Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Pentingnya Personal Branding Bagi Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Profesional Beserta Tips Mudahnya

2022-03-29

Daftar isi

    Di era digital sekarang, membangun personal branding menjadi salah satu keharusan agar bisa mempromosikan diri sendiri, seperti pencapaian yang sudah berhasil diraih. Bagi mahasiswa dan fresh graduate, tidak ada salahnya untuk mulai membangun personal branding untuk membantu mendapat koneksi baru, meningkatkan kredibilitas, sampai membuka lebih banyak kesempatan di dunia profesional. Bisa saja dengan membangun personal branding sebaik mungkin, kamu akan lebih mudah mencapai tujuan karir ke depannya. Lalu apa manfaat personal branding dan bagaimana cara membangunnya? kamu bisa simak penjelasan berikut.

    Manfaat Membangun Personal Branding

    Saat kamu mencoba membangun personal branding, ini akan membantumu dalam memperlihatkan berbagai macam hal, mulai dari identitas diri, skill, sampai keunikan yang bisa menjadi value dirimu dan membedakan kamu dengan para pesaing. Membangun personal branding akan membuatmu semakin percaya diri karena kamu sudah paham apa saja yang bernilai dalam diri kamu.

    Jika kamu terus berusaha membangunnya, maka otomatis value dirimu pun semakin meningkat yang kemudian membuat nilai jual mu juga ikut meningkat. Semua hal ini sangat berpengaruh dalam perjalanan karirmu, maka dari itu mulailah untuk membangun personal branding sejak dini agar kamu bisa ‘mencuri start’ dalam persiapan menuju dunia profesional.

    Membangun Networking

    Hal paling mudah yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan membangun networking, seperti salah satunya di media sosial. Dari networking yang kamu bangun ini, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, misalnya menemukan teman baru, rekan bisnis, memperluas relasi, sampai membangun komunitas. Selanjutnya, dari networking dengan orang-orang tersebut bisa membuka luas peluang profesional, salah satunya peluang kerja yang bagus. Hal ini bisa menguntungkan bagi kamu yang masih mahasiswa atau fresh graduate supaya bisa lebih mudah mencari pekerjaan pertama dan memulai karir.

    Baca juga artikel ini: 4 Manfaat Self Development dan Caranya Untuk Memperbaiki Kualitas Diri Kamu

    Bangun Citra Diri Online

    Untuk membangun personal branding, kamu juga bisa mulai membuat citra diri secara online dengan memanfaatkan media sosial yang kamu miliki. Citra diri yang kamu tampilkan bisa beragam, misalnya di media sosial yang bersifat profesional seperti LinkedIn, cobalah buat citra yang selaras dengan portfolio-mu. Bisa juga kamu sekalian share portfolio yang kamu punya atau bahkan website pribadi yang berisi hasil karyamu. Kamu tidak perlu khawatir bila belum punya portfolio, kamu juga bisa menjadikan hasil project terbaik yang pernah dibuat saat kamu mengikuti organisasi kampus atau bisa juga dari tugas-tugas kampus.

    Kamu bisa memilah media sosial mana yang mau kamu gunakan untuk membuat citra diri dan membangun personal branding sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu menggunakan semua media sosial. Sesuaikan dengan tujuan dan target audience, supaya kamu tidak hanya memiliki satu citra saja tapi banyak persona yang membuat karakter dirimu semakin unik dan menonjol.

    Meningkatkan Interaksi Sosial Online

    Source: Freepik.xom/Rawpixel.com

    Setelah kamu berhasil membangun networking dan memanfaatkan media sosial untuk membuat citra diri, kamu tidak bisa berhenti sampai situ saja. Selanjutnya, kamu juga harus meningkatkan interaksi di media sosial yang kamu punya, seperti salah satunya mengapresiasi relasimu yang membagikan pencapaian atau hasil karya mereka. Kamu juga bisa berkomentar, memberi reaction atau share konten yang dibuat oleh para profesional di bidang yang kamu minati. Dengan melakukan ini akan membantumu untuk memiliki citra diri yang lebih positif atau baik.

    Cek artikel berikut: 6 Rekomendasi Kegiatan Untuk Mahasiswa di Waktu Luang yang Ingin Lebih Produktif

    Buat Strategi dan Share Konten Sesuai Minat

    Cara lain untuk membangun personal branding adalah membuat strategi konten yang sesuai dengan minatmu. Bisa saja konten yang kamu ingin share berkaitan dengan bidang yang kamu kuasai supaya terlihat betul bahwa kamu memang passionate di bidang tersebut. Misalnya kamu tertarik di bidang graphic design, kamu bisa saja membahas konten atau repost konten yang berkaitan tentang hal itu. Kamu juga bisa menambahkan konten yang berisikan tentang skill yang dimiliki atau pencapaian yang sudah kamu raih. Pengemasan konten menarik yang menonjolkan diri bahwa kamu punya banyak pencapaian dan skill, bisa semakin meningkatkan value juga personal branding-mu.

    Bila kamu merasa kalau pencapaian atau skill-mu masih minim, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba memperluas skill yang kamu inginkan untuk mempermudah mendapat pencapaian baru. Kamu bisa coba belajar otodidak atau mengikuti webinar juga kursus di lembaga kursus. Di zaman sekarang, kamu tidak bisa hanya memiliki satu skill saja, karena kita dituntut untuk terus berkembang dan bisa melakukan berbagai macam hal. Jika kamu tertarik untuk menambah skill, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    Product Management

    Binar Academy merupakan lembaga pendidikan non-formal yang menyelenggarakan program kursus untuk menghasilkan bakat-bakat digital yang berkompetensi di bidangnya. Di Binar Academy, mentor yang ada merupakan orang yang sudah berpengalaman di bidangnya dan diajarkan dari nol mulai dari teori sampai praktik. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini.

    Web Development

    Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran dan persiapan karir digital dengan materi yang komprehensif dan beginner-friendly mengenai fundamental web-development yang diajar mentor profesional dalam bidangnya yang berpengalaman. Cek dulu info lengkapnya di sini.

    UI/UX

    Digital Skola adalah perusahaan startup yang berfokus pada pelatihan dan peningkatan skill digital melalui kursus bootcamp untuk menghasilkan talenta yang bisa bersaing di pasar tenaga kerja. Keuntungannya kamu bisa mendapat project implementation, professional branding, internship program, dan koneksi peluang kerja. Info lengkapnya bisa kamu cek di sini.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan pembiayaan pendidikan berupa cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, kita tambah skill supaya personal branding bisa lebih bagus!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri