Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bagaimana Tahapan Menentukan Judul Skripsi yang Cocok Bagi Mahasiswa Akhir

2022-03-21

Daftar isi

    Memasuki tahun terakhir berkuliah, mahasiswa diharuskan menghadapi tantangan terakhir, yaitu menyelesaikan skripsi atau Tugas Akhir (TA). Tahapan pertama yang krusial dan harus dihadapi adalah untuk mencari topik atau judul skripsi yang akan diteliti. Jika mahasiswa masih belum bisa menentukannya, maka otomatis ia tidak bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.

    Saat menentukan judul, banyak hal yang perlu dipertimbangkan karena bila salah menentukan, bisa saja mempersulit proses pengerjaannya. Biasanya, mahasiswa sampai mengeksplorasi berbagai topik yang pada akhirnya membuat mereka jadi terjebak dalam pikiran sehingga akan merasa stuck dan lama untuk selesai. Untuk itu, kamu memerlukan strategi yang tepat supaya bisa mendapat judul skripsi yang cocok, berikut ini tahapannya.

    Pikirkan Bidang atau Topik Apa yang Kamu Suka

    Sama seperti menentukan jurusan kuliah, untuk mencari judul skripsi kamu juga harus memikirkan bidang apa yang kamu suka. Biasanya, dalam suatu jurusan terdapat banyak mata kuliah yang sudah dibagi berdasarkan bidangnya masing-masing.

    Dari situ, kamu bisa lihat di kelas mata kuliah mana yang membuatmu benar-benar tertarik atau paling tidak kamu merasa bisa paham dengan baik. Hindari untuk menentukan judul dari bidang yang tidak begitu disukai karena alasan mayoritas temanmu memilih itu. Dengan mencari judul berdasarkan minat, maka dalam proses penyelesaiannya pun akan terasa lebih mudah.

    Mencari Tahu Informasi Terbaru

    Setelah kamu berhasil mengetahui bidang apa yang kamu sukai, selanjutnya kamu bisa coba mencari tahu berbagai informasi terbaru yang masih relevan dengan bidang tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan lingkungan sekitar dan membaca banyak situs-situs berita atau media cetak yang sudah pasti terpercaya atau yang bersifat ilmiah.

    Dengan melakukan ini, kamu bisa mengetahui isu atau fenomena baru yang mungkin saja bisa relevan dengan bidang yang kamu suka dan cocok dijadikan permasalahan yang bisa diangkat untuk skripsi. Dari banyaknya informasi tersebut, kamu bisa kategorikan ke dalam beberapa topik, jadi kamu tidak hanya mencari satu calon judul skripsi saja, siapkan juga beberapa back up judul lain untuk mempermudah kamu jika judul yang awal tidak disetujui oleh dosen pembimbing.

    Membaca Banyak Bacaan Referensi

    Source: Pexels.com/Mikhail Nilov

    Dalam menentukan judul skripsi, tidak bisa hanya dengan berusaha berpikir sendiri saja, tapi kamu juga perlu membaca banyak bacaan referensi. Kamu bisa pergi ke perpustakaan kampus dan mencoba cari jurnal-jurnal penelitian atau skripsi-skripsi dari senior terdahulu, pastikan bacaan tersebut juga masih sesuai dengan bidang yang kamu sukai. Dengan banyak membaca sumber referensi, pikiranmu akan semakin terbuka sehingga kemungkinan ide untuk judul skripsi muncul juga semakin meningkat. Atau jika kamu sudah terpikir arah topik judul skripsi, dengan membaca banyak referensi akan membuatmu semakin yakin dan mendapat banyak bahan yang bisa menjadi acuan skripsimu, ingat sebagai acuan, bukan untuk ditiru.

    Selain dari perpustakaan, kamu juga bisa mencari banyak referensi pada situs-situs jurnal ilmiah yang disediakan oleh kampus atau situs lain yang memberikan akses untuk semua orang. Bisa saja dengan membaca banyak jurnal atau skripsi senior, kamu mendapat ide untuk mengembangkan topik tersebut atau malah mematahkan penemuan yang dihasilkan. Pengembangan ide topik bukan berarti kamu plagiat, bisa saja temuan penelitian terdahulu masih belum memiliki data yang lengkap lalu kamu lengkapi dan malah bisa merubah hasil temuannya.

    Bisa baca juga: 10 Perpustakaan Online Gratis Buat Cari Referensi Makalah dan Skripsi Mahasiswa

    Berdiskusi dengan Teman atau Kakak Tingkat

    Saat masih merasa stuck atau bingung menentukan judul skripsi, tidak ada salahnya untuk mencoba berdiskusi dengan temanmu atau kakak tingkat. Mengajak temanmu untuk berdiskusi bisa menjadi win win situation karena kalian bisa saling memberikan saran atau pendapat tentang calon judul skripsi yang akan diteliti. Begitu pula dengan kakak tingkat, kamu bisa minta dia untuk sedikit sharing tentang skripsinya dulu, barangkali kamu bisa sekalian meminta pendapat tentang calon judul skripsimu bahkan mendapat tips supaya bisa lebih mudah menentukan judul.

    Berpartisipasi dalam Seminar atau Proyek Dosen

    Biasanya dalam kampus suka digelar berbagai seminar dengan topik-topik tertentu. Kamu dapat berpartisipasi dalam acara ini supaya menambah pengetahuan. Carilah seminar yang membahas topik yang relevan dengan minatmu, barangkali topik yang dibahas menarik dan bisa kamu angkat sebagai judul skripsi. Selain mendapat ide, kamu juga mendapat banyak penjelasan yang akan dibahas oleh pembicara.

    Selain ikut dalam seminar, kamu juga bisa berpartisipasi dalam proyek dosen. Biasanya, dosen diberi tugas untuk melakukan penelitian tiap tahunnya dan tidak ada salahnya kamu mengajukan diri untuk membantu. Bisa saja kamu diizinkan untuk menentukan judul skripsi yang terinspirasi dari penelitian dosen tersebut. Manfaat lainnya yaitu kamu juga bisa tahu bagaimana proses atau tahapan yang harus dilakukan selama penelitian, jadi nanti saat membuat skripsi, kamu bisa lebih paham dan sudah mendapat pengalaman.

    Bisa juga dicek: Tips Untuk Mahasiswa Akhir dalam Menghadapi Dosen Pembimbing Saat Skripsi

    Kumpulkan Ide Judul Skripsi dan Konsultasikan dengan Dosen Pembimbing

    Untuk melakukan bimbingan saat skripsi pertama kali, kamu tidak bisa hanya datang dengan tangan kosong, tentunya butuh persiapan. Biasanya di awal bimbingan yang akan dibahas pasti berkaitan tentang topik atau judul skripsi, maka dari itu kamu setidaknya harus sudah memiliki gambaran atau beberapa calon judul yang akan kamu teliti. Karena jika kamu bimbingan dengan kondisi masih belum tahu judul, bisa saja dosen pembimbingmu menilai bahwa kamu tidak siap atau bahkan tidak serius.

    Dari ide-ide yang kamu dapatkan sebelumnya, catat dan kumpulkanlah meskipun kamu masih belum yakin betul. Bisa saja ide tersebut malah membuat dosen pembimbingmu tertarik dan menyetujuinya lalu ia membantumu dalam menentukan judul skripsi yang fixed. Kemungkinan terburuk, bisa saja saat kamu mengajukan judul kandidat utama ternyata ditolak oleh dosen pembimbingmu. Karena itulah ide-ide yang sebelumnya bisa menjadi back up plan kamu untuk dikonsultasikan.

    Itulah cara-cara yang bisa dilakukan kamu sebagai mahasiswa akhir saat ingin menentukan judul skripsi. Tidak perlu khawatir, memang dalam menentukannya perlu waktu yang tidak sebentar karena prosesnya yang tergolong sulit. Jadi, jika banyak temanmu sudah berhasil menentukan judul skripsi dan kamu masih belum, itu tidak apa-apa, karena tiap orang punya proses yang berbeda. Semoga cara-cara ini bisa membantumu menentukan judul skripsi dan saat mengerjakannya kamu bisa selalu lancar!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri