Default Avatar

Written By

Hafendra Adam

Lulus Kuliah Langsung Kerja? Di LP3I Aja! Cek Info Lengkap dan Terbarunya di Sini

2021-10-22

LP3I.jpg

Daftar isi

    Tentang LP3I

    Selain pendidikan, salah satu modal untuk berkembang di dunia profesional adalah hard skill, soft skill dan pengetahuan yang di satu bidang yang spesifik. LP3I hadir untuk memenuhi kebutuhan seorang individu untuk memiliki skillset tersebut. Selama 32 tahun, LP3I telah menyediakan lembaga pembelajaran formal, yang berfokus untuk mencetak profesional-profesional muda Indonesia berkiprah di bidangnya. Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) berawal di Pasar Minggu Jakarta Selatan pada 29 Maret 1988. Mulanya sebagai lembaga kursus berdurasi 6 bulan, lalu menjadi Lembaga Pelatihan Profesi berdurasi 1 hingga 2 tahun. Dengan terus berkembangnya dunia profesional akan kebutuhan tenaga-tenaga siap kerja, LP3I membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia.

    Program pendidikan yang disediakan oleh LP3I adalah program pendidikan vokasi. Apa sih program pendidikan vokasi? Program pendidikan vokasi adalah program pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan pelajar-pelajarnya memiliki kompetensi dan kemampuan yang bisa langsung diaplikasikan ke dunia profesional.

    LP3I kini memiliki dua jenis institusi di bawahnya, yaitu LP3I College dan Politeknik LP3I. Untuk lokasinya sendiri, kamu nggak perlu khawatir, karena LP3I memiliki 41 cabang yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

    Selain itu LP3I juga sudah bersertifikasi BAN-PT lho. Dengan akreditasi tertinggi B untuk program Administrasi Bisnis, Manajemen Informatika, Akuntansi Keuangan, Hubungan Masyarakat, Administrasi Bisnis (Program D2), Manajemen Informatika (Program D2), Komputerisasi Akuntansi (Program D2), Hubungan Masyarakat (Program D2), Administrasi Bisnis, Akuntansi, Teknik Komputer

    Apa sih yang membedakan LP3I College dan Politekniknya? Dan program apa saja yang bikin kuliah di LP3I beda dari tempat lain? Yuk, kita simak lebih lengkap di bawah!

    Program, Fasilitas dan Lokasi

    LP3I mengadakan jenjang pendidikan mulai dari Diploma 2 yang berdurasi 4 semester hingga Sarjana terapan atau D4 yang berdurasi 8 semester. Program-program tersebut diadakan untuk menyiapkan kamu untuk menjadi individu yang siap di dunia kerja. Oleh karena itu kamu akan belajar untuk menguasai tiga jenis keahlian sesuai standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yaitu :

    • Kemampuan Psikomotorik (keterampilan) sebanyak 45%
    • Kemampuan Afektif (sikap, nilai dan minat) sebanyak 25%
    • Kemampuan Kognitif (pengetahuan) sebanyak 30%

    Dengan menguasai ketiga kemampuan tersebut kamu bisa ditempatkan di bidang-bidang ini lho di dunia profesional;

    • Bidang Manajerial
    • Bidang Strategik
    • Bidang Teknikal

    Selain itu LP3I juga mengadakan kelas karyawan untuk kamu yang ingin kuliah sambil bekerja dengan waktu yang fleksibel. Jenjang pendidikan untuk kelas karyawan ini adalah D3, dan program studi yang bisa kamu ikuti dengan Kelas Karyawan ini adalah:

    • Komputerisasi Akuntansi
    • Komputer Informatika
    • Informasi Teknologi

    Sekarang kita bahas dua jenis institusi dan jenjang pendidikan LP3I, yaitu LP3I College dan Politeknik. Kita mulai dari LP3I College dulu yuk!

    LP3I College

    Program ini berlangsung selama 4 semester atau kurang lebih 2 tahun. Setelah lulus dari program ini, peserta harus mengikuti praktik kerja, uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi profesi. Selain itu, program ini juga merupakan program pendidikan dengan penempatan kerja dibawah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan keahlian terapan, beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu dan dapat menciptakan peluang kerja.

    Program studi yang bisa kamu ikuti adalah:

    • Komunikasi Bisnis Digital
    • Hubungan Masyarakat
    • Komunikasi Multimedia Visual
    • Manajemen Perkantoran
    • Administrasi Bisnis
    • Manajemen Perhotelan
    • Bisnis Internasional
    • Sekretari.
    • Informatika Komputer
    • Teknologi Informasi
    • Teknik : Teknik Otomotif
    • Komputerisasi Akuntansi
    • Perbankan Syariah

    Politeknik LP3I

    Institusi ini berfokus pada pendidikan vokasi bisnis dan teknologi yang ditujukan untuk penempatan kerja. Kurang lebih sama dengan LP3I College. Tapi yang membedakan adalah jenjang pendidikan yang diadakan oleh Politeknik ini, yaitu Diploma 3 (D3) yang berdurasi 6 semester dan Sarjana Terapan (D4) yang berdurasi 8 semester. LP3I juga menyediakan kelas profesi untuk melanjutkan studi pelajarnya untuk masing-masing jenjang pendidikan. Dari D3 yang bergelar Ahli Madya (AMd) menjadi Tenaga Madya, dan dari D4 yang bergelar Sarjana Terapan (S.tr) menjadi Tenaga Ahli.

    Program-program studi yang bisa kamu ikuti di Politeknik LP3I adalah:

    • Program D3 : Teknik Mesin Industri, Teknik Informatika, Teknik Mesin Otomotif, Manajemen Informatika, Administrasi Bisnis, Komputerisasi Akuntansi, Manajemen Informatika, Hubungan Masyarakat. Administrasi Perkantoran, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Syariah, Desain Multimedia, Teknologi Komputer. Administrasi Pemerintahan, Sistem Informasi Akuntansi, Komputerisasi Bisnis & Manajemen.
    • Program D4 : Administrasi Bisnis Internasional, Akuntansi Keuangan Publik, Bisnis Digital

    Kampus-kampus LP3I sendiri tersebar lho hampir di seluruh Indonesia. Mulai dari Banda Aceh hingga Makassar. Penasaran dan tertarik untuk kuliah di LP3I? Kamu bisa cek di sini untuk mencari tahu apakah ada cabang LP3I di kota tempat tinggalmu. Dengan begitu kamu bisa langsung mencari tahu soal detail lokasinya dan akses transportasinya dari rumah kamu..

    Eits, tapi tunggu dulu. Sebelum kamu daftar, kita simak dulu yuk, apa sih yang membuat LP3I unik dibanding tempat kuliah lain.

    Kenapa Harus LP3I?

    LP3I mengelompokkan pelajar-pelajarnya berdasarkan minat, bakat, sifat dan program studi yang diikuti pelajar. Kelompok-kelompok ini disebut dengan Tribe. Sistem ini akan membantu kamu dalam menentukan bidang studi yang akan kamu jalani selama kuliah di LP3I dan nanti setelah lulus. Yuk, kenalan dengan Tribe di LP3I!

    • Business : untuk kamu yang memiliki minat dalam mengelola manajemen perkantoran, mengelola sebuah usaha dengan visi dan misi yang kuat, serta berani mengambil resiko. Biasanya, anggota dari Tribe Business ini memiliki bakat dalam mengelola manajemen tim atau proyek, handal dalam membaca pasar, pandai memanfaatkan kesempatan serta celah bisnis, dan juga mudah bergaul dengan orang lain.
    • Marketing : untuk kamu yang memiliki minat dalam memasarkan sebuah jasa atau produk, mengelola komunikasi dari sebuah usaha, serta bernegosiasi untuk memberi dampak yang baik bagi sesama. Biasanya, anggota dari Tribe Marketing ini memiliki bakat dalam membaca pasar, pandai memanfaatkan kesempatan serta celah dalam negosiasi, tidak pernah berhenti untuk selalu membuat dirinya terkoneksi dengan dunia dan tidak mau tertinggal dengan tren atau isu yang sedang hangat.
    • Technology : untuk kamu yang memiliki bakat dan antusiasme terhadap perkembangan teknologi baik software maupun hardware. Biasanya, individu yang tergabung kedalam Tribe ini sangat tertarik dengan coding dan dunia startup.
    • Finance : untuk kamu yang memiliki minat dalam mengatur arus kas, mencari solusi dan memecahkan masalah melalui pengelolaan keuangan yang baik. Biasanya, anggota dari Tribe Finance ini memiliki bakat dan menyukai angka dan data, mementingkan kualitas daripada kecepatan dan tentunya paling jago untuk membagi jumlah tagihan di restoran kalau lagi nongkrong bareng.
    • Engineering : untuk kamu yang antusias dengan hal yang bersifat mekanikal. Dan biasanya, individu yang tergolong di Tribe ini, adalah menciptakan sebuah produk yang bisa membantu orang lain memecahkan suatu masalah. Tentunya, anak Engineering suka berpikir teknis dan teliti.

    Adanya pengelompokan Tribe di atas, menunjukkan sekali bahwa LP3I tidak hanya menyiapkan kamu menjadi tenaga kerja saja, tapi juga sebagai individu profesional yang mampu menyeimbangkan minat, sifat, bakat, pengetahuan dan pengalaman kamu dalam berkarir.

    Biaya Kuliah di LP3I

    Untuk biaya kuliahnya sendiri, LP3I memiliki biaya yang berbeda-beda untuk setiap lokasi. Namun, kamu bisa lihat simulasi biaya kuliah di LP3I berdasarkan info yang tercantum di website resmi LP3I. Berikut adalah simulasinya

    Biaya kuliah LP3I 10.png

    Bayar Kuliah di LP3I Dengan Danacita Aja!

    Danacita sebagai mitra LP3I menyediakan opsi pembayaran dengan sistem cicilan yang bisa kamu cicil selama 12 bulan. Opsi pembayaran dengan Danacita ini tersedia untuk mahasiswa baru dan mahasiswa aktif LP3I College (Program D2), PTS LP3I dan PLJ LP3I. Di tabel di bawah ini kamu bisa melihat simulasi pembayaran untuk program studi serta lokasi kampusnya.

    LP3I College

    Biaya kuliah LP3I 1.png

    Biaya kuliah LP3I 2.png

    Biaya kuliah LP3I 3.png

    Biaya kuliah LP3I 4.png

    *: Besaran uang yang harus dibayarkan selama 1 bulan
    *: Nominal cicilan tetap

    **: Sudah termasuk biaya platform 1,3% untuk 6 bulan, 1,5% untuk 12 bulan dan biaya persetujuan

    PTS LP3I

    Biaya kuliah LP3I 5.png

    Biaya kuliah LP3I 6.png

    Biaya kuliah LP3I 7.png

    Biaya kuliah LP3I 8.png

    *: Besaran uang yang harus dibayarkan selama 1 bulan
    *: Nominal cicilan tetap

    **: Sudah termasuk biaya platform 1,3% untuk 6 bulan, 1,5% untuk 12 bulan dan biaya persetujuan

    PLJ LP3I

    Biaya kuliah LP3I 9.png

    Kenapa harus mengajukan biaya kuliah di LP3I dengan Danacita?

    Mengenyam pendidikan tinggi bukan hal yang mustahil. Apalagi di era modern ini. Tapi tidak bisa disanggah juga bahwa keterbatasan ekonomi merupakan salah satu alasan terbesar anak-anak muda di Indonesia tidak mampu duduk di bangku kuliah.

    Dengan Danacita, kamu bisa duduk di bangku Universitas, Institut atau Sekolah Tinggi tanpa terhalang biaya. Berikut adalah alasan - alasan kenapa kamu harus mengajukan biaya kuliah di LP3I dengan Danacita:

    • Keamanan transaksi: Danacita telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001, sehingga keamanan data terjamin
    • Partner Resmi LP3I dengan pembayaran biaya pendidikan langsung ke pihak kampus
    • Pengajuan tanpa DP atau Jaminan
    • Proses pengajuan mudah 100% online, maksimal 2 hari kerja
    • Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa biaya apapun

    Cara pengajuan biaya kuliah di LP3I dengan Danacita

    1. Kunjungi website Danacita(Klik disini)
    2. Klik Ajukan Pembiayaan
    3. Siapkan dokumen yang diperlukan seperti, Bukti tagihan dari LP3I & Slip Gaji/Mutasi Rekening Wali 1 bulan terakhir.
    4. Pastikan nomor handphone yang didaftarkan (Pelajar & Wali), dapat dihubungi oleh tim verifikasi Danacita.
    5. Cek status pengajuan di akun Danacita kamu.

    Kamu bisa cek lebih lengkapnya di sini ya.

    Yuk, bikin masa-masa kuliahmu makin terjangkau bareng Danacita!

    Sesi.jpg

    📞 Jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Hafendra Adam