Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-02

jurusan-perencanaan-wilayah-dan-kota

Daftar isi

    Bimbang memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja yang menggiurkan? Jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah salah satu yang paling cerah di antara jurusan yang lainnya. mungkin masih banyak yang masih belum paham mengenai jurusan ini karena terdengar asing.

    Wajar kok kalo kamu juga masih belum paham betul jurusan ini. Maka dari itu, di artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai jurusan ini. Penasaran seperti apa jurusan perencanaan wilayah dan kota? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya!

    Apa itu jurusan perencanaan wilayah dan kota?

    Jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah jurusan yang berkaitan dengan rencana tata ruang dan tata wilayah suatu kota. Jurusan ini juga dikenal dengan nama Planologi. Selama masa pendidikan, kamu akan mempelajari perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek sosial, ekonomi, dan politik.

    Matkul dan perkuliahan jurusan perencanaan wilayah dan kota

    Jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah jurusan yang berkutat di dunia pembangunan. Semua itu akan kamu pelajari selama menjadi mahasiswa jurusan perencanaan wilayah dan kota. Dalam waktu 4 tahun atau 8 semester, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah untuk mendukung pekerjaan seorang perencana wilayah dan kota, diantaranya seperti:

    • Analisis Lokasi dan Pola Ruang
    • Prasarana Wilayah dan Kota
    • Kependudukan
    • Geologi Lingkungan
    • Interpretasi Ruang
    • Perencanaan Transportasi
    • Hukum dan Administrasi Perencanaan
    • Morfologi Kota
    • Pengembangan Lahan
    • Perumahan dan Pemukiman

    Alasan memilih jurusan perencanaan wilayah dan kota

    Alasan utama memilih jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah prospek kerjanya yang cukup luas, mengingat saat ini pemerintah sedang melakukan pembangunan besar-besaran dalam beberapa tahun ke depan. Sehingga, dibutuhkan seorang ahli perencanaan wilayah dan kota.

    Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa kamu harus pilih Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota adalah sebagai berikut:

    • Kesempatan untuk berkarier di instansi pemerintahan seperti KP3EI, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, maupun Bappenas.
    • Besarnya peluang karier dalam bidang konstruksi, pemetaan, hingga rancang bangun yang membutuhkan seorang ahli perencanaan tata ruang dan tata wilayah.
    • Selain bekerja di bidang konstruksi, kamu juga bisa bekerja sebagai seorang pebisnis di bidang properti.

    Prospek kerja jurusan perencanaan wilayah dan kota

    Bekerja di sektor pembangunan memang tidak akan ada matinya. Sektor ini akan terus menerus dibutuhkan selama masih ada manusia di sana. Itulah mengapa jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah jurusan yang mampu bertahan melawan zaman.

    Sebagai seorang lulusan jurusan perencanaan wilayah dan kota, terdapat beberapa prospek kerja ideal yang bisa kamu raih. Berikut daftarnya:

    • Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate
    • Penilai Real Estate
    • Konsultan Properti
    • Surveyor Tanah
    • Arsiparis
    • Pegawai Negeri Sipil
    • Pegawai Bank

    Kampus dengan jurusan perencanaan wilayah dan kota terbaik

    Jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah jurusan yang belum banyak di Indonesia, tapi kamu tenang saja, berikut ini sudah dirangkum beberapa kampus yang memiliki jurusan perencanaan wilayah dan kota terbaik.

    Universitas Tarumanagara

    Universitas Tarumanagara (UNTAR) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua yang ada di Indonesia. Berawal dari berdirinya Yayasan Tarumanagara pada tanggal 18 Juni 1959 hingga berdirinya Universitas Tarumanagara saat ini yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, No. 1 Jakarta Barat.

    Selain itu, UNTAR memiliki jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah yang pertama di Indonesia. Di UNTAR, jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah lebih dikenal dengan nama Jurusan Perencanaan Kota dan Real Estat. Jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah jurusan yang telah mencetak lebih dari 1500 lulusan yang bergerak di bidang perencanaan kota dan real estat dan telah tersebar di seluruh Indonesia.

    Info selengkapnya di sini

    Baca juga: Kisah UNTAR: Dari Organisasi Kemahasiswaan Hingga Kegiatan Serunya!

    Universitas Komputer Indonesia

    Universitas Komputer Indonesia atau sering disingkat UNIKOM merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan SK MENDIKNAS no. 126/D/O/2000, Universitas Komputer Indonesia secara resmi berdiri pada tanggal 8 Agustus 2000 dengan 11 program studi di dalamnya. Jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah salah satunya.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Kuliah di UNIKOM Biaya Kuliah Terjangkau dengan Danacita

    Universitas Islam Bandung

    Universitas Islam Bandung atau UNISBA merupakan salah satu kampus swasta tertua yang ada di Indonesia, tepatnya berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah jurusan pelopor dari berdirinya Fakultas Teknik di UNISBA. Saat ini, jurusan perencanaan wilayah dan kota UNISBA memiliki predikat B dan telah mencetak lebih dari 1000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Kisah UNISBA: Dari Organisasi Kemahasiswaan Hingga Kegiatan Serunya!

    Berkuliah di jurusan perencanaan wilayah dan kota dengan Danacita

    Itu dia rekomendasi kampus bagi kamu yang tertarik untuk belajar perencanaan wilayah dan kota. Jurusan perencanaan wilayah dan kota dapat dikatakan menjadi pilihan tepat untuk meraih karier yang cemerlang.

    Jangan sampai impian meraih karier sebagai seorang ahli perencanaan wilayah dan kota kamu pupus hanya karena biaya. Gunakan Danacita yang telah bekerja sama dengan kampus-kampus rekomendasi yang sudah dipaparkan sebelumnya.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Danacita tercatat telah memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus. Selain dengan ketiga kampus yang sudah dipaparkan sebelumnya, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan lain yang ada di seluruh Indonesia.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Selain itu Danacita juga telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu. Kamu juga tidak diperlukan membayar DP maupun jaminan dan pengajuannya secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Yuk, segera raih mimpimu bersama Danacita. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!