Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bahasa Pemrograman C#: Penjelasan untuk pemula

2023-06-28

bahasa-pemrograman-c

Daftar isi

    Tertarik menjadi seorang Programmer? Salah satu skill yang harus kamu kuasai adalah memahami bahasa pemrograman, termasuk bahasa pemrograman #C.

    Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu yang paling populer dan banyak digunakan oleh para programmer. Seperti apa peranan dan strukturnya? Berikut penjelasannya.

    Mengenal Bahasa Pemrograman C# Dalam Coding

    Bahasa pemrograman C# atau bisa dibaca C Sharp adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dari Microsoft yang memungkinkan developer untuk membangun aplikasi yang berjalan di .NET Framework. Framework inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengcompile dan menjalankan kode C#.

    Bahasa pemrograman C# sendiri masih berkaitan dengan bahasa pemrograman C dan memiliki banyak karakteristik yang sama dengan bahasa pemrograman C dan C++ dan JavaScript.

    Microsoft pertama kali merilis implementasi #C pada Juli 2000 dan didistribusikan secara luas sebagai bagian dari inisiatif kerja .NET.

    Awalnya bahasa pemrograman ini dimaksudkan untuk menjadi bahasa pemrograman yang sederhana, modern, dan bertujuan umum yang dapat digunakan untuk mengembangkan komponen perangkat lunak untuk lingkungan terdistribusi.

    Selanjutnya, C# yang baru dirilis menekankan portabilitas kode sumber dengan dukungan untuk sistem yang di-host dan tertanam.

    Kelebihan Bahasa Pemrograman C#

    1. Mudah Dipelajari

    C# adalah bahasa tingkat tinggi sehingga lebih dekat dengan bahasa pemrograman populer lainnya seperti C, C++, dan Java. Hal ini membuat C# menjadi mudah dipelajari oleh siapa saja.

    2. Banyak digunakan untuk mengembangkan Aplikasi Desktop dan Web

    C# banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dan aplikasi Desktop. Ini adalah salah satu bahasa paling populer yang digunakan di desktop professional. Jika ada orang yang ingin membuat aplikasi Microsoft, C# adalah pilihan pertama mereka.

    3. Memiliki Komunitas yang Besar

    Semakin besar komunitas, semakin baik karena alat dan perangkat lunak baru akan berkembang untuk membuatnya lebih baik. C# memiliki komunitas yang besar sehingga pengembangan dilakukan untuk membuatnya tetap eksis dalam sistem dan tidak punah.

    4. Cocok untuk Pengembangan Game

    C# banyak digunakan dalam pengembangan game dan akan terus mendominasi. C# terintegrasi dengan Microsoft sehingga memiliki target audiens yang besar.

    Fitur-fitur C# seperti Automatic Garbage Collection, antarmuka, berorientasi objek, dan lain-lain membuat C# menjadi bahasa pengembangan game yang populer.

    Peran Bahasa Pemrograman C#

    Bahasa pemrograman C# memegang peranan yang sangat penting untuk coding. C# menyediakan bahasa dasar yang sangat mudah dibaca untuk membangun logika aplikasi, sambil menyembunyikan banyak kompleksitas yang mendasari kemampuan bahasa yang melekat.

    Sejak diperkenalkan, C# telah diadopsi secara luas dan merupakan bahasa pemrograman de facto untuk sebagian besar pengembangan berbasis Windows.

    Bahasa ini, bersama dengan kerangka kerja .NET, juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk sistem yang menjalankan Linux, macOS, iOS, atau Android, meskipun C# digunakan terutama untuk mengembangkan aplikasi Windows.

    Struktur Program Dalam Bahasa Pemrograman C#

    Dalam bahasa pemrograman C# (mungkin juga berlaku untuk beberapa pemrograman lainnya) terdapat 5 struktur dasar yang harus diingat. Berikut penjelasannya.

    1. **Resource atau Library**

    Struktur pertama pada bahasa pemrograman #C adalah resource atau library. Struktur ini merupakan pendefinisian library apa yang harus ada pada program kita atau library apa yang kita impor.

    2. **Namespace**

    Selanjutnya ada struktur namespace. Pada struktur ini, kamu akan mengisi nama dari project yang akan dibuat.

    3. **Nama Class**

    Kemudian ada struktur nama class yang berbicara tentang apa nama dari Class yang akan dibuat. Pada struktur ini bisa juga langsung diberi penanda seperti Main Class yang menandakan bahwa Class tersebut Class utama.

    4. **Deklarasi Method**

    Struktur keempat adalah Deklarasi Method. Ini merupakan pendeklarasian method sebagai awalan untuk menjalankan method atau perintah yang ada di dalamnya. Jika didefinisikan dengan "Main" maka method tersebut yang dijalankan pertama kali oleh compiler.

    5. **Method atau Command**

    Struktur kelima atau menjadi yang terakhir adalah Method atau Command. Struktur ini adalah method atau perintah yang diberikan untuk dieksekusi oleh compiler.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Belajar Bahasa Pemrograman C# Dengan Ikut Bootcamp

    1. Purwadhika

    Purwadhika adalah sebuah institusi teknologi digital terbaik di Indonesia yang telah berpengalaman sejak 1987 yang berfokus untuk mencetak talenta digital berkualitas melalui sejumlah bootcamp dan kursusnya. Termasuk untuk kamu yang ingin belajar secara mendalam bahasa pemrograman #C.

    Purwadhika menawarkan fast-track training program untuk mulai karir di bidang coding hanya dalam 4 bulan melalui bootcamp Full Stack Web Development.

    Pada bootcamp ini kamu akan belajar mulai dari fundamental programing, algoritma, hingga front end & back end.

    Menariknya, Purwadhika memiliki program Job Connector, dimana kamu berkesempatan untuk memulai karir langsung di industri digital setelah lulus pelatihan.

    Baca juga: Cerita Jodi: Menjadi Data Science di Purwadhika

    2. Hacktiv8

    Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan teknologi yang berdiri pada tahun 2016. Lembaga belajar ini didirikan oleh oleh Ronald Ishak dan Riza Fahmi, atas keresahan banyaknya kejadian saling bajak talenta-talenta pengembang (developer) di antara perusahaan-perusahaan teknologi.

    Hacktiv8 berfokus pada pengembangan talenta-talenta digital yang siap bersaing di industri, mulai dari pemula hingga menjadi tenaga ahli lewat program bootcamp yang diadakan. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak anak-anak muda yang berkompeten untuk berkarir di dunia teknologi.

    Beberapa bootcamp Hacktiv8 yang cocok untuk belajar bahasa pemrograman #C adalah Full Stack Javascript Immersive, Full Stack Back End, Web Developer Program, dan lain sebagainya.

    Baca juga: Mau Jadi Full Stack Javascript? Ikut Bootcamp Hacktiv8 Aja!

    3. Algorit.ma

    Algorit.ma adalah sebuah lembaga kursus untuk belajar keterampilan yang berfokus pada kemampuan dan pengetahuan data science.

    Di sini kamu akan dibekali untuk menjadi ahli dalam visualisasi data, regresi, pemodelan data, pembelajaran mesin, dan pemrograman statistik.

    Bootcamp di Algorit.ma menggunakan pendekatan berbasis project, dimana kamu mempelajari ilmu data dan membangun model prediktif yang telah terbukti efektif dalam memecahkan masalah modern.

    Kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman praktik. Menarik bukan?

    Baca juga: Mau jadi Data Scientist Handal? Join Algoritma!

    4. Dibimbing.id

    Rekomendasi selanjutnya untuk belajar bahasa pemrograman C# adalah Dibimbing.id. Ini merupakan sebuah platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang siap membantu dan mendukung kamu untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karier impiannya di bidang IT dan digital.

    Dibimbing.id menawarkan bootcamp Front End Web Development dan Data Science untuk kamu belajar bahasa pemrograman C# selama 4,5 bulan.

    Di sini, kamu akan dibimbing bersama mentor yang telah berpengalaman bertahun-tahu di bidangnya untuk mempelajari beragam materi terkait bootcamp yang kamu ikuti, mulai dari ilmu dasar hingga penerapan tools penunjang.

    Baca juga: Biaya Bootcamp Dibimbing.id! Ada Penyaluran Kerja

    Ahli Bahasa Pemrograman C# Dengan Danacita

    Itu dia cara penjelasan mengenai bahasa pemrograman #C, mulai dari pengertian, perannya dalam programming, hingga strukturnya.

    Jika kamu tertarik mempelajari lebih mendalam tentang bahasa pemrograman C# dengan mengikuti salah satu bootcamp di atas, sekarang kamu bisa mewujudkannya bersama Danacita.

    Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pendanaan pendidikan.

    Pendanaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia, termasuk di Purwadhika, Hacktiv8, Algorit.ma, maupun Dibimbing.id.

    Kamu bisa bayar biaya kursus dengan cara dicicil. Danacita memberikan tenor mulai dari 6 hingga 12 bulan.

    Selain itu, Danacita telah memperoleh izin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu sehingga aman dan terpercaya.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    c# bahasa pemrograman c# bahasa pemrograman
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri