Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Dear Siswa IPA, Cek Disini Program Studi Favorit Kuliah Yang Bisa Kamu Pilih

2022-04-03

programstudi-ipa.jpg

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Dear siswa IPA, ada beragam pilihan program studi yang bisa kamu pilih nantinya. Berikut adalah 7 rekomendasi program studi favorit siswa IPA dan rekomendasi universitas yang bisa kamu pertimbangkan:

    Baca juga: 8 Program Studi Favorit Anak IPS, Kamu Pilih Yang Mana?

    Rekomendasi Program Studi Favorit Siswa IPA

    Berikut adalah 7 program studi favorit untuk kamu yang berasal dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) saat bersekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA):

    Program Studi Kedokteran

    Menjadi dokter adalah cita-cita banyak pelajar dan juga orang tua. Oleh karena itu, program studi kedokteran merupakan salah satu program studi paling favorit di Indonesia. Dengan berkuliah di program studi kedokteran akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena persaingan yang ketat dan standar yang tinggi. Namun, untuk menjadi seorang dokter butuh pendidikan yang panjang dan usaha yang keras selama menempuh perkuliahan. Kuliah kedokteran menuntut pemahaman konsep yang tinggi, ingatan dan hafalan yang kuat, berpikir sistematis, dan fisik yang prima. Ilmu kedokteran adalah ilmu yang mempelajari cara kerja tubuh manusia dalam pemeliharaan kesehatan, pencegahan, pengobatan atau penatalaksanaan penyakit.

    Baca juga: Serba-serbi program studi Kedokteran 2022

    Program Studi Farmasi

    program studi farmasi merupakan salah satu program studi kuliah dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau saintek di bidang kesehatan. program studi farmasi fokus dalam mempelajari obat-obatan. program studi ini merupakan gabungan dari ilmu biologi, kimia, dan kesehatan. Di banyak perguruan tinggi, program studi farmasi terdapat dalam Fakultas Farmasi. Dengan berkuliah di program studi Farmasi, kamu nggak hanya akan mempelajari cara dan teknologi pembuatan obat-obatan, ilmu farmasi juga mempelajari cara penyimpanan, penyediaan, dan penyalurannya.

    Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Kuliah Jurusan Farmasi dan prospek kerjanya 2022

    Program Studi Teknik Informatika

    Teknik informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknologi komputer meliputi analisis matematis pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak (software), sistem operasi, dan kerja komputer. Secara khusus, mahasiswa teknik informatika akan mempelajari fungsi-fungsi dan struktur instruksi dalam bahasa pemrograman untuk diaplikasikan pada komputer. Bahasa pemrograman menggunakan algoritma dan coding sehingga membutuhkan ilmu dasar matematika dan logika yang kuat. Selain menerapkan teknologi yang sudah ada, mahasiswa teknik informatika juga dituntut berpikir kreatif untuk menciptakan ide baru pada sistem operasi komputer. Mata kuliah dalam program studi teknik informatika akan fokus pada pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak.

    Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerja Lulusannya 2022

    Program Studi Sistem Informasi

    Program studi sistem komputer merupakan sebuah program studi yang mengintegrasikan teknik elektro dan ilmu komputer dalam mengembangkan sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer. Bidang studi ini akan mempelajari bagaimana merancang dan membangun otak komputer atau alat elektronik lainnya guna mengontrol jalannya sistem. Maksud dari otak komputer tersebut adalah processor atau chip yang terdapat dalam motherboard. Sama halnya dengan ilmu komputer lainnya, sistem komputer juga akan mempelajari pemrograman. Namun berbeda dari teknik informatika, pemrograman di sistem komputer lebih menekankan pada bahasa pemrograman mesin.

    Baca juga: Program Studi Sistem Komputer dan Prospek Kerjanya 2022

    Program Studi Matematika

    Kuliah Program Studi matematika memang secara umum dikenal dengan kerumitannya. Terkadang membuat bosan dan pusing karena harus menghitung terus menerus. Pada Program Studi ini kamu akan membahas aljabar, kalkulus, statistika, geometri, komputasi, dan analisis matematika. Selain itu, akan dipelajari ilmu untuk mengutak-atik dan membuktikan teorema-teorema atau sebuah pernyataan yang dapat dibuktikan atas dasar asumsi yang dinyatakan secara eksplisit maupun yang sebelumnya disetujui.

    Baca juga: Informasi Kuliah Terbaru dan Prospek Kerja Program Studi Matematika 2022

    Program Studi Teknik Sipil

    Program studi teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan, manufaktur, manajemen atau pengelolaan, hingga pemeliharaan infrastruktur atau bangunan, untuk mendukung kehidupan manusia. Bangunan dan infrastruktur tersebut meliputi gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, apartemen, gedung rumah sakit, jalan raya, jembatan, bendungan, hingga fasilitas umum seperti bandara, stasiun, atau terminal. Sehingga saat belajar di program studi teknik sipil, kamu pun akan memahami hampir semua ilmu keteknikan. Mulai dari desain bangunan, perancangan fondasi bangunan, perhitungan kekuatan struktur bangunan, struktur tanah, karakteristik lingkungan, transportasi, perhitungan biaya, dan masih banyak lain lagi.

    Baca juga: 4 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Pilih Program Studi Teknik Sipil

    Program Studi Arsitektur

    Program studi arsitektur adalah salah satu program studi yang mempelajari desain serta rancangan konstruksi bangunan. Bidang studi program studi arsitektur cenderung lebih berfokus untuk menuangkan konsep, ide, dan desain bangunan dalam sebuah rancangan. Sehingga, program studi arsitektur pun menjadi yang memiliki kaitan erat dengan teknik sipil. Yang mana nantinya teknik sipil akan merealisasikan proses pembangunan dari rancangan seorang arsitektur tersebut. Dalam program studi arsitektur, kamu akan mendalami dan mempelajari banyak bidang ilmu. Di antaranya adalah kreativitas, analisis, venustas (estetika atau keindahan bangunan), firmitas (kekuatan bangunan), hingga utilitas atau fungsi dari bangunan yang kamu rancang tersebut. Nah, nantinya kamu pun akan mempelajari keilmuan yang menjadi bekal agar dapat membuat rancangan bangunan yang estetis dan fungsional, diantaranya adalah mempelajari tentang seni, desain, sains, humaniora, teknologi, dan matematika.

    Baca juga: Nggak Cuma Jadi Arsitek, Ini Prospek Kerja Program Studi Jurusan Arsitektur yang Harus Kamu Tahu

    Waktunya Berkuliah di Program Studi Favorit Siswa IPA di Universitas Yang Telah Bekerjasama Dengan Danacita

    Berikut adalah rekomendasi universitas yang dapat kamu pertimbangan untuk mulai berkuliah di program studi favorit siswa IPA:

    IT PLN

    Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT PLN) adalah perguruan tinggi yang langsung berada di bawah naungan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pendirian IT PLN bertujuan untuk membentuk wadah bagi para pakar dan praktisi di bidang energi untuk mengadakan regenerasi dalam bidang tersebut, serta memfasilitasi meningkatnya kebutuhan dan permintaan akan energi listrik di seluruh Indonesia.

    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran untuk Jadi #Ksatriapetir di Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IT PLN 2022!

    President University

    President University atau yang juga dikenal dengan sebutan PU adalah universitas swasta yang mengedepankan international learning dan research environment untuk dapat mencetak pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan. Di President University (PU), kamu akan diharuskan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk semua mata pelajaran kuliah kamu lho. Nah, ini menjadikan President University (PU) sebagai salah satu universitas yang memiliki jumlah mahasiswa asing tertinggi di Indonesia.

    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) President University (PU) 2022/2023

    Universitas Bina Sarana Informatika

    Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang memiliki visi untuk "Menjadi universitas unggul di bidang ekonomi kreatif pada tahun 2033" ini memiliki lokasi kampus yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bgor, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Surakarta dan Pontianak. Di Jabodetabek sendiri, UBSI setidaknya memiliki 22 kampu yang berada di berbagai lokasi

    Baca juga: Informasi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) 2022/2023

    Universitas Paramadina

    Universitas Paramadina adalah universitas swasta yang berada dibawah naungan Yayasan Paramadina. Kampus yang berdiri pada tanggal 10 Januari 1998 di Jakarta untuk menjadi kampus peradaban dengan mengedepankan nilai-nilai ke-Islaman, ke-Indonesiaan dan ke-modernnya. Universitas Paramadina mengadakan program pendidikan dari S1 dan S2. Untuk jenjang S1, mahasiswa dibagi menjadi dua kelas, yaitu: S1 Reguler dan S1 Kelas Karyawan. Sedangkan untuk mahasiswa S2 sendiri dibagi menjadi dua kelas yaitu S2 reguler dan S2 kelas karyawan.

    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Paramadina 2022

    Universitas Pembangunan Jaya

    Jika kamu memiliki passion untuk bekerja di bidang pembangunan dan masih bingung mau melanjutkan studi di mana, kamu cocok nih masuk di Universitas Pembangunan Jaya. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak tahun 2011 dan merupakan salah satu kampus yang terkemuka di area Tangerang dan sekitarnya. UPJ merupakan bentuk kontribusi dari PT. Pembangunan Jaya dalam bidang pendidikan tinggi di Indonesia, setelah sebelumnya mendirikan Taman Kanak-Kanak, SD, SMP dan SMA. Selain itu, kampus ini juga didukung penuh oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya yang bergerak di 17 bidang usaha.

    Baca juga: Informasi Terlengkap Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Angkatan 2022

    Universitas Tarumanagara

    Universitas Tarumanagara atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNTAR merupakan salah satu universitas swasta yang memiliki reputasi dan kualitas pendidikan yang terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan akreditas A yang diperoleh oleh UNTAR untuk akreditasi universitas. Selain itu, UNTAR menawarkan 8 Fakultas dengan jenjang pendidikan mulai dari S1 hingga S3 dengan mayoritas program studi di UNTAR telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Maka tidak perlu diragukan lagi kualitas pendidikan di Universitas Tarumanegara (UNTAR).

    Baca juga: Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tarumanagara (UNTAR) 2022/2023

    Nah, itu tadi merupakan rekomendasi program studi favorit untuk siswa IPA dan universitas untuk kamu yang dapat kamu pilih untuk meraih cita-cita masa depan kamu

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Rekomendasi Program Studi Program Studi Favorit Siswa IPA
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria