Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Jurusan Teknik Informatika Adalah: Info dan Prospek Kerjanya Lengkap

2021-08-12

Danacita

Daftar isi

    Di era modern yang semuanya serba digital seperti sekarang ini, membuat Information Technology (IT) sudah menjadi kebutuhan utama.

    Hal ini dikarenakan di berbagai aspek kehidupan manusia membutuhkan teknologi untuk membantu berbagai aktivitas sehari-hari.

    Akibat dari perkembangan teknologi yang pesat ini, membuat kebutuhan akan ahli di bidang informatika semakin dan akan terus meningkat.

    Maka dari itu, di sekolah menengah dan perguruan tinggi mengajarkan tentang informatika ataupun teknik informatika.

    Bila kamu termasuk salah satu orang yang tertarik untuk berkuliah di bidang ini, simak penjelasan selengkapnya mengenai jurusan teknik informatika hingga prospek kerjanya berikut.

    Apa itu informatika?

    Sebelum terjun membahas tentang jurusan teknik informatika, akan lebih baik untuk paham mengenai informatika terlebih dahulu.

    Informatika adalah suatu bidang ilmu yang berkaitan dengan teknologi dan pengolahan informasi. Informatika sendiri membahas studi, perancangan, pengolahan dan pembuatan sistem komputasi yang kemudian diproses dan disajikan sebagai informasi.

    Dalam bidang informatika, berbagai peralatan teknologi mulai dari komputer hingga gadget sudah dianggap sebagai sahabat.

    Meskipun begitu, keberadaan peralatan tersebut hanya sebagai sebuah media yang dapat digunakan sehingga para penggunanya bisa menerima dan mengolah berbagai informasi dan data.

    Fungsi informatika

    Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, teknologi dibutuhkan di berbagai aspek kehidupan. Sehingga bisa dikatakan bahwa informatika sendiri berfungsi untuk menjembatani manusia untuk mendapatkan segala jenis informasi yang bisa didapat melalui teknologi.

    Selain itu, dengan adanya informatika, maka perkembangan dalam pembuatan suatu alat maupun aplikasi komputasi bisa terbantu.

    Kenapa informatika itu penting

    Setelah mengetahui fungsi informatika, akan muncul pertanyaan kenapa informatika itu penting?

    Adanya transisi yang kini menjadi era digital terjadi karena adanya inovasi dan perkembangan dari teknologi inovasi di berbagai bidang dalam kehidupan.

    Perkembangan teknologi yang terjadi ini tidak lain karena dampak dari kemajuan informatika.

    Penjelasan Jurusan Teknik Informatika

    Salah satu jurusan yang berperan penting dalam dunia IT adalah jurusan teknik informatika. Jurusan ini juga dikenal dengan ilmu programming.

    Jurusan teknik informatika adalah suatu bidang yang mempelajari cara menggunakan teknologi komputer sebaik mungkin sehingga dapat mengatasi segala jenis permasalahan maupun pengolahan data dan informasi secara logika.

    Bagi kamu yang tertarik dengan dunia teknologi, pemrograman, dan pengoperasian komputer, teknik informatika merupakan jurusan yang tepat di perkuliahan.


    Baca juga: informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru UNM 2022


    Materi kuliah jurusan teknik informatika

    materi-kuliah-jurusan-teknik-informatika.jpg

    JurusanTeknik informatika mempelajari teknologi komputer meliputi analisis matematis pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak (software), sistem operasi, dan kerja komputer.

    Secara khusus, mahasiswa jurusan teknik informatika akan mempelajari fungsi-fungsi dan struktur instruksi dalam bahasa pemrograman untuk diaplikasikan pada komputer.

    Bahasa pemrograman menggunakan algoritma dan coding sehingga membutuhkan ilmu dasar matematika dan logika yang kuat.

    Selain menerapkan teknologi yang sudah ada, mahasiswa jurusan teknik informatika juga dituntut berpikir kreatif untuk menciptakan ide baru pada sistem operasi komputer.

    Mata kuliah dalam jurusan teknik informatika akan fokus pada pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak.

    Mata kuliah itu di antaranya sistem informasi, logika informatika, strategi algoritma, rekayasa perangkat lunak, Artificial Intelligence (AI), dan pemrograman Internet.

    Kuliah jurusan teknik informatika dapat diselesaikan dalam waktu normal empat tahun atau delapan semester. 


    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru STMIK LIKMI 2022/2023


    banner-3d-shadow

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Prospek Kerja

    prospek-kerja-jurusan-teknik-informatika.jpg

    Lulusan dari jurusan teknik informatika sangat dibutuhkan di era globalisasi yang penuh dengan teknologi ini.

    Lebih lanjut, lulusan ini diharapkan dapat menjadi ahli dalam sistem operasi, aplikasi, dan komputer sehingga dapat memastikan IT dan sistem operasi bekerja dengan baik sesuai arahan yang sudah diinput.

    Jika kamu sebagai lulusan jursan teknik informatika dan berkarir di bidang yang sama, maka gaji yang akan didapat di tahapan awal karirmu yaitu di kisaran mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 7 juta.

    Ahli IT dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang mengandalkan teknologi untuk beroperasi, baik perusahaan negeri, swasta, maupun multinasional di berbagai sektor industri. Banyak jenis pekerjaan baru yang tercipta karena kehadiran sistem IT, di antaranya:


    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Paramadina 2022/2023


    • Programmer, merupakan ahli dalam pemrograman suatu sistem atau pengembangan aplikasi di berbagai bidang industri.
    • Web engineer/web administrator, yaitu ahli dalam mengembangkan dan memelihara website suatu organisasi atau perusahaan.
    • Software engineer, adalah ahli dalam pengembangan dan pengoperasian software atau perangkat lunak. Ahli ini dibutuhkan di semua bidang industri.
    • Computer network, merupakan ahli yang merancang, mengelola, dan merawat jaringan IT dalam suatu perusahaan.
    • Database engineer/database administrator, yaitu ahli dalam merancang, mengelola, dan memelihara basis data yang dimiliki oleh perusahaan.
    • Game Developer, adalah ahli informatika yang mengembangkan game sebagai media edukasi dan hiburan.
    • Konsultan IT, merupakan orang yang yang berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian IT dalam suatu organisasi atau perusahaan.

    Itulah penjelasan lengkap mengenai jurusan teknik informatika mulai dari pengertian hingga prospek kerjanya.

    Nah, gimana menurut kamu? Apa informasi di atas membuatmu tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan teknik informatika?

    Yuk, kunjungi rekomendasi jurusan lainnya dari Danacita yang bisa kamu pertimbangkan!

    Jika kamu tertarik untuk masuk ke jurusan teknik informatika tapi memiliki kendala akan biaya kuliah, kini kamu tidak perlu khawatir karena Danacita bisa menjadi solusinya.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK serta sudah bekerja sama resmi dengan lebih dari 140 lembaga pendidikan baik itu perguruan tinggi maupun lembaga kursus di seluruh Indonesia.

    Danacita dengan misinya yaitu membuka akses pendidikan untuk seluruh pelajar di Indonesia memberikan solusi berupa pembiayaan pendidikan yang bisa dibayarkan secara bertahap mulai dari 6 hingga 12 bulan.

    Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja. Kamu pun tidak perlu membayar DP, uang jaminan ataupun biaya administrasi lainnya.

    Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera gapai mimpimu! Kunjungi halaman berikut untuk informasi lebih lanjut.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Jurusan Teknik Informatika teknik informatika
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo