai berkuliah di program studi favorit siswa IPS:

    President University

    President University atau yang juga dikenal dengan sebutan PU adalah universitas swasta yang mengedepankan international learning dan research environment untuk dapat mencetak pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan. Di President University (PU), kamu akan diharuskan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk semua mata pelajaran kuliah kamu lho. Nah, ini menjadikan President University (PU) sebagai salah satu universitas yang memiliki jumlah mahasiswa asing tertinggi di Indonesia.

    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) President University (PU) 2022/2023

    Universitas Bina Sarana Informatika

    Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang memiliki visi untuk "Menjadi universitas unggul di bidang ekonomi kreatif pada tahun 2033" ini memiliki lokasi kampus yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bgor, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Surakarta dan Pontianak. Di Jabodetabek sendiri, UBSI setidaknya memiliki 22 kampu yang berada di berbagai lokasi

    Baca juga: Informasi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) 2022/2023

    UNISBA

    Universitas Islam Bandung atau yang lebih dikenal dengan UNISBA merupakan salah satu kampus swasta ternama di Indonesia. Didirikan pada 15 November 1958 di kota Bandung, UNISBA didirikan oleh tokoh-tokoh Islam Bandung saat itu, seperti: Prof. Sjafie Soemardja, dr.H. Chasan Boesoiri, Drs. Achmad Sadali, Oja Somantri, R. Kosasih, R. Sabri Gandanegara, dan Dadang Hermawan. Setelah sebelumnya UNISBA di bawah kepengurusan Yayasan Pendidikan Islam, pada tahun 2007 terjadi perubahan nama Yayasan menjadi Yayasan Universitas Islam Bandung (Yayasan UNISBA). Kini UNISBA menjadi salah satu tujuan pendidikan tinggi yang bernafaskan Islam di Bandung.

    Baca juga: Mulai Dari Biaya Kuliah Hingga Sejarah, Simak Fakta-Fakta Terbaru UNISBA Bandung di Sini

    Universitas Paramadina

    Universitas Paramadina adalah universitas swasta yang berada dibawah naungan Yayasan Paramadina. Kampus yang berdiri pada tanggal 10 Januari 1998 di Jakarta untuk menjadi kampus peradaban dengan mengedepankan nilai-nilai ke-Islaman, ke-Indonesiaan dan ke-modernnya. Universitas Paramadina mengadakan program pendidikan dari S1 dan S2. Untuk jenjang S1, mahasiswa dibagi menjadi dua kelas, yaitu: S1 Reguler dan S1 Kelas Karyawan. Sedangkan untuk mahasiswa S2 sendiri dibagi menjadi dua kelas yaitu S2 reguler dan S2 kelas karyawan.

    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Paramadina 2022

    Universitas Tarumanagara

    Universitas Tarumanagara atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNTAR merupakan salah satu universitas swasta yang memiliki reputasi dan kualitas pendidikan yang terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan akreditas A yang diperoleh oleh UNTAR untuk akreditasi universitas. Selain itu, UNTAR menawarkan 8 Fakultas dengan jenjang pendidikan mulai dari S1 hingga S3 dengan mayoritas program studi di UNTAR telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Maka tidak perlu diragukan lagi kualitas pendidikan di Universitas Tarumanegara (UNTAR).

    Baca juga: Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tarumanagara (UNTAR) 2022/2023

    Nah, itu tadi merupakan rekomendasi program studi favorit untuk siswa IPS dan universitas untuk kamu.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Rekomendasi Program Studi Rekomendasi Universitas
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria