Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Jurusan Manajemen Adalah: Informasi Terlengkapnya!

2021-08-12

Danacita

Daftar isi

    Kuliah jurusan manajemen hingga kini masih menajdi salah satu jurusan terfavorit dalam rumpun ilmu pengetahuan sosial.

    Baik itu anak sekolah menengah lulusan jurusan IPS maupun IPA, banyak yang mengincar untuk bisa berkuliah jurusan manajemen.

    Maka dari itu, untuk bisa berkuliah di jurusan ini, persaingannya tergolong cukup ketat. Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan manajemen.

    Ada yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi, ada pula yang masuk dalam Sekolah Bisnis. Beberapa sekolah tinggi dan akademi bahkan fokus dalam jurusan manajemen saja.

    Manajemen adalah ilmu yang luas dan dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, terutama dalam penyelenggaraan perusahaan dan organisasi.

    Oleh karena itu, jurusan ini banyak menerima mahasiswa karena prospek lapangan kerja yang terbuka lebar dan selalu dibutuhkan.

    Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini di perguruan tinggi simak pembahasan berikut mengenai informasi lengkap kuliah jurusan manajemen.

    Apa Itu Kuliah Jurusan Manajemen

    Jika membahas kuliah jurusan manajemen, maka hal mendasar yang harus dipahami terlebih dahulu adalah jurusan manajemen itu sendiri.

    Jurusan manajemen adalah ilmu yang mempelajari cara merencanakan, mengatur, dan mengelola perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

    Lebih lanjut, kuliah jurusan manajemen adalah ilmu yang mempelajari berbagai kegiatan dari suatu perusahaan untuk mengelola, merencanakan sampai mengembangkan suatu strategi serta organisasi hingga bisa mencapai suatu tujuan.

    Maka dari itu, jurusan manajemen masih berkaitan erat dengan bidang ilmu lain seperti ekonomi dan bisnis. Karena hal ini, banyak universitas di Indonesia yang mengelompokkan jurusan manajemen ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

    Selama berkuliah jurusan manajemen, mahasiswa akan dituntut untuk memahami cara penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai target sasaran.

    Ilmu yang didapat dan dipelajari selama kuliah jurusan manajemen juga bisa digunakan atau dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Pembelajaran di Kuliah Jurusan Manajemen

    Pada umumnya, di jurusan manajemen nantinya kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan tentang ekonomi, bisnis dan perusahaan, seperti halnya mengatur SDM yang ada.

    Pada semester-semester awal, kamu akan mempelajari materi yang sifatnya umum terlebih dahulu yang bertujuan sebagai pengenalan. Lalu, memasuki semester pertengahan, kamu baru akan mulai mempelajari materi yang sifatnya lebih spesifik atau peminatan.

    Menjadi mahasiswa yang berkuliah jurusan manajemen, nantinya kamu akan belajar bagaimana menyusun suatu planning, memecahkan suatu masalah yang muncul dalam sistem operasional, merencanakan suatu bisnis, dan mengumpulkan hingga mengolah data dari penelitian.

    Tak hanya belajar teorinya saja, mahasiswa jurusan manajemen juga akan dihadapkan dengan praktik langsung untuk menerapkan apa yang telah dipahami di bawah bimbingan dosen.

    Mata kuliah jurusan manajemen diantaranya adalah ekonomi manajerial, komunikasi bisnis, manajemen strategi, manajemen risiko, kepemimpinan, rencana bisnis, hingga perilaku konsumen.


    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bina Sarana Informatika 2022


    Peminatan atau Konsentrasi Kuliah Jurusan Manajemen

    peminatan-di-jurusan-manajemen.jpg

    Hal yang tak kalah penting perlu diketahui yaitu jurusan manajemen terbagi ke dalam beberapa peminatan atau konsentrasi.

    Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, mulai dari semester pertengahan, akan ada peminatan atau konsentrasi.

    Setiap perguruan tinggi memiliki kebijakannya masing-masing dalam menentukan peminatan, ada yang dimulai dari awal perkuliahan, semester 4, semester 6, atau saat penulisan tugas akhir.

    Peminatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih fokus mendalami ilmu manajemen yang diminati. Secara umum, terdapat beberapa peminatan di jurusan manajemen, yaitu:

    • Manajemen sumber daya manusia. Konsentrasi ini fokus untuk memahami perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia dalam menjalankan perusahaan atau organisasi. Ilmu manajemen ini diperkuat dengan teknik analisis dan psikologis agar sumber daya manusia dapat produktif untuk mencapai tujuan.
    • Manajemen operasi. Ilmu ini mempelajari sistem operasional atau produksi di dalam perusahaan secara efektif.
    • Manajemen pemasaran. Peminatan ini fokus mendalami ilmu strategi dan analisis untuk memasarkan produk dalam persaingan bisnis yang ketat.
    • Manajemen keuangan. Ilmu ini bakal mempelajari cara mengatur dan mengelola keuangan dengan baik dalam perusahaan.
    • Manajemen bisnis. Konsentrasi ini bakal mendalami strategi dan analisis bisnis. Pengelolaan bisnis mulai dari awal berdiri hingga menjaga kesinambungan perusahaan bakal dipelajari di konsentrasi ini.
    • Manajemen perbankan. Ilmu ini mempelajari manajerial khusus pada dunia perbankan mulai dari pengumpulan dana, hingga penyaluran kredit.

    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Jaya 2022


    banner-3d-shadow

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Skill yang Dibutuhkan di Kuliah Jurusan Manajemen

    Setelah mengetahui informasi yang sudah dipaparkan sebelumnya, kadang suka terbesit pertanyaan "kalau mau kuliah jurusan manajemen harus punya skill apa saja ya?".

    Ada beberapa hal yang dibutuhkan dan salah satu kemampuan mendasar yang harus dimiliki yaitu kemampuan mengatur uang.

    Selanjutnya, kamu juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan atau leadership yang baik karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu akan mengatur SDM dalam suatu organisasi.

    Hal ini kemudian juga menuntut kamu untuk memiliki kemampuan bersosialisasi dan komunikasi yang baik. Yang tak kalah penting dan tidak boleh dilupakan yaitu kamu juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah memecahkan permasalahan yang muncul.

    Baca juga: Mau Kuliah di UBSI? Yuk pelajari Jurusan di UBSI

    Alasan Kenapa Harus Kuliah Jurusan Manajemen

    Seperti yang sudah dipaparkan di bagian awal, manajemen adalah ilmu yang luas dan dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, terutama dalam suatu perusahaan.

    Tidak ada perusahaan yang tidak memiliki manajemen di dalamnya. Tentunya lulusan jurusan manajemen akan memiliki peluang kerja yang terbuka lebar.

    Selain itu, karena jurusan manajemen juga berhubungan dengan ilmu-ilmu lainnya, kesempatan untuk kamu belajar berbagai bidang sekaligus juga semakin besar. Kamu tidak akan hanya belajar satu ilmu saja, sehingga pembelajarannya akan jauh lebih menarik.

    Prospek Kerja

    prospek-kerja-jurusan-manajemen.jpg

    Bagi mahasiswa lulusan jurusan manajemen, pada umumnya memiliki prospek kerja di bidang ekonomi atau bisnis.

    Selain itu, pada dasarnya lulusan ini juga diharapkan untuk dapat menjadi manajer atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.

    Lulusan jurusan manajemen pun harus bisa membagi tugas dan tanggung jawab setiap anggotanya.

    Lebih lanjut, lulusan jurusan manajemen dapat bekerja di seluruh perusahaan seperti swasta, pemerintah, maupun yayasan atau organisasi non-profit.

    Semua bidang industri seperti perbankan, retail, perminyakan dan sebagainya membutuhkan lulusan manajemen.

    Lulusan jurusan manajemen dapat bekerja menjadi analis bisnis, HRD, recruiter, penasihat keuangan, analis investasi, dan konsultan bisnis, sales, analis kredit atau perbankan, maupun product manager.

    Selain bekerja pada perusahaan, lulusan jurusan manajemen bisnis yang memiliki jiwa entrepreneur juga bisa membuka usaha sendiri dan menciptakan lapangan kerja untuk banyak orang.


    Baca juga: Infromasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Paramadina 2022


    Itulah penjelasan lengkap mengenai kuliah jurusan manajemen, mulai dari pengertian hingga prospek kerjanya.

    Nah, gimana menurut kamu? Apa informasi di atas membuatmu semakin tertarik untuk melanjutkan kuliah jurusan manajemen?

    Yuk, kunjungi rekomendasi jurusan lainnya dari Danacita yang bisa kamu pertimbangkan!

    Jika kamu sudah yakin untuk masuk dan berkuliah jurusan manajemen tapi terkendala akan hal biaya, kini tidak perlu khawatir lagi karena ada Danacita yang siap membantu.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang bertujuan untuk membuka akses pendidikan kepada pelajar di seluruh Indonesia yang sudah berizin dan diawasi OJK.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, biaya kuliahmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 12 bulan.

    Selain itu, prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa harus membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 140 lembaga pendidikan formal maupun non formal di seluruh Indonesia, jadi sudah terbukti aman dan terjamin.

    Jadi tunggu apalagi? Segera gapai mimpimu bersama Danacita! Kunjungi link berikut untuk info lebih lanjut.
    Baca juga:
    Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah di STMIK LIKMI

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Kuliah Jurusan Manajemen
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo