Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Rekomendasi Bahasa Pemrograman Yang Harus Kamu Pelajari

2022-04-10

codinglanguage.jpg

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Bahasa memungkinkan kita untuk menyampaikan isi pikiran dan berinteraksi dengan sesama manusia. Begitupun juga dengan alat-alat elektronik yang kita miliki saat ini: laptop, TV, HP, mesin cuci, dll. Diperlukan bahasa khusus untuk membuat alat-alat tersebut berfungsi sesuai dengan perintah yang kita inginkan. Coding berperan sebagai bahasa komunikasi antara mesin atau komputer dengan manusia sehingga komputer dapat memahami dan menjalankan tugas yang ingin kita selesaikan dalam berbagai situasi. Yuk ketahui lebih lanjut terkait trend coding language di masa depan mulai dari rekomendasi bahasa pemrograman yang perlu kamu pelajari hingga rekomendasi tempat bootcamp coding untuk memulai karirmu di bidang teknologi di sini.

    Trend coding language di Masa Depan

    Sebagai jembatan komunikasi antara manusia dan komputer, bahasa pemrograman digunakan seorang ahli untuk untuk menjalankan sebuah perintah guna menyelesaikan tugas yang ingin kita selesaikan dalam berbagai situasi. Tapi, tahukah kamu bahwa bahasa pemrograman sendiri memiliki 3 hingga 4 tingkatan? Tingkatan bahasa pemrograman terbagi dari yang rendah, menengah, tinggi, dan sangat tinggi. Pembagian ini didasarkan oleh tingkat kedekatan bahasa pemrograman dengan bahasa manusia yaitu Bahasa Inggris. Semakin mendekati bahasa manusia, maka semakin tinggi tingkatan bahasa pemrograman tersebut.

    Namun saat ini, sudah banyak programmer profesional beralih dari penggunaan bahasa pemrograman tingkat rendah karena diperlukan penanganan yang lebih detail untuk kode di komputer yang resmi. Instruksi yang dapat diberikan juga masih tergolong terbatas. Rata-rata, pekerjaan tersebut sudah dapat diambil alih dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

    Kenapa Harus Belajar Bahasa Pemrograman?

    Menguasai bahasa pemrograman merupakan keterampilan yang sangat diperhitungkan di jaman digital. Dengan belajar bahasa pemrograman masa depan, bukan hanya membantu meringankan pekerjaan manusia dengan otomatisasi berbagai program komputer di era industri, namun juga berperan dalam pengembangan soft skill seperti: keterampilan memecahkan masalah, melatih ketelitian dan kesabaran, kemampuan adaptasi dengan kecepatan teknologi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Pekerjaan yang Mengharuskan Untuk Menguasi Bahasa Pemrograman

    Selain itu, pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan coding language juga semakin bertambah. Jumlah tenaga ahli, permintaan pasar yang tidak berimbang, serta medan yang cukup sulit dilalui memberikan prospek kerja yang menjanjikan untuk berbagai profesi dengan kompetensi coding language apalagi jika kamu berhasil menguasai lebih dari 1 bahasa pemrograman. Bisa dikatakan semua perusahaan berbasis teknologi memerlukan keterampilan ini!

    Investasi uang, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan juga terbilang tinggi, mulai dari spesifikasi komputer hingga penguasaan ilmu. Tidak heran gaji yang ditawarkan kerap kali menggiurkan. Inilah yang membuat saat ini trend coding language masa depan menjamur dan banyak orang semakin semangat untuk mempunyai bekal kemampuan coding.

    Pekerjaan yang menggunakan coding language tidak hanya terbatas untuk pemrograman komputer yang menciptakan perangkat lunak, website dan aplikasi mobile, tapi juga termasuk data analyst, data scientist, software engineer, database administrator, dll.

    Baca juga:Berkarir Menjadi Seorang Data Scientist: Pengertian hingga Gaji Data Science 2022

    Rekomendasi Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari

    Nah, untuk kamu yang ingin switch career atau mendalami profesi seorang programmer, kamu mungkin bingung bahasa pemrograman mana yang sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu. Karena diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk benar-benar memahami satu bahasa pemrograman. Jadi pastikan ketahui tingkat kesulitannya dan alasan mengapa kamu memilih belajar bahasa pemrograman masa depan tersebut ya.

    Javascript

    Penggunaan javascript sangat luas untuk pengembangan website dan aplikasi mobile. Ketika Javascript dikombinasikan dengan Node.js, programmer dapat lebih leluasa membuat konten website hingga menambahkan games sebelum halaman tersebut ditransfer ke mesin pencari. Sayangnya, pengguna browser dapat mematikan Javascript.

    Python

    Bahasa pemrograman Python banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis AI, dan data science. Tahukah kamu bahwa media sosial seperti Instagram dan Pinterest juga dibuat dengan Python?

    Python termasuk dalam rekomendasi bahasa pemrograman masa depan karena popularitasnya dikalangan startup. Selain itu, Phyton relatif mudah dipelajari dan telah terintegrasi dengan bahasa pemrograman lainnya seperti C dan C++. Hanya saja Python tidak begitu cocok diaplikasikan dengan pengembangan aplikasi mobile.

    Java

    Banyak bisnis menjalankan program yang dibuat dengan Java khususnya yang berada di sistem operasi mobile Android. Aplikasi yang dirancang dengan Java dapat dijalankan di berbagai platform yang mendukung bahasa pemrograman ini. Namun, Java bukan bahasa pemrograman yang ideal dijalankan pada perangkat lunak berbasis cloud. Selain itu, untuk penggunaan Java Development Kit sendiri masih berbayar.

    C

    C merupakan salah satu pionir bahasa pemrograman selain Java. Dengan C, adaptasi pengembangan bahasa pemrograman modern lainnya seperti Python, Ruby, dan PHP menjadi mungkin. C lebih banyak dijadikan sebagai fondasi sehingga tidak begitu sesuai jika dipakai dalam pembuatan aplikasi-aplikasi modern. Penyusunan kodenya juga sedikit lebih kompleks dibandingkan bahasa pemrograman baru yang lumrah digunakan saat ini.

    C#

    Dibaca C sharp, ini merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek (object-oriented programming). Maksudnya, developer lebih berpusat pada manipulasi objek atau rancangan software pada data daripada fungsi dan logika yang digunakan. Bahasa pemrograman ini dijalankan dengan kerangka .NET utamanya pada aplikasi dengan sistem operasi Windows dan aplikasi berbasis web.

    Baca juga: Tergiur dengan Gaji Full Stack Developer? Yuk, Pelajari lebih lanjut!

    Rekomendasi Tempat Bootcamp Coding

    Dibawah ini Danacita telah sajikan rekomendasi tempat bootcamp coding yang dapat membantu percepatan karirmu di bidang programming sekaligus belajar bahasa pemrograman yang diperlukan untuk memulai karir sesuai minatmu di bidang teknologi.

    Hacktiv8

    Terdapat beberapa program bootcamp yang dapat kamu ikuti untuk memperkuat pengetahuanmu tentang coding di Hacktiv8, yaitu Full Stack Javascript Immersive dan Data Science. Dalam pilihan 2 pelatihan ini, kamu akan dipersiapkan dengan segala hal terkait coding dari basic hingga advanced!

    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp & Kursus Coding di Hacktiv8

    Purwadhika

    Sebagai sekolah digital dengan rekam jejak sejak 1987, kamu bisa berpartisipasi dalam 2 pilihan pelatihan coding Purwadhika, yaitu: Full Stack Web Developer dan Data Science & Machine Learning. Uniknya, kamu juga disajikan opsi ingin belajar di kampus secara offline di JKT atau BSD, online via live stream, atau dengan video learning yang lebih fleksibel bagi kamu yang saat ini telah bekerja.

    Baca juga: Cari Tahu Info Terbaru dan Biaya menjadi Digital Talent bersama Purwadhika, di sini!

    Course-Net

    Sebagai lembaga belajar bahasa pemrograman masa depan, Course-Net ingin menciptakan lingkungan pelatihan yang bukan hanya sekedar training namun juga dimentoring praktisi dengan sertifikasi dan prestasi tingkat internasional. Program rekomendasi bahasa pemrograman masa depan dapat kamu pelajari disini antara lain: Kursus Jaringan Komputer (Networking), Kursus Cyber Security, Kursus Website, Kursus Mobile Application, atau Kursus Data Science.

    Baca juga: Simak info-info terbaru dan biaya kursus di Course-Net di sini.

    Narasio Data

    Didedikasikan khusus untuk kamu yang segala sesuatunya harus based on data, program Data Science in Business dari Narasio Data adalah investasi berharga bagi calon data scientist masa depan. Disini, kamu banyak sekali akan menggali lebih dalam ilmu mengelola data dengan mengkombinasikan bahasa pemrograman dalam teknik manipulasi data. Kamu juga berkesempatan untuk memiliki sertifikasi internasional oleh Global Association for Research Methods and Data Science (RMDS).

    Baca juga: Informasi Terlengkap dan Terbaru Kursus Bootcamp Narasio Data

    Alterra

    Kamu tentunya tidak asing dengan Alterra Academy bukan? Sebagai salah satu pusat pelatihan coding Indonesia, Alterra juga punya program-program andalan untuk hasilkan lulusan programmer dengan kompetensi tinggi yang jadi rebutan berbagai industri saat ini yaitu Immersive Program, Advancing Career Program, Blended Learning Program. Kurikulum pengajaran di Alterra Academy telah disusun berdasarkan apa yang dibutuhkan banyak perusahaan IT sehingga setelah lulus kamu sudah siap untuk berkembang lebih lanjut di karirmu nanti.

    Baca juga: Alterra Academy: Solusi Untuk Menjadi Programmer yang Handal

    Hal terberat sesungguhnya saat memulai bidang baru dalam pengembangan sebuah software adalah ketika kamu tidak tahu harus mulai darimana. Selain rekomendasi bahasa pemrograman masa depan di atas, masih ada banyak lagi coding language yang lainnya. Bahkan, terkadang kamu harus coba semuanya dulu untuk mengetahui bahasa pemrograman mana yang paling sesuai gayamu, minat, dan paling membantu akselerasi karirmu.

    Kamu bisa selalu mengandalkan rekomendasi tempat kursus coding masa depan yang Danacita berikan untuk membantu perjalananmu sebagai seorang software developer. Dan tentu bukan hanya itu saja, Danacita juga siap backup kamu disaat-saat sulit, utamanya saat mencari solusi pendanaan kursus. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera daftar!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Rekomendasi Bootcamp
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria