Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bahasa Pemrograman Java: Penjelasan untuk pemula

2023-06-28

bahasa-pemrograman-java

Daftar isi

    Dengan perkembangan teknologi yang sangat berdampak pada aktivitas saat ini, pemrograman menjadi salah satu keahlian yang sangat berharga.

    Saat ini, sebagian besar perusahaan mempekerjakan programmer yang memahami dasar-dasar coding dan bahasa pemrograman, terlepas dari apakah mereka memiliki gelar ilmu komputer.

    Seperti apa coding dan bahasa pemrograman java itu? Berikut penjelasannya.

    Apa itu Coding?

    Coding atau dikenal juga sebagai pemrograman komputer adalah cara bagaimana kita berkomunikasi dengan komputer dan memberitahukan apa yang harus dilakukan.

    Melalui coding, para programer dapat membuat berbagai program, termasuk pada website dan aplikasi.

    Coding menjadi salah satu dari sekian banyak langkah-langkah pemrograman yang bertugas untuk menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode (diagram alur) ke dalam suatu bahasa pemrograman, baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk sebuah program.

    Agar dapat berkomunikasi dengan komputer, maka seorang programmer harus mempelajari berbagai bahasa pemrograman.

    Bahasa Pemrograman Java Dalam Coding

    Saat ini ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan dalam coding. Salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan adalah bahasa pemrograman Java.

    Bahasa pemrograman ini telah menjadi pilihan populer bagi banyak programmer selama lebih dari dua dekade. Jutaan aplikasi website yang saat ini digunakan menggunakan bahasa pemrograman Java.

    Java adalah bahasa multi-platform, berorientasi objek, dan berpusat pada jaringan yang dapat digunakan sebagai platform itu sendiri. Selain itu, Java juga menjadi bahasa pemrograman yang cepat, aman, dan dapat diandalkan untuk coding di segala sesuatu mulai dari aplikasi seluler dan perangkat lunak perusahaan hingga aplikasi data besar dan teknologi sisi server.

    Fungsi dan Kegunaan Bahasa Pemrograman Java

    Bahasa pemrograman Java banyak digunakan karena ini adalah bahasa yang gratis dan serbaguna. Java membangun berbagai perangkat lunak yang dilokalkan dan terdistribusi. Berikut beberapa penggunaan Java yang umum.

    1. Pengembangan Game

    Java banyak digunakan oleh perusahaan pengembang game indie dan untuk membuat game mobile. Alasannya karena Java sangat serbaguna ini dan banyak koleksi materi sumber terbuka.

    Banyak game top dunia telah dikembangkan di Java. Seperti Minecraft, Mission Impossible III, dan Asphalt 6.

    Bahkan game modern yang mengintegrasikan teknologi canggih seperti machine learning atau realitas virtual (virtual reality) yang sedang populer saat ini dibangun dengan teknologi Java.

    2. Komputasi Cloud

    Meskipun programmer dapat menggunakan beberapa bahasa pemrograman untuk aplikasi cloud computing seperti C dan Python, tetapi Java ternyata masih menjadi bahasa yang paling disukai untuk mengerjakan proyek cloud computing.

    Kamu dapat menggunakan berbagai alat pengembangan cloud Java untuk proyek cloud computing seperti Oracle Java Cloud Service, CloudFoundry, Google App Engine, Openshift, IBM Smart Cloud, dan AWS SDK untuk Java

    3. Big Data

    Tau tidak, Java dan Big Data ternyata memiliki hubungan yang sudah berlangsung lama, dan tren yang berkembang di antara sebagian besar data scientist dan programmer saat ini adalah berinvestasi dalam mempelajari Java.

    Java dikenal dengan fleksibilitas dan kemampuannya untuk menggunakan berbagai teknik ilmu data. Sebagian besar platform yang tersedia saat ini untuk menyimpan dan memproses data ditulis dalam Java dan Scala.

    Contohnya adalah Hadoop HDFS, yang juga merupakan platform penyimpanan dan pemrosesan Big Data.

    4. Kecerdasan Buatan

    Ada banyak alasan kenapa Java sangat cocok digunakan untuk membuat Kecerdasan Buatan. Pertama bahasa ini merupakan bahasa tingkat tinggi, yang berarti lebih mudah bagi manusia untuk membaca & menulis kode di dalamnya.

    Selanjutnya , Java juga merupakan bahasa yang berorientasi objek, yang memungkinkan pengembangan algoritma AI yang lebih mudah.

    Java juga tidak bergantung pada platform, yang berarti dapat berjalan di platform apa pun, yang membuatnya sempurna untuk membuat aplikasi AI.

    5. Internet of Things

    Kunci keberhasilan Internet of Things terletak pada fleksibilitas, dan Java sangat cocok untuk hal ini. Java dan IoT saling melengkapi satu sama lain karena berbagai alasan, salah satunya kemandirian platform.

    Artinya, Java dapat berjalan di berbagai perangkat dan sistem operasi, menjadikannya pilihan yang cocok untuk perangkat IoT yang memiliki sumber daya terbatas dan perangkat keras yang bervariasi.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

    Java sangat populer karena telah dirancang untuk kemudahan penggunaan. Alasan programer terus memilih Java daripada bahasa pemrograman lainnya karena berbagai kelebihan yang dimilikinya, seperti:

    • Mudah digunakan
    • Berorientasi pada objek
    • Aman
    • Murah dan hemat untuk dirawat
    • Independent platform
    • High-level
    • Bahasa yang sangat portabel
    • Menyediakan pengumpulan sampah otomatis
    • Mendukung multithreading
    • menyediakan strategi alokasi memori yang efisien

    Ibarat dua mata koin, Java juga memiliki kekurangan, yaitu:

    • Kinerja lambat dan buruk
    • Tidak ada fasilitas backup
    • Diperlukan ruang memori yang signifikan
    • Mesin yang kurang interaktif
    • Lisensi komersial berbayar

    Rekomendasi Bootcamp Coding untuk Belajar Bahasa Pemrograman

    1. Purwadhika

    Purwadhika Digital Technology School atau lebih dikenal sebagai Purwadhika merupakan salah satu lembaga belajar digital yang telah mentransformasi dan mencetak talenta digital berkualitas sejak tahun 1987.

    Purwadhika telah menjadi lembaga pendidikan teknologi digital berpengalaman dan terpercaya selama lebih dari 35 tahun dengan berbagai bootcamp yang berkualitas, salah satunya Full Stack Web Development.

    Bootcamp Full Stack Web Development Purwadhika menawarkan Fast-track training program untuk kamu yang baru ingin memulai karir di bidang coding atau menambah pengetahuan coding hanya dalam 4 bulan saja.

    Baca juga: Mau ke Puwadhika? ini kisaran biaya kursusnya

    2. Hacktiv8

    Hacktiv8 memiliki bootcamp khusus untuk kamu yang ingin belajar coding JavaScript selama 16 minggu. Materi di bootcamp ini dirancang sesuai dengan kompetensi di industri terkini.

    Program Full Stack JavaScript Hacktiv8 terdiri dari 1 fase persiapan, dimana kamu akan belajar coding dasar dan pengenalan JavaScript.

    Selanjutnya akan ada tiga fase, dimana kamu akan belajar programming JavaScript untuk membuat website sederhana dengan monolithic architecture, belajar dasar client arsitektur, hingga belajar microservice dan React & React Native.

    Baca juga: Biaya Bootcamp Hacktiv8 Terbaru & Terlengkap

    3. Binar Academy

    Rekomendasi bootcamp selanjutnya adalah Binar Academy. Binar Academy memiliki bootcamp Full-Stack Website Development yang cocok untuk kamu yang ingin belajar lebih dalam mengenai Java.

    Di sini, kamu akan dibimbing hingga menguasai ilmu Full-Stack Website Development Bootcamp dari dasar sampai penerapannya dalam pekerjaan.

    Kurikulum Binar Academy dirancang untuk membantu kamu menguasai konsep lewat latihan yang menantang dengan sistem challenge-based learning.

    Baca juga: Mau ikut Binar Academy? Ini biaya kursus terbaru

    4. Dibimbing.id

    Dibimbing.id adalah platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang telah berdiri lebih dari satu tahun.

    Meski masih terbilang baru, tetapi Dibimbing.id telah membantu dan mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karier impiannya.

    Jika kamu ingin belajar bahasa pemrograman Java secara mendalam di Dibimbing.id, kamu bisa mengambil Front-end Web Development.

    Bootcamp ini sangat cocok untuk tech enthusiast yang mempunyai passion di bidang pemrograman, terutama di bagian tampilan website.

    Selama 4.5 bulan ke depan, kamu tidak hanya mempelajari Java saja, tetapi ada banyak aplikasi pemrograman seperti Algoritma Pemrograman, HTML, CSS, Bootstrap, React.js, Redux, Next js, dan lain-lain bersama mentor yang berpengalaman di bidangnya.

    Baca juga: Biaya Bootcamp Dibimbing.id! Ada Penyaluran Kerja

    Menjadi Ahli Coding Bersama Danacita

    Itulah penjelasan lengkap seputar coding beserta bahasa pemrograman java hingga rekomendasi bootcampnya. Ingin ikut bootcamp coding tapi terkendala biaya? Tenang saja karena kamu bisa menggunakan Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pendanaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan bootcamp di Purwadhika, Hacktiv8, Binar Academy, dan Dibimbing.id

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Proses pengajuan ke Danacita juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan segera biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    bahasa pemrograman java java bahasa pemrograman
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri